.

07 Desember 2008

Malas Minum? Hati-hati Ancaman Dehidrasi

Foto: Internet
DEHIDRASI atau kekurangan cairan terkadang menjadi hal yang terkesan sepele. Padahal, pada satu kondisi tertentu, kurangnya cairan pada tubuh dalam jumlah yang tak bisa ditolerir tubuh, bisa berujung pada kematian.

Normalnya, sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Setiap harinya, manusia mengeluarkan sekitar 1,7 liter cairan tubuh melalui urine. Sebanyak satu liter keluar melalui usus (tinja) dan satu liter keluar melalui keringat dan pernapasan.

23 September 2008

Mantan Memaksa Balikan

HALO Mbak Nissa, nama saya Novi. Saya mau tanya bagaimana caranya melepaskan diri dari cowok yang memaksa saya kembali lagi menjalin cinta? Padahal sudah saya jelaskan kalau saya nggak bisa menerima dia lagi. Tapi dia terus memaksa saya. Sudah berbagai cara saya coba tapi gagal terus, terimakasih sebelumnya.

Novi

081270005xxx

Jawab:

HALO juga Novi. Kebingunganmu cukup beralasan mengingat mantanmu ini selalu berupaya menyatukan hubungan kalian lagi.

Bersahabat dengan Penyakit Selama Puasa

foto by Neisha Diva
SELAMA Ramadan seluruh umat muslim wajib menjalani ibadah puasa yakni menahan lapar dan haus serta mengendalikan hawa nafsu. Walau sudah menjadi rutinitas yang harus dijalani setiap tahunnya tapi tetap saja butuh persiapan baik fisik maupun mental.

Terutama bagi orang yang memiliki penyakit yang berpotensi kambuh selama menjalankan puasa. Misalnya penyakit lambung baik asam lambung atau tukak lambung, migrain, diabetes melitus dan sebagainya.

Mendulang Rupiah dari Pasar Kaget Ramadan

foto by internet
SAAT Ramadan tiba, sejumlah sudut kota maupun di pinggir jalan kerap ditemui munculnya pasar kaget.Yakni pasar yang muncul selama Ramadan dengan menawarkan dagangan dalam berbagai pilihan.

Tidak saja terbatas makanan atau minuman, tak jarang pasar kaget Ramadan juga dimeriahkan dengan kehadiran penjaja mainan anak-anak bahkan busana muslim serta pernak-perniknya.

"Pasar kaget Ramadan cukup diminati masyarakat yang mencari makanan berbuka. Dan ini bisa menjadi peluang emas mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan bisa menjadi langkah awal membuka sebuah usaha baru di kemudian hari,"jelas Jaya Setiabudi, Provokator Enterpreneurship Batam.

Jadikan Puasa Media Manajemen Diri

FOTO: www.middlepath.com.au
MENJALANI ibadah puasa selama satu bulan penuh menahan lapar, haus, dan mengendalikan hawa nafsu bukan berarti menghalangi aktifitas kerja di kantor. Sebab, bagaimanapun juga meski sedang berpuasa pekerjaan harus berjalan terus.

Layaknya dalam kehidupan bermasyarakat biasa, kehidupan di kantor juga diwarnai perbedaan agama dan keyakinan. Sehingga dibutuhkan toleransi antar umat beragama dalam menjalani ibadah puasa.

"Mengingat bekerja di kantor cukup melelahkan dan menguras tenaga, dibutuhkan toleransi yang kuat antar karyawan yang bekerja di dalamnya. Sehingga, bagi yang sedang tidak puasa harus menghormati yang sedang berpuasa,"terang Dra Mardien Suprapti, Psikolog Batam Medical Centre (BMC) Batam.

Tidak berpuasa tersebut bisa karena orang bersangkutan memang non muslim yang tidak memiliki kewajiban menjalankan ibadah puasa atau wanita yang sedang berhalangan.

Dekorasi Hemat Hasil Kreasi Sendiri

HARI raya Idul Fitri akan segera tiba. Pada hari kemenangan itu akan banyak tamu yang datang ke rumah. Baik untuk saling bermaaf-maafan ataupun bersilaturahmi. Selain makanan dan minuman, hal lain yang perlu dipersiapkan untuk menyambut para tamu adalah rumah yang indah dan nyaman.

Dan untuk menghadirkan rumah indah serta nyaman bisa dilakukan dengan mendekorasi ulang rumah. Sebab, setiap sentuhan kecil pada rumah akan memberikan kesan berbeda dari sebelumnya.

Saat kita ingin mendekorasi ulang rumah hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah masalah biaya. Itu karena dalam perubahan tersebut akan membutuhkan anggaran khusus.

Sebenarnya, dalam mendekorasi ulang rumah tak harus dilakukan secara ekstrim yakni melalui renovasi besar-besaran. Sebab, tindakan tersebut tentu saja akan membuat pengeluaran kita bertambah besar dan membengkak. Jika anggaran yang dibutuhkan memang tersedia, uang tentu bukan menjadi persoalan.

Lantas, bagaimana bila anggaran yang dimiliki sangat terbatas? Apakah dekorasi ulang rumah hanya akan menjadi impian belaka? Sebenarnya tidak juga, asal dibarengi perencanaan, kreatifitas serta kesabaran. Sebab, ketiga hal itu penting untuk memberikan hasil yang sempurna.

Jika Anak Lebih Lengket dengan Pengasuh

PASANGAN suami istri yang sama-sama bekerja sekarang ini sudah bukan hal yang asing lagi. Sebab, seiring perkembangan waktu laki-laki bukan satu-satunya pihak yang berperan sebagai tulang punggung keluarga.
Bukan saja akibat desakan kebutuhan ekonomi, memiliki pekerjaan bagi seorang wanita juga menjadi satu kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Yakni untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat.
Keterlibatan wanita sebagai pencari nafkah, mau tidak mau mendorong keluarga ini menyerahkan urusan rumah tangga pada orang lain. Baik asisten maupun pembantu rumah tangga. Termasuk dalam hal pengasuhan anak. Khusus pengasuhan anak, ada juga yang menyerahkannya pada baby sitter atau pengasuh anak.
Yang terjadi akhirnya, anak yang semestinya di bawah pengasuhan dan perawatan ibu tak jarang justru menjadi lebih dekat dengan baby sitter ataupun pembantu. Hal itu wajar karena kesibukan ibu membuat anak jarang berhubungan serta berkomunikasi dengan orang yang melahirkannya.

Ajari Anak Berbagi Sejak Dini

Mengajari anak berbagi sejak dini bisa melatih anak menjaga ego
BAGI anak usia balita atau pra sekolah, berbagi benda-benda miliknya terkadang menjadi saat yang kurang menyenangkan. Sehingga, tak jarang anak akan cenderung enggan berbagi apapun yang dianggap berharga bagi anak.

Sebenarnya kondisi tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada usia balita atau pra sekolah memang ada fase perkembangan anak, di mana anak belum mau berbagi dengan orang lain.

Pada masa ini, egosentrisme membuat anak terdorong insting untuk mempertahankan hak miliknya. Dan jika dia memberikan sesuatu pada oranglain, maka anak akan merasa kehilangan. Sehingga 'survive instict' nya membuat anak tidak mau memberikan mainan, makanan, ibunya, dan sebagainya. Terlebih bila benda-benda yang harus diberikan tersebut dianggap sangat 'berharga' baginya.

"Keinginan anak untuk mempertahankan apa yang menjadi miliknya memang hal yang normal. Namun, sebaiknya sejak dini orangtua harus tetap melatih anak agar mau berbagi dengan oranglain. Tentunya disesuaikan dengan perkembangan kognitif dan sosial anak,"terang Bibiana Dyah Sucahyani, Psikolog Anak kota Batam.

Suami Lebih Muda? Siapa Takut?

FOTO: funmozar.com
SETIAP wanita pasti ingin menikah dan memiliki pasangan hidup yang dijadikan tempat berbagi dan juga untuk mendapatkan keturunan. Dan sudah sewajarnya bila dalam proses penemuan pasangan hidup tersebut orang akan memasang kriteria tertentu termasuk dari sisi usia.

Lazimnya, seorang perempuan lebih condong memilih pria yang berusia lebih tua dari dirinya sebagai pasangan hidup. Sebab, dengan usia lebih tua biasanya lelaki akan lebih matang baik dari sisi fisik, materi, maupun pemikiran.

Hanya saja yang namanya cinta, semua kriteria yang telah tertanam terkadang tidak semuanya bisa terpenuhi. Sebab, cinta kadang datangnya tak terduga. Hal itulah kenapa banyak orang bilang cinta itu buta.

Begitu pula ketika seorang wanita harus jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah dengan laki-laki yang lebih muda dari usianya. Walau dari sisi budaya hal tersebut masih dianggap "aneh", tapi tetap saja tidak sedikit wanita yang berani mengambil keputusan ini.

Kenalkan Keluarga Besar saat Lebaran

Mengenalkan keluarga besar pada anak. Family vector by freevector.com
LEBARAN menjadi momen berkumpul sebuah keluarga besar.

Di hari raya  tersebut, saudara yang sebelumnya jarang atau bahkan tidak pernah  bertemu akan bertemu dalam acara silaturahmi.

Terutama bila Lebaran dirayakan di kampung halaman.

Bagi orangtua yang memang sudah mengenal seluruh saudara yang dimiliki baik saudara dekat maupun jauh, bertemu dengan mereka sudah pasti menjadi saat yang menyenangkan.

Lain halnya bagi anak-anak yang sebelumnya jarang bertemu atau bahkan belum pernah bertemu sama sekali.

Pertemuan keluarga dalam momen Lebaran ini sudah pasti akan menjadi saat yang berbeda. Bahkan tidak jarang pertemuan dengan "orang baru" tersebut akan membuat mereka bingung siapa saja yang masuk dalam daftar saudara dekat dan jauh.

06 September 2008

Glaukoma Sebabkan Kebutaan Permanen

Waspadai penyakit glaukoma
PENYAKIT mata katarak, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun bagaimana dengan glaukoma? Rasanya nama penyakit yang satu ini masih terasa asing.

Tapi, keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama menyerang mata hingga menyebabkan kebutaan selamanya. Bedanya, katarak dapat disembuhkan dengan operasi, sedang glaukoma hanya bisa dihentikan dan dicegah.

Glaukoma merupakan penyakit mata terbanyak kedua setelah katarak, jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan permanen pada penderita. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang glaukoma membuat jumlah penderita penyakit ini meningkat secara signifikan.

Glaukoma adalah kelompok penyakit saraf optik mata akibat tekanan yang tinggi pada bola mata atau tekanan intra ocular yang cukup tinggi.

Cepat Langsing dengan Gym Ball

Foto: www.publicdomainpictures.net
SIAPA sih yang tidak ingin memiliki badan seksi, ramping, tapi tetap sehat? Tapi untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut pastinya tidak bisa dilakukan secara instant. Karena untuk mewujudkan tubuh ideal tapi tetap sehat membutuhkan perjuangan dan waktu yang tidak pendek.

Dan sampai saat ini fitnes atau olah kebugaran masih menjadi satu cara favorit yang cukup banyak dipilih untuk mendapatkan tubuh langsing. Walaupun sebenarnya, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat pelangsing sebagai jalan pintas.

Jangan Pernah Mencoba Narkoba

FOTO: ANTARANEWS

KALO Youngsters rajin mengikuti berita di televisi atau media cetak, pasti tau dong dengan kasus artis cantik Sheila Marcia Joseph. Artis muda yang lagi naik daun, cantik, tajir, punya cowok keren, dan berbagai kelebihan lain.

Sayangnya, akibat pergaulan yang salah, cewek berdarah Indo Perancis itu harus menghabiskan hari-hari kelamnya dalam tahanan polisi akibat tertangkap tangan lagi pake narkoba. Akibatnya, dari yang biasanya bisa tidur di kamar yang super nyaman, hang out bareng teman dan pacar dengan bebas kapanpun diinginkan, harus dikubur dalam-dalam. Ya, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Bergejolak Lihat Pria Tampan

foto : freepik.com
ASSALAMUALAIKUM Mba Nissa. Saya Js punya satu masalah. Setiap saya melihat pria yang berbadan atletis dan tampan saya selalu merasakan sesuatu bergejolak dalam diri saya.

Saya selalu mencoba menyayangi wanita, bahkan hampir 10 kali ganti pacar dalam delapan bulan terakhir, namun gejolak saya tidak pernah hilang.

Meskipun dengan lawan jenis masih memiliki hasrat. Tapi apa mungkin sesama jenis saya punya rasa yang sama? Tolong mbak, saya bingung sekali.

Pengirim:

Js, 081383932xxx



Jawab:

WALAIKUMSALAM, Js yang baik. Berada pada situasi yang sedang kamu alami saat ini wajar sekali timbul gundah dan bingung dalam dirimu. Untuk mengetahui keadaanmu yang sesungguhnya, perlu dilakukan pemeriksaan psikologis terlebih dahulu sebelum Mbak bisa menyimpulkan keadaanmu yang sebenarnya.

Remaja Juga Wajib Paham Agama

Gambar: photobucket.com

ISTILAH muda hura-hura, tua foya-foya dan mati masuk surga, pasti udah sering banget Youngsters dengar. Soalnya, istilah ini sering banget diucapin waktu seseorang ditanya cita-cita. Kalau disimak dengan baik, istilah itu pastinya nggak masuk akal banget kan?

Soalnya, segala sesuatu itu pasti butuh perjuangan yang nggak mudah. Biar masa tua bisa hidup enak, semasa muda pasti butuh perjuangan keras. Begitu juga bagi yang pengen masuk surga, selama di dunia pastinya nggak bisa dihabiskan dengan hura-hura.

Karena untuk bisa masuk surga dibutuhkan proses yang baik dalam kehidupan rohani. Artinya, kehidupan rohani alias ibadah harus jadi bagian dari target dalam kehidupan bagi yang pengen masuk surga. Apalagi, sebagai manusia normal, setiap orang termasuk Youngsters pastinya butuh keseimbangan dalam hidup.

Alkohol Bisa Serang Pusat Saraf


MINUMAN beralkohol bukan hal yang asing dan cukup mudah ditemui bahkan di warung- warung tertentu. Padahal, semestinya minuman memabukkan ini hanya bisa ditemui di tempat- tempat khusus yang mengantongi izin.

Tapi kenyataannya bukan hal sulit untuk mendapatkan minuman ini secara bebas di Kepri. Kondisi itu diperparah kurangnya kesadaran orang tentang bahaya alkohol bagi tubuh. Terutama jika sudah pada tahap alcoholic. Yakni kecenderungan meminum lebih dari yang diinginkan akibat gagal berhenti meminum minuman keras atau alkohol.

Akibatnya, alkohol akan mempengaruhi kerja tubuh dan pikiran. Pengaruh alkohol juga sangat berbahaya, tak hanya dari segi kesehatan, tetapi juga menganggu pertumbuhan, menambah kondisi stres, memperlambat aktivitas dan dapat mengubah emosi.

Zat dalam alkohol segera menekan fungsi otak dan seberapa berat efek yang ditimbulkannya, tergantung kadar alkohol dalam darah. Artinya, semakin tinggi kadarnya, semakin berat juga gangguan yang terjadi.

Celakanya, alkohol cenderung menyebabkan toleransi. Sehingga seseorang yang secara teratur minum lebih dari dua gelas alkohol per hari, bisa mengkonsumsi alkohol lebih banyak daripada non alkoholik tanpa mengalami intoksikasi.

Susah Batasi Pengeluaran

HAI Mbak Nissa, saya pelajar sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Batam. Gini, saya heran, saya kok nggak bisa batasin pengeluaran saya ya? Padahal saya kepengen banget hemat biar bisa beli laptop. Tapi setiap lihat barang bagus kayaknya kepingin banget. Trus juga nggak bisa liat makanan enak. Jadi gimana caranya biar saya bisa hemat ya? Thank's mbak..
Pelajar, 085668160xxx



Jawab:

HAI juga... Niatmu untuk berhemat bagus sekali lho. Karena masih jarang sekali remaja seusiamu yang memiliki kesadaran berhemat kayak kamu ini. Apalagi di tengah krisis ekonomi seperti sekarang.

Mbak ngerti banget kalo kamu mengalami kesulitan untuk menahan diri dari godaan shopping. Itu wajar karena pada masa perkembangan psikologismu yang masih remaja, cenderung punya keinginan memiliki dan mengetahui semua hal. Pastinya agar tak dianggap kuper serta dapat diterima dalam pergaulan teman sebaya.

Jadi, tanpa sadar dan tanpa membuat prioritas terlebih dulu, kamu ingin memiliki semua hal yang enak, keren dan menarik. Biar nggak boros dan merugikan diri sendiri, kuncinya adalah tekad kuat disertai disiplin diri. Sebab, percuma aja kalo kamu punya niat tapi tak didukung tindakan nyata, akhirnya niatmu itu hanya tinggal niat.

TIPS Cara Hadapi Pacar Otoriter

foto by: www.freepik.com
HALO Mbak Nissa, saya kan punya pacar. Tapi pacar saya itu terlalu otoriter banget sama saya. Pernah suatu hari saya bilang minta putus tetapi dia malah nekat menggores lengan tangannya sendiri sampai berdarah. Jadi gimana dong mbak? Apa yang harus saya lakukan? (NN, 08566886xxx)


Jawab:

HALO juga NN...Memiliki pacar yang sangat menyayangi dan memperhatikan kita tentunya impian semua orang. Terlebih lagi jika sang pacar juga memiliki sikap santun, maka lengkaplah kebahagiaan kita. Tapi impian itu dapat berubah jadi kesengsaraan manakala pacar mulai mendominasi kehidupan kita.

18 Agustus 2008

Jangan Remehkan Nyeri Perut Bawah dan Diare

Foto: www.never-age.com

KESEHATAN saluran cerna merupakan hal yang tak bisa diremehkan. Sebab, lewat organ tersebut, seseorang bisa mendapatkan nutrisi untuk kelangsungan hidup.

Yakni lewat makanan yang masuk dalam tubuh untuk selanjutnya diolah menjadi zat yang dibutuhkan tubuh. Artinya, jika kesehatan organ tersebut terganggu, suplai nutrisi ke dalam tubuh juga akan terganggu.

Hanya saja, meski penting, orang cenderung tidak terlalu peduli dengan kesehatan organ yang satu ini. Hal itu bisa dilihat dari masih banyaknya orang yang mengalami masalah dengan pencernaan. Baik saluran cerna atas maupun saluran cerna bawah.

Selain masalah kesehatan saluran cerna atas khususnya lambung, saluran cerna bawah yakni usus juga kerap mengalami masalah. Salah satunya adalah peradangan. Baik peradangan akibat infeksi maupun non infeksi.

"Peradangan usus akibat infeksi biasanya disebabkan virus, bakteri, maupun protozoa. Misalnya akibat mengonsumsi makanan yang tercemar virus, bakteri, protozoa, dan sebagainya," ungkap dr Arief Koswandi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam.

Hadapi Pembunuhan Karakter dengan Bijak

Foto by: nobullying.com
BERSAING untuk mendapatkan yang terbaik kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu wajar mengingat sifat alami manusia adalah tak pernah puas dan ingin selalu lebih dari yang lainnya.

Begitu juga dalam kehidupan karier, persaingan untuk meraih jenjang karier yang lebih tinggi kerap memicu keinginan seseorang untuk mengukir prestasi yang lebih baik.

Sepanjang persaingan yang dilakukan ditempuh dengan cara yang positif, pastinya sah-sah saja. Yang tak wajar adalah jika persaingan dilakukan dengan berbagai cara termasuk cara-cara negatif yang tak bermoral. Sebut saja, upaya pembunuhan karakter 'lawan' agar terlihat lebih buruk di mata rekan kerja, atasan maupun relasi.

Jauhi Rokok Sebelum Membunuhmu

Gambar: www.dreamstime.com
SEKARANG ini untuk menemukan remaja yang lihai menghisap sebatang rokok nggak begitu sulit. Bahkan, kalau dulu masih sebatas remaja yang duduk di bangku SMP, sekarang ini anak-anak SD udah banyak yang merokok.

Bahkan, tanpa rasa malu-malu, tak sedikit yang menghisap racun itu di depan umum. Padahal, nggak sedikit lho yang tak memahami bahaya besar di balik sebatang rokok. Yang mereka pahami hanyalah pengen keliatan keren dengan berani menghisap asap rokok.

Ya memang sih, Youngsters yang memutuskan merokok pastinya punya alasan tersendiri. Apalagi, kalau kondisi lingkungan sangat kuat mempengaruhi mereka untuk ikut-ikutan menghisap racun dalam sebatang rokok.

Sebut aja karena teladan alias contoh dari orang dewasa di sekitarnya atau bahkan tokoh idola yang jadi panutannya. Alasan demi pergaulan juga kerap diutarakan sebagian remaja. Misalnya, ikut-ikutan merokok biar nggak dikucilkan teman.

Pilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit


Foto: www.pester.com
SIAPA sih yang tak ingin memiliki tampilan fisik yang mendekati sempurna? Kulit yang halus dan merona segar, rambut lembut berkilau, tangan halus dan bersih dengan kuku-kuku yang rapi terawat, dan sebagainya. Semua orang pasti menginginkannya.

Dan demi mendapatkan tampilan impian itu, tak jarang orang mengandalkan kosmetik untuk menyempurnakan penampilan yang ada. Sebut saja, memulas bibir dengan lipstik agar terlihat lebih merona, mengoleskan maskara agar bulu mata lebih hitam serta lentik dan sebagainya.

Waspadai Penyakit Jantung Koroner

PENYAKIT jantung, pastinya bukan penyakit yang asing karena kerap terdengar dialami orang. Namun, meski cukup familiar di telinga orang awam, ternyata belum banyak orang yang terlalu peduli dengan penyakit mematikan tersebut.

Bahkan, kebanyakan orang justru jauh lebih takut dengan penyakit kanker dibandingkan penyakit yang tercatat sebagai pembunuh nomor satu di dunia ini. Tidak sedikit juga yang menganggap penyakit jantung hanyalah penyakit orang tua, orang kaya atau orang dengan riwayat keluarga menderita penyakit jantung.

Shaggy Layer Bikin Rambut Panjang Lebih Gaya

foto by: Pinteres.com
SEKARANG ini tren rambut yang lagi booming memang model bob atau model pendek. Tapi bukan berarti Youngsters nggak bisa tampil oke dengan rambut panjang kan?

Soalnya, tatanan rambut panjang sekarang ini nggak lagi kaya dulu. Yang hanya tampil dengan model ekor kuda atau bahkan dikepang. Atau potongan sederhana dengan model rata ditambah sentuhan kecil layaknya poni atau belah tengah.

Obesitas, Penyakit yang Mengancam Jiwa

Foto: mensjourneyid.com
OBESITAS atau yang lebih dikenal dengan istilah kegemukan, bukanlah hal yang terasa asing di telinga. Sebab, belakangan ini semakin mudah menemukan orang dengan kondisi tubuh yang tertutup lemak dengan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan ukuran normal.

Pertambahan penderita obesitas yang kian signifikan bukan satu hal yang tak beralasan. Sebab, perubahan gaya hidup yang menyukai segala sesuatu yang serba instan punya andil cukup besar terhadap terjadinya obesitas.

Jika dilihat dari dampak yang bisa dimunculkan obesitas, penyakit ini tak hanya akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman dari sisi penampilan tapi juga berpotensi mengalami komplikasi berbagai penyakit mematikan.

Pahami Gejala dan Reaksi Alergi Makanan


FOTO: http://iahealth.net
SETIAP orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Namun, untuk medapatkan semua itu, kita dituntut untuk dapat menjaga kondisi badan dengan baik. Termasuk memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui konsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Hanya saja, meski pilihan makanan cukup beragam tapi terkadang tak semua orang bisa dengan leluasa mengonsumsi makanan yang mengundang selera. Itu karena, ada sejumlah makanan yang bisa berefek alergi pada orang yang mengonsumsinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah 'alergi makanan' kerap digunakan oleh masyarakat awam untuk menggambarkan semua reaksi yang tidak normal dan tidak diinginkan. Yakni yang terjadi setelah seseorang mengonsumsi makanan tertentu.

Penyebab dari alergi makanan tidak sepenuhnya dimengerti karena alergi makanan bisa menimbulkan sejumlah gejala yang bervariasi. Reaksi terhadap makanan pun bisa bersifat ringan atau fatal, tergantung jenis dan beratnya reaksi. Gejalanya bisa terlokalisir di lambung dan usus atau bisa menimbulkan gejala di berbagai bagian tubuh, setelah makanan dicerna dan diserap.

TRIK Menghadapi Pacar Posesif


PUNYA pacar posesif, pada awalnya mungkin akan membuat Youngsters tersanjung. Secara, pacar akan selalu berusaha menunjukkan perhatian yang besar dan terlihat seperti curahan kasih sayang yang menyenangkan.

Tapi jangan salah, lama kelamaan sikap posesif jadi nggak menyenangkan atau bahkan cenderung mengganggu. Bahkan, segala pengekakangan yang dilakukan si posesif akan membuat kamu seperti berada di dalam 'penjara' cinta dan tak lagi punya privasi.

Parahnya lagi, kalo si posesif udah mulai mengendalikan segala aktivitas dan menerapkan berbagai macam aturan untuk dipatuhi. Nggak boleh ini, nggak boleh itu, harus begini, harus begitu. Belum lagi banyaknya pertanyaan penuh curiga atau bahkan aneka ancaman yang nggak enak didengar kalo aturan si pacar dilanggar. Pastinya bikin bete kan?

Lantas, kenapa sih orang bisa menjadi bersikap posesif sama pasangannya? Penasaran kan?

Mengatasi Anak Malas Belajar



SELAMA dua bulan terakhir, Rasti (32), dibuat pusing oleh Farel (8) anak semata wayangnya yang semakin hari semakin enggan diajak belajar. Kalaupun mau diajak belajar, Farel lebih banyak bercanda atau bahkan membuat ulah yang kadang membuat Rasti jengkel.
Dan saat diberi nasehat, Farel justru menutup kedua telinganya seolah tak mau mendengarkan apa yang dikatakan ibunya. Ekspresi itu sungguh kontras dengan saat Farel bermain games di komputer yang sengaja disiapkan untuk membantu Farel mengenali manfaat komputer.




SEBENARNYA, masalah yang dialami Rasti bukanlah persoalan baru karena kerap dialami dan dikeluhkan para orangtua. Namun, tak sedikit orangtua yang akhirnya memilih membiarkan anak melakukan apa yang mereka inginkan. Bisa jadi karena tak mau pusing mendengar tangisan anak atau bahkan karena sudah putus asa dan tak tau harus berbuat apa lagi.

Lantas apa sih sesungguhnya yang menyebabkan anak menjadi enggan belajar? Apakah memang benar mereka malas atau ada faktor lain yang masih bisa ditangani orangtua?

"Keengganan anak untuk belajar baik belajar sendiri ataupun didampingi orangtua sebenarnya dipicu oleh banyak faktor. Tapi kebanyakan, karena anak merasa tak ada tantangan yang bisa memacu semangat belajar mereka,"ungkap Mardien Suprapti, Psikolog Batam Medical Centre (BMC) yang juga konselor di SMA Kartini Batam.

11 Agustus 2008

Dapur Gunakan Cat Semi Gloss

Ilustrasi cat rumah. Designed by Vexels.com
CAT merupakan elemen yang memberikan cukup banyak pengaruh pada tampilan rumah. Bukan saja terkait kemampuan melindungi bangunan dari cuaca tapi juga memberikan 'nyawa' pada hunian agar terlihat lebih hidup dan atraktif.

Sekecil apapun sentuhan cat yang diberikan pada sebuah hunian, akan memberikan kesan yang sangat berbeda pada tampilan rumah. Sehingga, pemilihan cat apa yang paling tepat diaplikasikan pada hunian menjadi hal yang patut diperhatikan.

Pemilihan cat tidak saja sebatas pemilihan warna tapi juga jenis cat yang sesuai dengan ruangan yang akan diberikan sentuhan cat. Sebab, pilihan cat untuk ruang keluarga atau ruang tamu berbeda dengan dapur, kamar mandi atau bahkan garasi.

Jangan Remehkan Sakit Campak

FOTO: www.west-info.eu
CAMPAK merupakan satu penyakit yang cukup familiar di telinga kita. Sebab, penyakit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada sekujur tubuh ini cukup banyak dialami oleh orang khususnya anak-anak. Dan Batam merupakan wilayah yang memiliki kasus campak lumayan tinggi.

Meski sekilas terlihat tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri, tetapi komplikasi yang disebabkan serangan virus campak ternyata berbahaya dan mematikan. Terutama bila penderita mengalami infeksi tertentu.

"Komplikasi virus campak akan bisa dialami seseorang bila daya tahan tubuh yang bersangkutan lemah atau sedang terinfeksi penyakit tertentu," ungkap dr Retno M Laila SpA, dokter spesialis anak Klinik Griya Medika Batam.

Beberapa komplikasi yang bisa timbul akibat serangan virus campak antara lain pneumonia (radang paru-paru), infeksi telinga, neuritis (radang pada syaraf), artritis (radang sendi) dan ensefalitis (radang otak) yang dapat menyebabkan kerusakan otak yang permanen.

19 Juli 2008

Kenapa Ya Cintaku Selalu Ditolak?

GAMBAR: www.saidaonline.com
UDAH dua minggu belakangan ini, Romi (bukan nama sebenarnya) ngerasa bete dan putus asa banget. Soalnya, cowok berusia 15 tahun itu untuk ketiga kalinya ditolak cewek yang ditembaknya.
Padahal sih, menurut temen-temennya, secara fisik Romi ya nggak jelek-jelek amat. Prestasinya di bidang olahraga pun nggak memalukan bahkan bisa dibilang membanggakan. Buktinya berderet piala lambang kemenangannya saat lomba pencak silat menghiasi kamarnya.


Ditolak gebetan waktu nembak pastinya bikin bete, sedih, dan kecewa ya? Apalagi kalo Youngsters udah sayang banget ama gebetan yang kamu incar. Walau segala cara udah dicoba, hasilnya selalu sama yakni ditolak dan ditolak.

Jangan Sembarangan Beli Obat Bebas


Foto: www.brocku.ca
KESEHATAN kerap dianggap sebagai harta yang tak ternilai harganya. Hal itu wajar mengingat saat orang sakit bukan hanya biaya pengobatan saja yang harus dikeluarkan. Tapi juga berdampak pada berkurangnya produktivitas seseorang.

Hanya saja, untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang paling bagus, biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, tak mengherankan bila orang kerap memilih membeli obat bebas yang dijual di toko obat ataupun apotek.

Terlebih, jika jenis penyakit yang diderita bisa dikategorikan sebagai penyakit ringan. Sebut saja, influenza, batuk, diare ringan, demam ringan, sakit kepala dan sebagainya. Karena tergolong ringan, penderita penyakit tersebut dengan mudah bisa mendapatkan obat bebas di pasaran.

Meski masuk kategori penyakit ringan, tapi bukan berarti seseorang bisa sembarangan dalam membeli obat bebas lho. Sebab, sebenarnya ada cukup banyak hal penting yang harus diperhatikan saat seseorang membeli obat bebas.

Waspadai Keluhan Sering Kencing Malam


DIABETES Mellitus atau biasa disebut kencing manis merupakan penyakit mematikan yang cenderung kurang disadari oleh penderitanya. Hal ini wajar karena memang penyakit yang dapat menimbulkan kebutaan, gangguan ginjal dan saraf ini secara epidemiologis sudah dimulai sejak lima tahun sebelum terdiagnosis.

"Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan Federasi Diabetes Internasional memperkirakan lebih dari 50 persen pengidap diabetes tipe 2 tidak berdiagnosis. Penyakit ini umumnya baru ketahuan saat berobat untuk penyakit lain," ungkap dr. Alfian Nurbi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Batuk Pilek tak Diobati bisa Sebabkan Radang Telinga

Foto: Internet
TELINGA merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan yakni sebagai indera pendengaran. Hanya saja, meski penting terkadang organ tubuh yang satu ini kurang mendapatkan porsi perhatian yang cukup.

Kalaupun diberikan perhatian, paling-paling hanya dalam bentuk pembersihan dari kotoran. Sebut saja pembersihan dengan cotton bud atau ear candling yakni mengeluarkan kotoran menggunakan aromatherapi.

Mata Merah dan Berair Bisa Jadi Sindroma Mata Kering

FOTO: abcnews.go.com
MATA merupakan jendela hati. Begitu pentingnya mata, orang pasti akan sangat menjaga organ tubuh yang satu ini dari berbagai penyakit yang membahayakan. Dari sejumlah penyakit yang mengenai mata, sindroma mata kering merupakan jenis penyakit yang cukup banyak ditemui di Batam.

"Sindroma mata kering merupakan keluhan atau gejala pada mata yang disebabkan abnormalitas lapisan air mata," jelas dr Hafizah SpM, dokter spesialis mata Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Pada mata normal, lapisan air mata ( tear film ) yang membasahi permukaan bola mata kita, sebenarnya terdiri dari tiga lapisan. Di antaranya lapisan lemak atau minyak, lapisan akuos atau air, dan lapisan musin atau lendir.

Lapisan minyak berfungsi mencegah penguapan air mata yang berlebihan, disamping sebagai pelicin. Sedangkan lapisan Akuos atau air berfungsi membersihkan dan mengeluarkan benda asing atau iritan dari permukaan mata. Dan terakhir lapisan musin atau lendir memungkinkan air mata secara keseluruhan dapat menempel di permukaan mata dalam jangka waktu tertentu.

Waspadai Munculnya Benjolan di Leher

Foto: brandonchiropractor.net

SETIAP organ tubuh yang diciptakan Tuhan bagi manusia pasti memiliki peran tersendiri untuk kelangsungan hidup seseorang. Termasuk kelenjar getah bening. Jika dilihat dari perannya, kelenjar ini memiliki peran sebagai pertahanan pertama masuknya kuman dan sel-sel tumor ke dalam tubuh.

"Bila terjadi infeksi organ tubuh, kelenjar getah bening dalam tubuh akan membengkak. Ini adalah kondisi wajar sebagai bentuk mekanisme tubuh mempertahankan diri dari serangan kuman," terang dr Arief Koswandi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RS Awal Bros Batam.

Kelenjar getah bening itu sendiri terdapat pada beberapa bagian tubuh yang berbeda. Mulai dari leher, ketiak, sela paha, serta di dalam perut. Dan bila terjadi infeksi pada tubuh, biasanya kelenjar itu akan membengkak.

Infeksi kelenjar itu sendiri terbagi menjadi dua yakni infeksi non spesifik yakni infeksi akibat adanya peradangan organ tubuh lain dan infeksi spesifik yakni adanya tubercolusis (TBC) kelenjar atau penyakit kelamin.Untuk wilayah Batam, kasus yang cukup banyak dialami pasien adalah TBC kelenjar.

28 Juni 2008

Elegan dengan Interior Mobil Japanese Style

grafis by : www.freevector.com
PUNYA mobil dengan bodi oke tapi kalo jok alias tempat duduknya nggak nyaman jadinya nggak keren banget kan? Soalnya, selama dalam mobil bagian interior yang banyak bersentuhan ama kamu adalah jok mobil.

Arti penting keberadaan jok dalam tongkrongan kamu itulah yang bikin kamu nggak punya alasan untuk nggak memperhatikan kenyamanan area ini. Termasuk juga tampilan secara fisik.

Kenyamanan yang dimaksud bukan hanya dari sisi material yang dipake aja loh! Soalnya, desain yang tepat baik dalam hal padupadan warna maupun model jok juga penting untuk diperhatiin. Desain yang sempurna itu bakal bikin kamu makin betah berada dalam mobil kesayangan kamu.

Sebenarnya, saat ini ada cukup banyak model jok yang bisa jadi pilihan biar jok lebih chic dan nyaman saat diduduki. Mulai model sporty, elegan, hingga model yang nyentrik yakni dengan aliran ekstrim.

Renovasi Rumah dengan Dana Terbatas


Foto by : housesrenovation.com
RENOVASI rumah adalah hal yang kerap dilakukan pemilik rumah untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal. Baik kebutuhan akan ruang atau kebutuhan akan estetika yang pastinya sesuai selera pemilik rumah.

Terlebih, jika melihat kondisi perumahan siap huni yang ditawarkan developer di Batam saat ini, kebanyakan masih membutuhkan sentuhan renovasi agar terasa lebih nyaman dan sesuai kebutuhan. Sehingga, tak mengherankan bila hampir setiap rumah selalu memiliki rencana untuk melakukan renovasi.

Pastikan Bisnis Aman dalam Genggaman

foto by : www.freepik.com

PERKEMBANGAN teknologi komunikasi yang kian pesat ternyata tak hanya memudahkan komunikasi lewat ponsel. Sebab bagi dunia bisnis, perkembangan teknologi ini memiliki andil besar untuk memperluas pasar secara global secara lebih efektif dan efisien.

Terlebih, saat ini pasar yang digarap tak lagi terbatas pasar 'lokal' dalam negeri saja. Sebab sesungguhnya, pasar dunia yang lebih luas sedang menanti untuk memberikan profit yang jauh lebih besar bagi perusahaan.

Itu artinya, perusahaan yang masih berkutat dalam pasar lokal saja, pada akhirnya hanya akan menjadi jago kandang. Atau lebih parah lagi, justru menjadi penonton di negeri sendiri karena pasar lokal yang ada justru digarap perusahaan asing.

Sebelum hal itu terjadi, sudah saatnya perusahaan lebih meningkatkan kecermatan dan kejelian dalam menangkap peluang. Termasuk lebih jeli memilih solusi komunikasi yang tepat demi meningkatkan kompetitif bisnis.

Nyeri Haid Bisa Jadi Karena Stres atau Kelelahan

MENGALAMI nyeri haid (dismenorrhoe) setiap datang bulan atau bahkan sampai pingsan adalah kejadian yang kerap ditemui saat seseorang mendapat tamu bulanan. Nggak cuma nyeri pada bagian perut, menstruasi juga kerap diikuti ama kumpulan gejala atau biasa disebut sebagai pre menstruasi syndrome (PMS).

Jika ditinjau secara medis, rasa sakit pada perut tersebut adalah hal normal yang kerap dirasakan setiap orang yang sedang menstruasi. Yakni akibat kontraksi rahim untuk mengeluarkan endometrium yang juga dipengaruhi hormon prostaglandin. Bukan itu aja, adanya kekacauan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron juga memberi kontribusi terhadap munculnya rasa sakit.

14 Juni 2008

Beli Rumah Jangan Asal Murah

Saat ingin membeli rumah pertimbangkan baik-baik jangan asal murah
RUMAH adalah kebutuhan primer yang sangat penting bagi setiap orang. Sehingga, sangat wajar bila setiap orang khususnya yang sudah berumahtangga sangat mengidamkan memiliki sebuah rumah sebagai "istana" mereka.

Sekarang ini, untuk mendapatkan sebuah rumah idaman memang bukan perkara sulit. Sebab, banyak pengembang yang menawarkan rumah dalam berbagai pilihan. Baik dari sisi lokasi, model, juga harga. Banyaknya pilihan itu sudah pasti semakin memudahkan konsumen menentukan sendiri poin apa yang menjadi prioritas dalam menentukan pilihan mereka.

Lebih Natural dengan Nail Extention Bahan Gel

KUKU merupakan bagian tubuh yang kadang kurang mendapat perhatian secara maksimal. Kalaupun ada perhatian, paling banter hanya diberikan kuteks atau padicure atau manicure. Yakni perawatan kecantikan dan kesehatan kuku.

Padahal, bila didandani dengan baik, kuku bisa jadi aksentuasi yang cukup chic bagi penampilan kamu loh. Misalnya aja bikin nail art seperti memberikan gambar yang cute dan imut pada kuku kamu.

Rumah Butuh Pengaman Berteknologi

foto by internet
MEMILIKI hunian dengan fasad yang indah dan megah plus tampilan interior yang memikat pasti akan sangat membanggakan. Sebab, tampilan fisik hunian bisa menjadi gambaran selera dan kepribadian pemiliknya serta lambang prestise dalam lingkungan sosialnya.

Hanya, rumah megah dengan interior indah saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan security system yang baik. Itu karena buruknya security system tidak saja bakal membahayakan barang berharga di dalam rumah tapi juga bisa membahayakan nyawa penghuninya.

Promosiin Aja Band Kamu Lewat Indie Labels

Ilustrasi Grup Band. Designed by Vexels.com
BAGI kamu yang hobi ngeband dan bermain musik, pasti pernah dong ngebayangin manggung di atas stage yang di depannya ada ribuan penonton yang mengelu-elukan nama band kamu atau bahkan nama satu di antara personil band kamu?

Wuuih... pasti jadi pengalaman yang sangat menyenangkan ya? Gimana nggak menyenangkan kalau semua pandangan tertuju ke atas panggung. Bukan itu aja, lagu ciptaan kamu juga bakal dinyanyikan secara koor oleh para penonton. Wow....

Nah, biar angan-angan kamu itu nggak hanya jadi impian belaka, sudah saatnya kamu melakukan sesuatu untuk mewujudkan keinginan kamu. Caranya ya membuat hasil karya kamu itu nggak hanya kamu dengerin sendiri tapi juga didengerin ama oranglain.

Secara, sekarang ini ada banyak banget jalan menuju Roma. Maksudnya, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh biar lagu ciptaan kamu itu bisa didengerin ama oranglain dan disukai ama pendengarnya.

Misalnya nih, kamu bikin rekaman yang isinya demo hasil karya kamu dan mengirimnya ke Indie Labels yang nawarin jasa promosi lagu anak band baru. Gampang kan?

Cara Smart Pilih Jurusan Sebelum Kuliah


vector by: www.freepik.com
SETIAP orang pasti punya cita-cita hidup di masa mendatang. Nggak terkecuali cita-cita di bidang karir. Dan untuk mewujudkan cita-cita itu tentunya butuh perjuangan panjang yang nggak mudah.

Nggak sebatas perjuangan, persiapan secara matang sejak dini juga jadi faktor penentu keberhasilan karir di masa mendatang.

Nah, bagi  yang udah punya cita-cita karir untuk diraih, jangan ragu untuk mempersiapkan sejak saat ini. Terlebih, memilih jurusan di bangku kuliah, ibarat menentukan 'nasib' di masa depan.

Karena, saat seseorang salah pilih bidang, akibatnya akan sangat merugikan. Baik rugi waktu, materi maupun beban mental.

Sebut saja, pilih jurusan kuliah hanya karena lagi tren, ikutan temen, perintah orangtua, atau alasan lain yang punya kondisi sama yakni bukan hasil pilihan sendiri.
Yang terjadi akhirnya, kuliah berhenti di tengah jalan, kuliah asal kuliah entah apa yang dipelajari atau asal bisa dapat gelar. Ohh... no...

Hadapi Gosip Tanpa Emosi

GAMBAR: lol-rofl.com
SETIAP orang pastinya nggak mau kan digosipkan atau difitnah dengan kabar-kabar yang jelek dan sama sekali nggak sesuai ama diri kita yang sebenarnya? Apalagi, kalo si penyebar gosip dan fitnah itu adalah temen akrab kita yang notabene menjadi tempat curhat dan sharing tentang berbagai hal.

Tapi, ternyata nggak sedikit juga lho yang jadi korban gosip miring dengan pelaku penyebar gosip justru temen akrab sendiri. Pastinya sakit bangetlah....

Misalnya aja Nona (bukan nama sebenarnya). Cewek berumur 18 tahun ini ngaku punya tiga orang sahabat. Hanya saja, walau bertemen akrab, tapi salah satu dari tiga sahabatnya itu ada yang suka ngomongin jelek alias bergosip di belakang Nona. Mendengar gosip itu pastinya membuat Nona kesel.

Tidak Lulus UN Bukan Berarti Gagal

Gambar: abovethelaw.com
HASIL Ujian Nasional (UN) baru aja diumumkan. Dan di hari yang sama, ada orang yang merasa bahagia dan puas dengan hasil yang dicapai. Tapi di sisi lain, ada juga yang menangis sedih meratapi kegagalan akibat nggak lulus ujian.

Beda ama orang yang mengalami kesuksesan, untuk menghadapi kegagalan pastilah nggak mudah. Bukan saja karena harus mengulang kembali ujian yang semestinya usai, kegagalan juga membuat seseorang harus berani menghadapi 'dunia'.

Itulah kenapa orang yang gagal kebanyakan akan merasa frustasi, minder, tak berdaya, putus asa atau bahkan depresi. Bahkan, nggak sedikit juga yang akhirnya ngerasa dirinya tak berguna dan terpuruk dalam ketidakberdayaan.

Memang hal yang cukup wajar, jika seseorang merasa terpuruk ketika menghadapi sebuah kegagalan. Tapi, menghabiskan waktu hanya untuk meratapi kegagalan pastinya bukan jalan yang bijak kan?

Lomba Penulisan Artikel Kymco

KYMCO yang membuka stand di Arena Pekan Raya Jakarta mengadakan lomba penulisan artikel bagi para jurnalis dan wartawan media nasional maupun lokal. Para pemenang akan mendapat hadiah berupa tiga buah motor Kymco yang telah disediakan.

Berikut persyaratannya:

1. Peserta lomba adalah wartawan

2. Panjang artikel minimum 7.000 karakter, maksimum 10.000 karakter.

3. Artikel harus dilengkapi foto terbaru.

4. Artikel yang dilombakan terhitung sejak 12 Juni 2008 hingga 14 Juli 2008

5. Artikel belum pernah dimuat di media massa mana pun

6. Bahan-bahan artikel diambil dari Stand Kymco di Arena Pekan Arena Jakarta.

7. Pemenang lomba akan diumumkan pada hari penutupan Pekan Raya Jakarta.

8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

9. Artikel yang sudah ditayangkan dikirimkan pada Stand Kymco di Arena Pekan Raya Jakarta.

10. Hadiah Utama 3 buah Unit Motor Kymco bagi tiga pemenang.

sumber: mediacare

11 Juni 2008

Jangan Banyak Pake Produk Kemasan Plastik


vector : freepik.com
SEJAK beberapa tahun terakhir, Youngsters pasti kerap melihat berita di berbagai media massa tentang bencana alam yang silih berganti menggempur berbagai belahan bumi. Baik itu banjir, tanah longsor, kekeringan, badai, dan sebagainya.

Selain pengaruh perubahan iklim, kekerasan yang dilakukan manusia terhadap alam baik itu penggundulan hutan, pencemaran laut dan sungai, ataupun polusi udara juga memberikan andil terhadap kerusakan bumi.

Sebagai generasi muda, Youngsters pastinya nggak mau kan hanya berpangku tangan menyikapi kerusakan bumi serta perubahan iklim yang terjadi belakangan ini?

Karena sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk ikut menahan perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.

Misalnya aja dengan ikut mencegah kenaikan suhu permukaan bumi akibat efek rumah kaca. Yakni dengan mengurangi carbon foot-print masing-masing pribadi. Sebut aja dengan hemat air, hemat listrik, mengurangi konsumsi makanan yang pake kemasan plastik dan sebagainya.

Mainan Anak tak Harus Mahal dan Canggih

PEMBERIAN stimulasi untuk membantu perkembangan kecerdasan anak adalah hal penting yang tidak bisa diremehkan. Sebab, sepintar apapun otak anak, jika kurang mendapatkan stimulasi, perkembangannya tidak akan maksimal. Ibarat pisau, setajam apapun jika tak diasah akan tumpul juga.

Mainan adalah benda yang bisa diandalkan orangtua untuk membantu proses stimulasi kecerdasan otak. Bukan saja karena menjadi ajang rekreasi yang menyenangkan, mainan yang sesuai dengan kebutuhan anak juga akan berperan sebagai media edukasi serta merangsang kecerdasan dan kemampuan anak.

Sekarang ini, cukup banyak jenis mainan yang ditawarkan toko mainan. Khususnya mainan modern yang menawarkan kecanggihan yang bisa diandalkan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Bahkan, dari satu produk menawarkan banyak manfaat.

"Pada prinsipnya, mainan yang baik adalah mainan yang menyenangkan, aman, non toxic, edukatif, mampu menstimulasi perkembangan kecerdasan otak, panca indera, bahasa, dan kemampuan lainnya. Dan yang paling penting harganya terjangkau,"ungkap dr Fisher Iwan SpRM, dokter spesialis Rehabilitasi Medik RS Awal Bros Batam.

Jangan Remehkan Penampilan saat Bekerja

foto by Pinterest
PENAMPILAN tak bisa dipungkiri adalah cerminan sosok dan citra diri yang sangat berperan terhadap penilaian orang lain terhadap seseorang. Bahkan, dalam berbagai hal, penampilan bisa menjadi 'modal utama' agar tidak dipandang sebelah mata relasinya.

Pentingnya penampilan itulah yang membuat rangkaian menata penampilan menjadi hal yang harus mendapat porsi perhatian tersendiri oleh setiap orang. Tak hanya dalam kehidupan pribadi maupun sosial, tapi juga mencakup kehidupan karir seseorang.

Bahkan bisa dibilang, penampilan adalah satu bagian penting terkait pembentukan citra profesional serta memberi rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk mengekspresikan kompetensi yang dimiliki.

TIPS Memilih Sekolah Tepat Untuk Anak


vector : freepik.com
SEKARANG ini, memasuki bangku sekolah dasar (SD) bukanlah hal baru yang dialami anak-anak.

Sebab, rata-rata anak usia pra sekolah, yakni usia 3,5 tahun hingga 6 tahun, kebanyakan sudah pernah mengenyam bangku sekolah. Yakni melalui pendidikan anak usia dini (PAUD) baik non formal maupun formal.

Meski demikian, bangku sekolah di level SD adalah pijakan awal anak memasuki dunia pendidikan secara formal.

Pendidikan yang mulai mengajarkan dasar-dasar ilmu pengetahuan yang nantinya akan dikembangkan ke arah yang lebih mendalam lagi.

Pentingnya arti pendidikan anak sejak di bangku SD tersebut membuat orangtua harus hati-hati dalam memilih sekolah yang akan menjadi ladang anak menimba ilmu pengetahuan selama enam tahun pertama pendidikan formal.

PAUD Terbaik Adalah Keluarga Kita

Gambar: http://gambardanfoto.com
MEMBERIKAN yang terbaik untuk pendidikan anak pasti jadi keinginan setiap orangtua. Sebab, pendidikan terbaik diharapkan bisa membantu anak tumbuh lebih cerdas dan pastinya bisa bersaing dengan sumber daya manusia (SDM) dari berbagai belahan dunia.

Namun terkadang, banyak orangtua yang terjebak opini bahwa yang terbaik hanya bisa didapatkan dengan harga mahal. Begitu juga untuk mendapatkan akses layanan pendidikan. Sehingga tak mengherankan bila belakangan ini, biaya pendidikan kian meroket akibat ketatnya persaingan dan keinginan menawarkan program pendidikan 'paling bagus'.

01 Juni 2008

Agar Anak Punya Rasa Tanggungjawab

RASANYA sudah ratusan kali Fella mengingatkan anaknya untuk tidak meninggalkan barang pribadinya di sembarang tempat. Tapi entah kenapa anaknya masih tetap saja pulang dengan tangan kosong usai sekolah atau main ke rumah temannya. Barang-barang yang baru dibeli Fella di supermaket entah kemana rimbanya.

Lain lagi cerita Bunga, anak semata wayangnya memiliki 'hobi' bertukar barang dengan teman sepermainan. Yang terjadi akhirnya, isi kamar anaknya penuh dengan barang oranglain. Sementara barang milik anaknya sudah menyebar ke seluruh kompleks.



Kasus serupa mungkin juga pernah menimpa para ibu yang lain. Tidak adanya rasa tanggung jawab yang dimiliki anak atas barang pribadi mereka kadang membuat orangtua menjadi geram dan kesal. Tapi, untuk terus mengomel pasti bukan jalan yang bijak.

"Untuk membiasakan anak bertanggung jawab atas barang miliknya memang tidak mudah. Sebab, hal tersebut harus dilatih sejak dini serta butuh perhatian dan konsistensi dari orangtuanya,"terang Bibiana Dyah Sucahyani, Psikolog Anak kota Batam.

Pengen Dapat Promosi? Cari Tahu Dulu Persyaratannya

Foto by internet
SETIAP karyawan pasti mendambakan promosi dan kemajuan dalam level karirnya. Apalagi, bila pekerjaan dan posisi yang dimiliki saat ini sudah dijalani selama bertahun-tahun. Hanya saja, keinginan untuk naik jabatan itu tidak selalu bisa terkabul dalam waktu cepat. Malahan, teman yang kerjanya terkesan 'biasa-biasa' saja justru melejit duluan.

Lantas, apa ada yang salah? bagaimana caranya agar kerja keras kita selama ini mendapatkan penghargaan berupa kenaikan jabatan sebagai sebuah upaya untuk mendapatkan kemajuan karir?

Kenapa Anak Suka Pamer?

DALAM perkembangan psikologisnya, sekitar usia 6 hingga 12 tahun, anak mulai mengidentifikasi dirinya dengan cara membandingkan dirinya dengan anak lain. Bukan lagi karena anak merasa mampu melakukan sesuatu, namun melihat dirinya lebih mampu melakukan sesuatu dibanding anak lainnya.

Selain itu, anak juga ingin lebih diperhatikan, mendapat pengakuan, dan ingin dikagumi oleh orang banyak. Sehingga cenderung ingin menonjolkan hal-hal yang ada pada dirinya. Salah satu bentuk dari kecenderungan ini adalah dengan menunjukkan kepemilikannya sebagai simbol status `saya punya', dan inilah yang kemudian terkesan pamer.

"Pamer yang dilakukan anak-anak pada masa perkembangannya lebih cenderung bertujuan mencari pengakuan status yang bisa mengarah pada pembentukan konsep diri. Sifat pamer bisa dibilang wajar sepanjang tidak berlebihan atau tidak membuat anak menjadi terobsesi bahwa dialah yang harus `ter..' segala-galanya,"ungkap Bibiana Dyah Sucahyani, Psikolog Anak di Kota Batam.

Sahabatku Mengambil Pacarku! Gimana Dong...

Gambar: chappytwife.com
PENGKHIANATAN merupakan kata yang kadang bikin kita bergidik ngebayanginnya. Apalagi, bila yang berkhianat itu orang terdekat yang semestinya kita percaya. Duuh... pasti rasanya sakit sekali ya....

Meski ngeri tapi pengkhianatan yang dilakuin sahabat sendiri banyak juga terjadi loh. Khususnya dalam dunia pacaran. Apalagi, pacaran ala remaja biasanya hanya berbentuk ikatan verbal dengan komitmen cukup "kita berdua" aja yang tahu. Ikatan itupun nggak disertai sanksi.

Soalnya, pacaran tidak berarti saling "memiliki" tapi sekadar belajar memahami antara satu dan lainnya. Jadi, bila terjadi perselingkuhan dalam ikatan pacaran benernya bisa diterangin secara logika.