21 April 2008

Aquascape, Pesona Tanaman Air yang Menyejukkan

Contoh Aquascape koleksi Ocean Aquarium Centre, Batam

AKUARIUM yang awalnya sangat identik dengan hobi, belakangan justru menjadi bagian dari aksentuasi sebuah hunian agar terasa lebih 'hidup'. Bahkan, tidak sedikit yang justru menjadikan benda ini sebagai point of interest ruangan dalam sebuah hunian.

Bagi Anda yang sedang mengalami kebosanan dengan tampilan akuarium yang identik dengan ikan sebagai pusat perhatian utama, kenapa tidak mencoba beralih dengan menghadirkan aquascape sebagai alternatif pilihan.

Sebab, hijaunya tanaman air akan memberikan kesegaran serta kesejukan dalam hunian. Terlebih juga ditambahkan ikan serta sentuhan lighting. Paduan tersebut pastinya akan makin membuat tampilan aquascape terlihat lebih eksotik.

"Berbeda dengan akuarium yang menjadikan ikan sebagai pusat perhatian, aquascape justru menjadikan ikan hanya sebagai hiasan atau aksen pemanis saja. Sebab, perhatian utamanya berada pada tanaman air,"ungkap Andy, Karyawan Ocean Aquarium Centre, Kompleks Citra Mas Blok A No 1-3 Batam.


Meski keberadaan ikan hanya sebagai pemanis, tapi tidak berarti semua jenis ikan bisa melengkapi aquascape. Sebab, ada beberapa jenis ikan yang justru bisa merusak tumbuhan atau bahkan memakan tumbuhan hingga habis.

"Jika ingin menambahkan ikan dalam aquascape kita harus benar-benar jeli memilih jenis yang cocok. Dan ikan yang dipilih harus benar-benar bersahabat dengan tanaman air bukan justru merusaknya,"jelas Andy.

Bukan itu saja, jumlah ikan yang akan ditambahkan dalam aquascape juga harus diperhatikan. Yakni disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang mendominasi aquascape. Apakah jenis tumbuh merambat, membesar atau menjalar.

Jenis tumbuhan yang merambat misalnya. Tanaman jenis ini cenderung mempersempit ruang gerak ikan. Sehingga, jumlah ikan yang ditambahkan dalam aquascape yang didominasi tumbuhan rambat tidak boleh terlalu banyak dan juga harus jenis yang suka tumbuhan rimbun. Sebut saja, molly, guppy atau platy.

"Keterbatasan ruang gerak akan membuat ikan cepat mati. Dan ikan yang mati bisa membuat tanaman rusak atau mengalami pembusukan batang karena akibat pencemaran protein yang berasal dari bangkai ikan,"terangnya.

Selain ikan, ornamen berbentuk akar pohon yang sudah menjadi fosil bisa juga menjadi pemanis untuk memperindah tampilan aquascape. Hanya saja, agar lebih awet sebisa mungkin ornamen tersebut menggunakan kayu bakau yang memang tahan air. (*)



Ganti Air Seminggu Sekali




TAK berbeda dengan akuarium yang didominasi ikan, aquascape juga butuh perawatan secara berkala. Baik dari sisi pembersihan maupun perawatan tumbuhan sebagai elemen utama pengisi aquascape. Sebut saja pemupukan maupun pemangkasan layaknya tumbuhan darat.

Perawatan ringan yang bisa dilakukan secara rutin adalah pembersihan lumut atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca. Yakni dengan menggunakan alat khusus yang bisa diaplikasikan dari kaca bagian luar.

"Untuk menjaga kualitas air, kita bisa mengganti air seminggu sekali. Saat penggantian, kita cukup menggantinya setengahnya saja. Sebab, ikan sangat sensitif dengan air baru yang ditambahkan ke dalam akuarium,"ungkap Andy, Karyawan Ocean Aquarium Centre Batam.

Mengingat kualitas air yang terkadang mengandung kaporit, penggantian air sebaiknya juga diberikan tambahan anti klorin. Jika penggantian air akuarium berisi ikan biasanya disarankan ditambah garam kasar (bukan garam dapur), itu tidak berlaku untuk aquascape. Sebab, penambahan garam justru bisa membunuh tanaman air yang ada di dalamnya.

Selanjutnya, untuk perawatan tanaman, bisa dilakukan melalui pemupukan secara rutin dua kali sebulan menggunakan pupuk cair. Sebab, meskipun di awal pembuatan aquascape sudah diberikan pupuk, tapi tanaman tetap membutuhkan suplai nutrisi untuk pertumbuhan melalui pupuk cair.

"Selain pupuk, tanaman juga butuh CO2 untuk proses fotosintesis. Namun, bila pertumbuhan tanaman sudah bagus, tidak perlu lagi diberikan tambahan alat penyuplai gas CO2. Sebab, walau bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, tapi di sisi lain, gas ini berbahaya bagi ikan,"katanya.

Sehingga, alat penyuplai CO2 hanya dibutuhkan di awal pembuatan aquascape yakni untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman agar kuat dan bisa tumbuh secara sempurna. Itulah kenapa di awal pembuatan aquascape, ikan belum boleh dimasukkan ke dalamnya.

Hal lain yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan tanaman air dalam aquascape adalah pemangkasan tanaman yang sudah terlalu rimbun atau panjang (untuk tanaman menjalar). Hanya saja, mengenai kapan saatnya pemangkasan dilakukan, semua tergantung selera pemilik. Itu karena ada orang yang justru suka tanaman rimbun, begitu juga sebaliknya.

"Pada prinsipnya, pemangkasan bisa dilakukan jika akar tanaman sudah kuat dan kondisi tanaman memang sudah sehat. Itu karena, saat tanaman dalam kondisi sehat, biasanya tetap bisa hidup walau dipangkas,"jelas Andy. (*)



Pencahayaan Lebih dari 12 Jam Picu Lumut


PENCAHAYAAN merupakan faktor penting untuk dihadirkan dalam aquascape. Selain berperan untuk proses pertumbuhan tanaman yakni menggantikan cahaya matahari, kehadiran lampu juga penting untuk memperindah tampilan aquascape.

Hanya saja, jika keberadaan lampu tidak dikelola secara benar, bisa juga menimbulkan efek yang kurang baik terhadap pertumbuhan tanaman air yang ada di dalam aquascape. Mulai pembusukan batang hingga kematian tanaman.

"Penambahan cahaya buatan memang penting untuk pertumbuhan dan keindahan tanaman. Hanya saja, pencahayaan ini sebaiknya diberikan tak lebih dari 12 jam. Sebab, pencahayaan yang terlalu lama justru akan merangsang pertumbuhan lumut,"kata Andy, Karyawan Ocean Aquarium Centre Batam.

Keberadaan lumut tersebut, selain mengurangi keindahan aquascape, juga bisa membahayakan tanaman yang ada di dalamnya. Itu karena keberadaan lumut khususnya yang menempel pada tanaman bisa menghalangi sinar yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

"Keberadaan lumut juga akan membuat suplai CO2 yang dibutuhkan tanaman air akan diambil oleh lumut yang menempel. Yang terjadi akhirnya, tanaman menjadi kurang subur atau bahkan terganggu pertumbuhannya,"jelasnya.

Sehingga, jika ada lumut yang menempel baik pada tanaman maupun pada kaca akuarium harus segera dibersihkan. Jika lumut tumbuh pada permukaan kaca bisa langsung dibersihkan. Tapi bila lumut menempel pada tanaman, daun yang ditumbuhi lumut harus dipangkas. Sebab, jika tidak dipangkas, lama kelamaan lumut akan menyebar hingga memenuhi permukaan tanaman air.

Selanjutnya, bagi yang tetap ingin menghadirkan cahaya buatan agar tampilan aquascape tetap menawan, bisa mensiasatinya dengan menambahkan lampu sorot LED. Hanya saja, agar tidak membuat suhu air meningkat, pilih lampu dengan watt kecil. (*)



Tips Menghadirkan Aquascape di Rumah



UNTUK menghadirkan aquascape dengan tampilan yang menarik tapi tetap 'aman', ada banyak hal yang harus diperhatikan. Baik itu dari awal pembuatannya maupun dalam hal perawatan.

Lantas, apa saja yang penting untuk diperhatikan? Berikut beberapa tips yang diberikan Andy dari Ocean Aquarium Centre Batam sebagai panduan:

1. Saat akan mulai 'membangun' aquascape, pastikan pupuk tanaman yang menjadi sumber utama makanan tanaman jumlahnya mencukupi dan tertutup secara sempurna oleh pasir. Dengan begitu, pupuk tidak akan 'bocor' dan mengotori air atau bahkan meracuni ikan yang ada di dalam akuarium.

2. Sebelum menambahkan ikan sebagai pemanis aquascape, pastikan kondisi tanaman memang sudah kuat dan bisa hidup tanpa bantuan alat penyuplai CO2. Dengan begitu, tanaman bisa tetap subur meski tanpa bantuan alat. Sementara ikan bisa hidup tanpa terganggu gas CO2.

3. Jika aquascape didominasi tanaman rimbun, pilih ikan yang mudah berkembang biak seperti molly, guppy dan platy. Bisa juga memilih ikan yang berwarna-warni seperti tetra. Itu karena ikan yang senang beranak lebih suka bersembunyi di antara rerimbunan tanaman. Sementara ikan yang berwarna-warni akan membuat tampilan aquascape lebih atraktif.

4. Sebelum menambahkan ikan dalam aquascape, pastikan ikan yang dipilih bukan ikan pemakan tumbuhan. Sesuaikan juga jumlah ikan dengan ketersediaan ruang gerak dalam akuarium agar tak mengganggu pertumbuhan baik pertumbuhan tanaman atau ikan itu sendiri.

5. Untuk tahap pertama pembuatan aquascape, pastikan pencahayaan memenuhi 75 persen dari volume air. Ini penting untuk membantu memperkokoh pertumbuhan akar serta merangsang pertumbuhan tanaman.

6. Agar kualitas air tetap terjaga, tambahkan alat penyaring (filter) air serta penyuplai oksigen. Jangan lupa juga ganti air secara rutin seminggu sekali dengan menambahkan anti klorin agar air tidak membuat ikan stres atau bahkan membunuhnya. Ingat, cukup mengganti setengah dari keseluruhan air dan tetap mempertahankan air lama setengahnya.

7. Berikan pupuk air dua kali sebulan untuk menjaga kesuburan tanaman serta bersihkan juga lumut secara rutin agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman air.

8. Pastikan suhu di dalam air tidak melebihi 26 derajat Celcius. Sebab, suhu yang lebih panas dari itu bisa mengganggu pertumbuhan tanaman atau bahkan bisa mati. Untuk menjaga temperatur air bisa ditambahkan chiller controlled yang dihubungkan melalui pipa instalasi.

9. Pantau secara rutin kadar karbondioksida dalam air menggunakan indikator CO2 yang diletakkan di dalam air. Perubahan warna pada indikator menunjukkan kandungan CO2 dalam air. (*)

8 komentar:

  1. Waahh ini diaa, saya memang sedang cari2 informasi seputar aquascape ini... Thx ya

    BalasHapus
  2. wah... ada blog-nya wang batam jg rupanya.... ilmu-nya sangat bermanfaat.
    kebetelun, saya baru mo coba2 bkin aquascape.. jd utk pemula saya coba dengan aqua 70x40x30...

    cm karna keterbatasan dana, bisa ksih solusi / mgkin ada tempat yg bisa jual tabung bekas (co2)???
    yg saya liat di TOKO OCEAN rada2 mahal gitu harganya (gak bisa tawar) hehhe.... bisa sih bikin DIY CO2 pake RAGIH tpi ribet!
    jdi pemilihan equipment/tools-nya agak miring harga.....

    bisa tolong bantu gak mas????
    contact persong e-mail ke
    bhaskoet@gmail.com / faisal@bankindex.co.id

    BalasHapus
  3. thx infonya sob, lagi mau bongkar aquarium laut jadi aquascape, bosen juga 4thn liat ikan laut :p

    BalasHapus
  4. salam alaikum,
    artikel yang menarik :D,
    saya juga tertarik dengan aquascape hanya saja saya masih beginner, kira2 bisa berikan tips atau beberapa hal yang perlu diketahui oleh pemula, juga saya minat beberapa artikel atau link yang menjelaskan ttg aquascape secara gamblang
    terima kasih,
    kalo saudara juga tahu tempat aquascape didaerah solo dan sekitarnya mohon pencerahannya :D
    terima kasih untuk yang kedua kalinya
    email saya : hkeishin@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. ada wadah penggemar aquascape gak ya di batam.

    BalasHapus
  6. Wah seru banget ni..
    Gan mu nanya,klo pencahayaan nya sedikt pakai lampu ulataviolet bisa ga..?

    BalasHapus
  7. Nice Artikel..

    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, "untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?" Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya...

    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    www.aqua5cape.com

    BalasHapus
  8. Nice Artikel..

    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, "untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?" Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya...

    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    www.aqua5cape.com

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda