.

31 Mei 2008

Mengatur Keuangan Single Parent

foto by internet
MENJADI seorang single parent dengan beberapa anak yang masih membutuhkan pendidikan dan kehidupan layak pastinya bukan sesuatu yang mudah. Sebab, bagaimanapun juga sebagai orangtua, seorang single parent harus berjuang sendiri untuk membesarkan anak- anak.

Berbeda dengan single parent yang berlatar belakang perceraian, membesarkan anak sendiri akibat pasangan meninggal dunia pastinya jauh lebih berat. Tak hanya terkait turunnya kondisi psikis akibat ditinggal orang yang dicintai tapi juga terkait sisi finansial yang biasanya langsung berubah drastis.

Bisnis Keluarga Harus Tetap Gunakan Sistem Upah

Bisnis keluarga harus dikelola profesional. Grafis by: www.freevector.com
MENJALANKAN bisnis keluarga sepertinya simpel dan tidak rumit. Sebab, biasanya top managemen diisi oleh anggota keluarga maupun sanak famili. Sehingga, dalam pengelolaannya pun masih menggunakan sistem kekeluargaan.

Namun, agar sebuah bisnis keluarga menjadi lebih maju, sebenarnya bisnis harus mulai dijalankan secara profesional. Termasuk dalam hal pengelolaan finansial. Meskipun dalam prekteknya tak harus kaku dan formal layaknya bisnis profit biasa.

"Untuk menghindari kerancuan serta masalah keuangan di masa mendatang, sebaiknya sebuah bisnis keluarga tetap dikelola dengan sistem penggajian. Yakni seluruh anggota keluarga yang terlibat dalam pengelolaan bisnis diberikan upah dengan sistem gaji," ungkap Riginoto Widjaya, pengamat keuangan kota Batam.

Dengan adanya sistem upah, pengelolaan keuangan akan menjadi lebih terarah. Sebab, pemasukan dan pengeluaran akan lebih mudah dikontrol. Sehingga, memperkecil kemungkinan pemakaian uang perusahaan untuk keperluan pribadi.

Kiat Membuka Usaha Sampingan

SEMAKIN meningkatnya kebutuhan hidup belakangan ini pasti membuat setiap orang harus lebih jeli dalam mengelola anggaran keluarga. Sebab, jika tak dilakukan kontrol terhadap siklus keuangan keluarga bisa-bisa kehidupan yang dijalani akan menggunakan sistem gali lubang tutup lubang. Terutama bagi orang yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Untuk jangka waktu pendek, penghematan merupakan salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk mengontrol penbengkakan pengeluaran. Hanya saja yang jadi pertanyaan apakah kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat akan terus diatasi dengan cara penghematan? Tentu hal tersebut bukan solusi bijak.

Mencari penghasilan tambahan sudah pasti menjadi solusi yang paling tepat diambil untuk "menyelamatkan" periuk nasi keluarga. Sebab, bagaimanapun juga peningkatan kebutuhan hidup juga harus diimbangi dengan peningkatan penghasilan yang dimiliki.

Boleh Memberi Utang Temen, Asal...

foto by internet
PINJAM-meminjam uang antar anggota keluarga, teman, tetangga atau bahkan relasi bisnis bukan sesuatu yang aneh. Sebab, kebiasaan tersebut kerap ditemui pada orang terdekat kita atau bahkan kita alami sendiri.

Sebagai makhluk sosial, saling tolong menolong merupakan suatu keharusan. Termasuk menolong orang yang membutuhkan dana dengan meminjamkan sejumlah uang yang kita miliki. Hanya saja, tidak semua orang memiliki itikat baik untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya. Kalaupun dikembalikan, tak jarang pemberi hutang harus menagih dengan susah payah sebelum akhirnya uang kembali.

Pentingkah Memiliki Dana Cadangan?

www.talkmarkets.com
BENCANA atau musibah bukanlah sesuatu yang direncanakan dalam hidup. Karena kejadian ini selalu datang tanpa permisi dan langsung menghampiri siapa saja yang sedang tidak beruntung.

Dan dalam menghadapi setiap musibah, misalnya kecelakaan, sakit, atau usaha bangkrut, dana merupakan salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan. Artinya, jika seseorang tidak siap dengan dana cadangan ataupun dana tabungan, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya mencari sumber dana untuk mengatasi persoalan yang terjadi.

Tabungan Bersama, Pentingkah?

www.talkmarkets.com
MEMILIKI tabungan atau rekening bersama bukan sesuatu yang asing terutama untuk pasangan yang telah menikah. Karena, keberadaan tabungan ini jelas akan membantu mempermudah pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga.

"Yang paling penting dipikirkan sebelum memutuskan untuk membuka rekening atau tabungan bersama adalah konsep keuangan keluarga itu sendiri. Bila memang sudah terjadi kesepakatan bahwa uang yang dihasilkan pasangan akan dijadikan satu, pembuatan rekening bersama tidak akan menjadi masalah," terang Riginoto Wijaya, Pengamat Keuangan Kota Batam.

Tips Menghadirkan Mini Bioskop di Rumah

MEMILIKI mini bioskop atau area khusus untuk menikmati aneka tontonan film melalui perangkat audio dan video memang bukan satu kebutuhan yang harus dihadirkan dalam hunian. Sebab, kebutuhan tersebut sifatnya tersier.

Namun, bagi sebagian orang yang menginginkan prestise atau setidaknya menggemari kegiatan nonton, mengusung konsep bioskop ke dalam hunian pasti menyenangkan dan memberikan kenyamanan tersendiri.

Bagaimana tidak, saat ingin menyaksikan tayangan film terbaru, seluruh penghuni rumah tak perlu repot-repot pergi ke bioskop dan menonton ramai-ramai dengan oranglain. Selain membutuhkan anggaran khusus, menonton ramai-ramai di bioskop juga akan menghilangkan privasi yang ingin didapatkan.

24 Mei 2008

Echa Mo Ultah...

HARI Senin (26/5) besok, Echa tepat berusia dua tahun. Usia yang diharapkan menjadi satu titik awal kemandirian gadis kecil yang selalu memberikan cahaya kebahagiaan bagi rumah mungil kami.

Setiap menyambut tanggal 26 Mei akan menjadi saat yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan karena tanggal 26 Mei dua tahun lalu, Alloh SWT telah mengirimkan seorang bayi mungil yang begitu manis dan menyenangkan.

Bayi yang selalu memberikan keceriaan dalam hari-hari orang-orang yang selalu menyayanginya. Celotehan yang keluar dari mulutnya, gerakan lucu menirukan apa yang dilihatnya menyiratkan keinginan gadis kecilku itu untuk menunjukkan pada dunia bahwa dia sudah besar dan juga mampu melakukan apa yang dilakukan orang dewasa.

Echa yang manis, Echa yang selalu menurut, Echa yang selalu ceria, Echa yang selalu menyenangkan siapa saja yang ada di dekatnya, Echa yang pintar, Echa yang tak pernah rewel, Echa yang sholeha, dan Echa dengan tabiat-tabiat baik lainnya. Itu adalah rangkaian doa yang selalu Mama dan Papa panjatkan dalam setiap sujud kepada Alloh.

Tanggal 26 Mei juga akan menjadi momen membuka kenangan yang menyedihkan. Karena di bulan yang sama, sehari setelah Echa lahir, berita duka seakan silih berganti menghampiri. Belum lagi usai berita sedih gempa Jogja 27 Mei yang menghancurkan rumah sepupu dan keluarga Echa di Jogja, menyusul lagi berita berpulangnya Eyang Kakung Echa ke Rahmatullah. Sungguh satu rangkaian peristiwa yang akan terus terputar ulang menjelang datangnya momen ulangtahun Echa....

Cantik dan Sehat dengan Totok Wajah

Ilustrasi. Foto : freepik.com
TOTOK wajah memang bukan satu teknik kecantikan yang baru. Tapi, hingga kini masih tetap saja mampu menarik minat perempuan untuk melakukan perawatan yang satu ini.

Selain memberikan efek terhadap kecantikan, totok wajah juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit baik ringan maupun berat.

Jika dilihat dari asal muasalnya, totok wajah merupakan bagian dari totok darah (akupresur) yang bisa dibilang bagian ilmu warisan Tiongkok Kuno yang mirip akupuntur.

Totok darah dilakukan dengan memberikan pijatan tertentu disekitar tubuh. Yaitu dengan cara menekan atau merangsang titik-titik akupuntur. Tujuan penekanan tersebut adalah untuk mengaktifkan anggota tubuh serta melancarkan aliran peredaran darah.

Kelebihan Hormon Androgen Picu Kebotakan

KEHILANGAN helai demi helai rambut hingga akhirnya membuat kulit kepala mengalami kebotakan pasti meresahkan. Sebab, selain bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang, kebotakan bisa juga menjadi indikasi awal penyakit tertentu.

Apalagi bila kebotakan yang terjadi bisa berujung pada kebotakan permanen. Artinya, rambut tidak akan tumbuh kembali di atas kulit kepala yang mengalami kebotakan. Misalnya disebabkan faktor genetik atau bakat yang turun temurun.
Gangguan hormon androgen bisa memicu kebotakan.Foto:http://hairgrowthremediesnow.com

"Penyebab kebotakan sebenarnya ada banyak. Di antaranya gangguan hormon, genetik, gangguan metabolisme dan kekurangan nutrisi, pendarahan di kepala, penyakit, proses terapi dan juga faktor usia,"ungkap dr Sa'da Barira SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Awal Bros Batam.

Hilangkan Racun dengan Detox Facial

SETIAP orang berpotensi terpapar racun dari lingkungan sekitar. Sebab, racun bisa masuk dalam tubuh kita melalui makanan, minuman, polusi udara, asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Meskipun tubuh mampu mengeluarkan racun melalui organ seperti usus besar, paru- paru, hati, limfa, dan kulit, tetapi tetap saja kinerja organ tersebut harus dibantu melalui proses detoksifikasi.

"Tubuh memang memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tetapi bila jumlahnya berlebihan keberadaan toxin bisa meracuni tubuh kita," jelas dr Sherly Thio, dokter kecantikan di Miracle Aesthetic Clinic Batam.

Kulit wajah merupakan satu bagian tubuh yang berpotensi terkena masalah jika keberadaan racun dalam tubuh berlebihan. Sebab, kulit merupakan organ yang berperan membantu mengeluarkan racun melalui kelenjar keringat.

Dan bila kandungan toxin dalam keringat banyak, kulit akan mengalami keluhan. Misalnya, seseorang akan mengalami produksi minyak yang berlebihan, jerawat, flek hitam, pori-pori membesar, dan kulit kusam. Artinya, bila toxin pada kulit wajah tidak segera diatasi, kecantikan seseorang bisa terganggu.

Hilangkan Kerutan dengan RF Lift

Salah satu tahapan perawatan RF Lift
MUNCULNYA kerutan pada wajah atau bagian tubuh lain merupakan momok yang cukup ditakuti kalangan wanita. Bagaimana tidak, kehadiran garis-garis pada wajah tersebut merupakan faktor yang akan mengurangi kecantikan wajah kebanggaan wanita.

Kerutan itu sendiri bisa muncul seiring pertambahan usia seseorang. Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga bisa mempercepat timbulnya kerutan pada wajah serta anggota tubuh lainnya. Tak berbeda dengan perubahan fisik lainnya, kehadiran kerutan tak bisa dielakkan dan pasti akan dialami setiap orang.

Hanya saja, perkembangan teknologi yang semakin canggih, memungkinkan seseorang kembali mendapatkan wajah mulus bebas kerutan. Walaupun wajah mulus tak bisa diperoleh secara permanen, tapi bila perawatan dilakukan secara rutin, wajah mulus bisa dihadirkan secara terus menerus.

Bagi yang mengidamkan wajah mulus bebas kerutan, teknologi pengencangan dengan RF Lift di Miracle Aesthetic Clinic bisa menjadi alternatif pilihan. Tanpa membutuhkan waktu lama wajah yang semula memiliki kerutan, bisa hilang tanpa bekas.

Usia 30-an Waspadai Terkena Flek Wajah

Foto:healthmeup.com
SETIAP orang pasti ingin memiliki wajah yang mulus dan bersih khususnya kaum wanita. Karenanya tak mengherankan bila banyak orang yang selalu memperhatikan kecantikan wajah dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Namun, seiring perkembangan zaman banyak hal yang akan memberikan dampak buruk terhadap kecantikan wajah kita. Flek atau bercak hitam di wajah misalnya. Meskipun tidak membahayakan dari sisi medis, tetapi kehadiran flek hitam akan mengurangi kecantikan serta mengganggu estetika wajah.

Pemicu timbulnya flek itu sendiri dibedakan menjadi dua yakni faktor genetika termasuk hormonal serta faktor alam seperti sinar matahari, pola hidup tak sehat dan kesalahan kosmetik. Kondisi seperti bekas jerawat, gigitan nyamuk, serta sirkulasi kulit yang tidak lancar bisa juga menyebabkan flek hitam di wajah.

"Sinar matahari merupakan faktor yang bisa memicu munculnya flek wajah. Karenanya sebisa mungkin hindari terpapar sinar matahari secara langsung serta terus menerus. Alat kontrasepsi seperti pil KB, suntikan, dan susuk dapat juga berperan sebagai pencetus munculnya flek wajah. Begitu pula pengaruh hormon, kehamilan atau menjelang menopause," ungkap dr Sherly Thio, Ahli Kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Batam.

Latih Otot Anak dengan Olahraga Renang

foto by RUMAH BUNGA NEISHA
BERENANG merupakan olahraga yang cukup digemari semua kalangan termasuk anak- anak.

Hal itu tak mengherankan mengingat renang bukan saja menyehatkan tapi juga menyenangkan.

Segarnya air dan sensasi yang dirasakan saat bergerak di dalam air bisa menjadi ajang melepas kepenatan.

Apalagi, olahraga ini kerap direkomendasikan sebagai olahraga yang bisa dijalani oleh penderita asma, maupun paru-paru. Itu karena, renang sangat membantu otot dada dan paru-paru anak pengidap asma supaya mengembang selanjutnya memperbesar kapasitas paru-paru sekaligus mengeluarkan lendir.

Osteoporosis tak Hanya Karena Kurang Kalsium

Osteoporosis ternyata bukan hanya karena kurang kalsium
TULANG harus diakui merupakan organ yang menjadi penopang aktivitas setiap orang. Jika terjadi kerusakan pada tulang bisa dibayangkan bagaimana kehidupan orang bersangkutan selanjutnya.

Saat ini, penyakit tulang yang sedang hangat dibahas dan terbukti berhasil merubah pola hidup masyarakat adalah osteoporosis atau penyakit keropos tulang. Selain bisa mengganggu kesehatan dan aktifitas harian penderitanya, penyakit ini juga bisa menyebabkan patah tulang.

Istilah osteoporosis itu sendiri ditemukan ahli patologi Perancis, bernama Jean Georges Lobstein tahun 1929. Yakni ditemukannya suatu keadaan dimana tulang tampak berlubang atau berpori-pori pada kepadatannya.

Asma Berat Bisa Menyerang Tiga Kali Seminggu

Foto by: Alodokter.com
ASMA merupakan penyakit yang kerap dialami sejumlah orang. Meski pengetahuan terkait bagaimana penyakit turunan ini bisa terjadi masih terbatas, tapi kebanyakan orang sudah mampu mengenali gejala yang ditimbulkan oleh asma.

"Gejala awal asma adalah terjadinya sesak nafas serta mengi atau keluar bunyi mencicit serta nafas berat saat penyakit ini menyerang. Mengi tersebut terdengar saat mengeluarkan nafas. Selain itu, penyandang asma juga akan batuk-batuk," jelas dr Deo Purba, dokter umum RS Awal Bros Batam.

Gejala Sakit Jantung Ini Mirip Masuk Angin Biasa

PERNAHKAH Anda melihat orang yang sebelumnya sehat wal'afiat dan sedang melakukan aktifitas tiba-tiba jatuh dan terbujur kaku tak bernyawa? Kondisi tersebut sebenarnya tidak terjadi begitu saja tanpa sebab.
Foto: www.pudak-scientific.com

Karena, orang yang meninggal meskipun mendadak pasti ada penyebabnya. Dan rata-rata kematian itu diakibatkan oleh serangan jantung Silent Myocardial Infaretion (SMI). Kenapa disebut Silent Myocardial Infaretion, itu karena serangan jantung ini tidak disertai keluhan berarti namun berakibat kematian.

"Serangan SMI ini kerap terjadi karena memang gejalanya tidak terlalu terlihat dan hanya seperti masuk angin biasa. Di dunia kedokteran memang tidak ada istilah masuk angin, namun bisa saja istilah awam ini merupakan gejala serangan jantung" terang dr Stanley Panggabean,SpJP FIHA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Awal Bros Batam.

Jangan Remehkan Sakit Kepala

Foto: www.tstcm.com
SAKIT kepala, rasanya hampir semua orang mengalami derita yang satu ini. Itu wajar karena penyakit tersebut memang bisa menimpa siapa saja tanpa memandang kelompok usia orang yang akan diserangnya.

"Penyebab munculnya sakit kepala sangat banyak. Namun, perasaan nyeri pada bagian atas kepala tersebut bisa diakibatkan penarikan, pergeseran, peradangan, spasmus pembuluh darah, atau pelebaran struktur-struktur yang peka nyeri dalam kepala, kepala bagian luar atau leher,"terang dr Harris Christian SpS, dokter spesialis Saraf RS Awal Bros Batam.

Sebenarnya, sebagian besar rasa sakit kepala merupakan kondisi yang jinak atau tidak berbahaya terhadap kesehatan. Terutama bila rasa sakit tersebut terjadi secara menahun dan berulang serta dengan sifat dan kualitas yang sama.

Namun, bila sakit kepala yang dirasakan cukup berat atau semakin memberat hal itu patut diwaspadai. Sebab, bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala dini atau gejala utama penyakit sistemik serta proses dalam kepala yang serius. Kondisi demikian jelas memerlukan pemeriksaan medis yang lebih mendalam.

22 Mei 2008

Remaja Juga Bisa Kaya, Lho! Begini Caranya!

Sudah jadi orang kaya saat remaja, bisa kok!
BISA dapet apa aja yang diinginkan tanpa perlu usaha keras emang enak banget.

Tinggal tunjuk, barang yang diinginkan sudah pindah dari etalase toko ke tangan kita. Kalo duit abis tinggal minta ama bokap ato nyokap. Asik banget kan?

Eits... tapi apa iya, kebiasaan itu yang kamu banggain? Soalnya nggak ada seru-serunya kan kalo kita bisa ngedapetin apa yang kita mau tanpa usaha keras? Karna terkadang, kepuasan dalam ngedapetin sesuatu akan muncul saat kita harus melewati usaha keras.

Bukan hanya soal kepuasan batin, kebiasaan menengadahkan tangan pada orangtua juga bisa datengin kesulitan untuk kamu loh. Misalnya aja kalo suatu saat bokap kamu lagi pailit atau bahkan lagi pelit. Waduh...

Bisnis Rumahan Jangan Dianggap Iseng

DI tengah perkembangan dunia bisnis yang kian berkembang pesat, usaha rumahan atau usaha yang dijalankan dari rumah tetap bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan rupiah.

Bukan saja, membutuhkan modal yang tak terlalu besar, usaha rumahan tetap berpeluang berkembang menjadi lebih besar.

Bahkan, dari yang awalnya hanya usaha dengan modal ratusan ribu, bukan tidak mungkin bisa menjadi sebuah usaha besar dan berkembang menjadi sebuah sentra industri produk tertentu.

Sebut saja, aneka kerajinan tangan di Yogyakarta, usaha batik di Pekalongan, dan banyak lagi.

Itu karena, yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah usaha bukan hanya sebatas modal tapi juga faktor lain termasuk keseriusan dalam menjalankan usaha itu sendiri.

Lebih Mewah dengan Plafon Gypsum

PLAFON awalnya hanya berfungsi sebagai peredam kebisingan suara serta peredam panas yang berasal dari sinar matahari yang mengenai atap. Hanya saja, seiring perkembangan waktu dan tren, kini plafon menjadi bagian elemen yang berfungsi sebagai pemanis tampilan hunian.

Melalui pemilihan material yang sesuai dengan konsep rumah serta pengelolaan sedemikian rupa, kehadiran plafon akan memberikan kesan berbeda pada hunian. Termasuk dalam hal pemberian sentuhan border serta pencahayaan buatan pada beberapa bagian plafon.

"Saat berbicara tentang model plafon apa yang paling tepat untuk diaplikasikan pada sebuah hunian tentu saja tergantung selera pemilik rumah. Hanya saja, model yang dipilih sebaiknya sesuai dengan konsep rumah sebagai bangunan induk utama,"terang Sukiman, Arsitek kota Batam.

21 Mei 2008

Wajah Lebam Echa


HARI Rabu (21/5) kemarin, Echa kembali masuk daycare setelah hampir dua minggu libur nggak dititip. Rencananya, gadis kecilku dititip mulai Selasa (20/5). Tapi karena nggak mau ditinggal akhirnya Echa balik lagi ke rumah.

Hari Selasa itu sebenarnya mama lagi sibuk dan banyak kerjaan. Apalagi, sorenya janjian mau pemotretan untuk posteral Youngsters. Tapi gimana lagi, daripada Echa menangis bombai karena ditinggal di penitipan, akhirnya dia ikutan mama pemotretan.

Selama pemotretan di Golden Truly, Echa nggak pernah rewel ataupun minta gendong. Gadis kecil yang jarang banget jalan di mal ini justru keliatan begitu riang. bahkan, saking riangnya, dia jadi antusian memegang barang2 yang ada di mal.

Karena takut mecahin barang, mama terpaksa harus teriak2 untuk mengalihkan perhatian gadisku. Apalagi, kalo Echa udah mendekati area parfum branded yang lagi sale... aduh... kalo sampe pecah pasti bakalan mama kena tahan nggak boleh pulang. Gimana nggak? harganya jauh banget dari kemampuan kantong. Bayangin aja kalo dia sempat mecahin lima botol. Ohh... nooo.... ngebayangin aja udah serem.

17 Mei 2008

Jangan Biarkan Anak Suka Bicara Jorok

PERNAHKAH Anda mendapati si kecil tiba-tiba mengucapkan kata-kata kasar atau jorok saat mereka sedang kesal atau bercanda? Jika iya, hal tersebut patut diwaspadai. Sebab, meski terkadang anak tidak mengerti makna kata jorok yang dia ucapkan, bila dibiarkan bisa jadi kebiasaan.

"Saat anak sedang belajar bicara, mereka lebih banyak meniru apa yang ada di sekelilingnya. Itu wajar karena dalam usia belajar, anak akan sangat mudah menyerap segala macam frase yang mereka dengar,"jelas Agung B Siregar, Psikolog Anak kota Batam.

Menurut para ahli, kata-kata kotor dan umpatan biasanya dikenal sebelum usia enam tahun. Pada usia yang masih sangat muda ini, umumnya anak masih belum memahami arti perkataannya. Namun demikian, mereka gemar mengucapkan kata-kata tersebut. Apalagi saat melihat reaksi orang-orang yang ada di sekelilingnya saat kata-kata tersebut diucapkan.

"Sebisa mungkin orangtua dan orang yang ada di rumah menghindari menggunakan kata-kata yang tidak sepadan untuk anak-anak. Meskipun tidak tertutup kemungkinan anak mendapatkan kata-kata kasar dan jorok dari oranglain,"katanya.

Saat Anak Harus di Penitipan Anak

Penitipan anak kerap jadi alternatif orangtua yang bekerja.
PENITIPAN anak atau biasa disebut child day care belakangan menjadi alternatif terakhir pasangan orangtua yang super sibuk dan hampir tak ada waktu mengurus buah hati mereka. Sebab, di tempat ini, anak memiliki pengasuh yang akan mengawasi sang anak sejak pagi hingga sore hari.

Meski saat ini banyak tempat penitipan anak (TPA) yang menawarkan fasilitas lengkap plus pendidikan tambahan, tetapi bimbingan orangtua dinilai para pakar tetap jauh lebih bagus. Namun, bila menitipkan anak merupakan langkah terakhir yang harus diambil, orangtua harus tetap memperhatikan serta menyeimbangkan kebutuhan emosional anak.

"Agar anak tetap merasa dekat dengan orangtuanya, jangan sekalipun mengabaikan kebutuhan emosional anak. Dengan begitu akan tercipta hubungan emosional antara keduanya. Sebab, bagaimanapun juga hubungan antara orangtua dan anak berbeda dibandingkan antara anak dengan pengasuh," jelas Agung B Siregar, Psi, Psikolog Kota Batam.

Bantu Anak Menggali Potensi Mereka


MELIHAT anak tumbuh dengan multi talenta sudah pasti menjadi keinginan setiap orangtua. Selain membanggakan, anak juga akan lebih mudah bersaing lantaran memiliki banyak kelebihan yang dapat diandalkan. Tetapi, munculnya bakat dalam diri seseorang ternyata harus digali serta dikembangkan sejak dini.

"Untuk bisa melihat bakat yang dimiliki anak, orangtua harus rajin memberikan rangsangan serta menciptakan berbagai peluang. Dengan begitu, anak bisa bereaksi dan bisa diketahui hasilnya secara bersama-sama," ungkap Rostina Tonggo Morito, Psikolog Batam.

Rangsangan dan peluang yang dimaksud adalah dengan memberi kesempatan anak untuk melakukan segala sesuatu yang sifatnya positif. Misalnya mengajak anak menyanyi, melukis, menari, main musik, atau kegiatan positif lainnya.

Saat Tepat Ambil Cuti

Foto by internet
RASANYA jenuh sekali saat harus memulai hari baru dengan menjalani rutinitas di kantor. Pekerjaan yang sama, ketemu orang yang sama dan bla bla bla yang semuanya memunculkan rasa enggan untuk melangkahkan kaki menuju kantor.

Jika sudah begitu, mengambil cuti merupakan langkah yang paling bijak. Sebab, bagaimana pun juga bila seseorang tetap memaksakan diri untuk bekerja di saat rasa jenuh mendera pekerjaan yang dihasilkan juga tak akan maksimal.

Jangan Biarkan Karir Lumpuh

Grafis by : www.freevector.com 
WAKTU yang berputar telah membuat tahun lama harus bergeser digantikan tahun yang baru. Tapi sayangnya, pergantian tahun kadang tidak selalu diikuti perubahan yang berarti baik perubahan hidup maupun karir seseorang.

Bahkan ada masih yang berpikir, "Tahun boleh berganti tapi karir ya tetap biasa-biasa saja. Jabatan tetap, gaji hanya naik beberapa rupiah, fasilitas karyawan tidak bertambah apalagi tunjangan."

Jika Anda termasuk orang yang mengalami hal itu, sudah saatnya Anda mengevaluasi diri dan karir Anda. Sebab, karir yang stagnan alias tidak bergerak baik ke atas atau ke samping, bisa berujung pada kelumpuhan karir atau Career Paralyse.

"Kelumpuhan karir biasanya dimulai dari rasa ketidakpuasan, kehilangan sumber motivasi hingga kelumpuhan. Dan untuk mencapai tahap kelumpuhan biasanya melewati proses yang cukup panjang,"jelas Rostina Tonggo Morito, Psikolog yang juga HR Consultant PT Tunaskarya Indoswasta Batam.

TIPS Menaklukkan Lingkungan Kerja Penuh Senior

grafis by : www.freevector.com
PINDAH kerja dengan harapan mendapatkan karir yang lebih baik dan menjanjikan kerap dilakukan orang. Bukan saja berharap mendapatkan posisi yang lebih baik, pekerjaan yang menantang, tapi bisa juga berharap memperoleh finansial lebih baik dibanding sebelumnya.

Saat berpindah kerja, terkadang ada hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya. Baik dari sisi lingkungan kerja maupun teman kerja. Hal itu wajar karena setiap perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Lantas bagaimana bila lingkungan kerja yang kita masuki berisi orang-orang dengan usia yang jauh lebih tua dari kita bahkan setara dengan bapak kita dengan masa kerja yang jauh lebih lama? Apa yang harus kita lakukan agar kehadiran kita sebagai anak baru tidak dipandang sepele sebagai efek senioritas?

Mau Minta Naik Gaji? Evaluasi Kinerja Dulu!

foto by internet
MENDAPATKAN kenaikan gaji setelah bekerja keras tentu saja menjadi impian setiap orang. Sebab bagi sebagian orang, kenaikan gaji merupakan satu bentuk reward dari hasil kerjanya. Karenanya tidak mengherankan bila orang akan merasa tidak semangat bekerja bila gaji yang dibayarkan dirasakan tidak sesuai dengan kerja keras yang dirasakan selama ini.

Cara Hadapi Bos yang Suka Mengancam

MENJALANI karir sebagai seorang karyawan tak bisa seenak hati layaknya menjalankan usaha sendiri. Sebab, setiap gerak langkah kita diikat aturan serta atasan sebagai pemimpin dan pengendali proses kerja untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam sebuah lingkungan kerja dengan beragam karakter orang, tak jarang orang yang menjadi atasan kita adalah pribadi yang unik.

Salah satunya adalah tipe arogan dan tempramen yang gemar mengancam atau mengintimidasi bawahan bila tak mau menurut.

Terjebak Konflik Rekan Kerja, Gimana Dong?

LINGKUNGAN kerja tak ubahnya seperti lingkungan sosial lain yang memiliki peluang terjadi konflik. Baik antara atasan dengan bawahan, maupun dengan sesama teman kerja. Sumber konflik pun bisa beragam misalnya masalah pekerjaan seperti upaya saling menjatuhkan demi mendapatkan posisi tertentu, masalah pribadi, dan sebagainya.

Bagi yang berada pada posisi berkonflik dengan rekan sekerja, lingkungan kerja pastinya tidak terlalu nyaman dan kondusif. Itu karena, saat beraktifitas yang bersangkutan harus tetap bersentuhan dengan "musuh" nya.

Sebenarnya, ketidaknyamanan lingkungan kerja tidak saja akan dirasakan pihak yang berkonflik. Sebab, pihak lain yang berada di tengah-tengah orang yang sedang berkonflik juga bisa saja terganggu dalam menjalani pekerjaan.

Lantas, bila ternyata kita berada di antara orang yang berkonflik, misalnya yang berkonflik adalah atasan dengan sahabat dekat sekaligus rekan sekerja, apa yang harus kita lakukan?

Suami Istri Sekantor? Pisahkan Urusan Kerja dan Rumah


PASANGAN suami istri bekerja dalam satu perusahaan atau satu instansi bukan sesuatu yang aneh ditemui. Meski ada perusahaan yang menerapkan larangan pasangan suami istri bekerja dalam satu perusahaan, tapi ada juga perusahaan yang membolehkan hal tersebut.

Sekilas, pasangan suami istri yang bekerja dalam satu perusahaan memang tak akan menimbulkan masalah. Tapi bila tidak dikelola dengan baik, kerjasama tersebut bisa juga memicu masalah. Khususnya terkait profesionalisme kerja dalam hal memisahkan urusan pekerjaan dan urusan pribadi.

"Agar pasangan suami istri bisa tetap menjaga profesionalisme dalam bekerja membutuhkan komitmen kuat dari kedua belah pihak. Caranya adalah dengan membuat kesepakatan dari awal, bahwa suami atau isteri harus bisa memisahkan mana urusan kantor atau pekerjaan dan mana urusan rumah," ungkap Sri Susilowati, Psikolog Batam yang juga Senior Executive HRD PT Batamindo Investment Cakrawala Batam.

14 Mei 2008

Kurang Protein Saat Hamil bisa Sebabkan Anak Cacat

KELAHIRAN seorang bayi mungil tanpa lubang anus, bukan hal baru dan kerap kita dengar lewat media massa. Dan yang bikin miris, kebanyakan malaikat kecil itu terlahir dari kalangan tidak mampu.

Jika dilihat dari fisiknya, sebenarnya mereka memiliki lubang anus layaknya orang normal. Hanya saja, saluran antara anus dan usus tidak tersambung sehingga tak bisa berfungsi normal.

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak Anak

gambar by : www.freevector.com
ASUPAN nutrisi merupakan hal penting yang tidak boleh diremehkan untuk dipenuhi sesuai kebutuhan tubuh khususnya bagi anak yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Tentunya disesuaikan usia maupun aktivitas harian yang dilakukan. Dan kebutuhan akan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

"Makanan merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Yakni dengan mengonsumsi makanan pokok, protein hewani dan nabati, sayur dan buah, susu serta makanan selingan. Semakin bertambah usia anak, kebutuhan nutrisi juga semakin meningkat,"dr Dewi Metta SpA, MKes, dokter spesialis anak RS Awal Bros Batam.

Pentingnya mencukupi asupan nutrisi khususnya bagi anak yang sedang bertumbuh tersebut membuat orangtua tidak boleh menganggap enteng keharusan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi buah hatinya. Itu karena, tidak jarang orangtua hanya "pasrah" meskipun anak hanya mau mengonsumsi susu tanpa diikuti makanan pokok sebagai sumber utama nutrisi.

13 Mei 2008

Tips Memilih Lampu Hias Untuk Mempercantik Rumah


Lampu hias untuk ruangan
MENATA hunian agar terasa lebih hommy dan dan cozy bisa dilakukan dengan banyak hal. Baik itu dari tata ruang atau layout, pemilihan furniture pelengkap yang serasi hingga sentuhan pernak-pernik hunian.

Bukan itu saja, pemberian sentuhan art pada ruangan juga bisa diciptakan melalui sentuhan lighting atau pencahayaan secara tepat.

Ingin Merancang Kamar Tidur Utama? Coba Tips Berikut Ini

Ilustrasi kamar tidur utama
SETELAH seharian beraktivitas, setiap orang pasti ingin melepaskan kepenatan dengan beristirahat di sebuah kamar tidur yang nyaman dan tertata apik.

Sehingga tak mengherankan bila kamar tidur utama menjadi bagian dari hunian yang pantas mendapatkan perhatian spesial.

Jangan Hidupkan AC dan Mesin saat Mobil Parkir

GAS carbon monoxida (CO) merupakan gas berbahaya yang mematikan dan harus diwaspadai. Itu karena, gas ini tidak berbau dan berwarna. Sehingga, kebanyakan orang yang menghirup gas ini cenderung tidak menyadari adanya bahaya yang sedang mengancam jiwa.

Dari sejumlah kasus, kematian orang akibat gas CO terjadi di dalam mobil yakni akibat kebocoran freon AC mobil.

Menurut dr Sahat Siahaan, Kepala Rumah Sakit Santa Elizabeth Batam, gas ini tidak memunculkan efek sesak nafas pada orang yang menghirupnya. Sebaliknya, orang justru akan merasa senang serta mengalami euforia.

Dan setelah gas yang terhirup tersebut mencapai otak, korban akan merasa mengantuk layaknya orang yang terbius. Selanjutnya, gas CO bakal meracuni tubuh korban hingga akhirnya korban meninggal akibat kekurangan oksigen.

12 Mei 2008

Terapkan Toilet Trainning Sebelum Usia Pra Sekolah

SAAT memiliki anak balita seseorang pasti sudah tidak kaget dengan aktivitas buang air kecil dan buang air besar (BAB) yang tidak terkontrol. Meskipun saat ini cukup banyak pilihan diapers sebagai pengganti popok, bukan berarti orangtua akan merasa lega dan jauh dari rasa khawatir.

Sebab, bagaimanapun juga si kecil pasti harus belajar untuk menggunakan toilet sebagaimana orang dewasa. Dan jika penggunaan toilet ini tidak diajarkan pada anak, dikhawatirkan hingga memasuki usia sekolah, anak akan terbiasa membuang kotoran di sembarang tempat.

Lantas, sebenarnya kapan waktu yang tepat bagi anak untuk bisa menjalani latihan menggunakan toilet atau toilet trainning?

"Meski sebenarnya bisa diajarkan sejak dini, tetapi toilet trainning sebaiknya diajarkan saat anak sudah memiliki kesiapan. Dan hal tersebut bisa dilihat ketika anak merasakan ingin buang air kecil atau buang air besar," ungkap Evy Rakryani, Psikolog Anak Batam.

Bila anak sudah siap, biasanya anak akan memberikan jeda waktu sebelum buang air besar atau kecil dengan cara berdiam diri dan mengejan. Jika sudah begitu, artinya anak sudah siap untuk diajarkan menggunakan toilet.

Sendi Rusak Bisa Diganti yang Baru

NYERI pada sendi lutut merupakan satu hal yang sangat mengganggu. Bukan saja menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan, aktivitas sehari-hari pun akan terganggu. Apalagi, rasa nyeri yang biasa terjadi pada organ ini akan tetap terasa meski penderitanya sedang istirahat.

Selain nyeri, masalah lutut yang sering dijumpai antara lain osteoarthritis (pengapuran), rheumatoid arthritis dan kelainan degeneratif (penuaan) lainnya. Dan derita sendi lutut tersebut bisa diringankan melalui operasi penggantian sendi lutut atau total knee arthroplasty.

"Operasi penggantian sendi lutut dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan mengembalikan fungsi sendi yang sudah rusak. Saat penggantian sendi, tulang dan tulang rawan yang sudah rusak akan dibuang dan digantikan dengan sendi buatan (prosthesis) yang terbuat dari metal alloy, plastik yang sangat kuat dan polymer," jelas dr. Suluh B Fizuhri SpOT, dokter spesialis bedah ortophedi RS Awal Bros Batam.

Operasi penggantian sendi lutut itu sendiri pertama kali dilakukan tahun 1950 dengan sendi buatan yang masih sederhana. Pada saat ini, terdapat lebih dari 300.000 operasi penggantian sendi lutut yang dilakukan setiap tahunnya di seluruh dunia.

Jangan Paksa Anak Membaca Sebelum Waktunya

SETIAP orangtua pasti akan bangga memiliki anak bawah tiga tahun (batita) sudah lancar membaca buku atau koran. Sebab, dengan modal kemampuan tersebut diharapkan anak bisa lebih mudah bersaing di masa mendatang.

Hanya saja, terkadang banyak orangtua yang cenderung memaksa anak untuk cepat belajar membaca, menulis bahkan berhitung sebelum anak siap secara fisik dan mental. Jika sudah begitu biasanya bukan kepandaian yang ditunjukkan anak tapi justru rasa trauma.

"Sekarang ini ada kecenderungan orangtua lebih cepat mengajarkan membaca dan menulis pada anak. Dengan harapan anak sudah siap saat masuk sekolah dasar. Hal ini sah-sah saja jika memang anak telah siap dan dilakukan dengan cara yang benar," jelas Evy Rakryani, Psikolog anak kota Batam.

Namun yang patut diingat oleh orangtua adalah jangan pernah memaksa anak untuk duduk diam mempelajari berbagai materi yang diinginkan orangtua. Sebab, tindakan ini akan membuat anak trauma dan biasanya anak justru menolak untuk belajar.

"Tugas orangtua hanya memberikan stimulasi pada anak. Stimulasi seperti mengenalkan huruf, angka, bisa dilakukan sejak dini tapi tak boleh dipaksakan. Apakah anak akan merespon orangtua atau tidak saat mengenalkan huruf dan angka hal itu mutlak hak anak," jelasnya.

Jika anak merespon berarti anak memiliki minat dan siap belajar. Namun bila anak tak merespon berarti belum ada minat dari anak atau belum saatnya anak untuk belajar. Proses stimulasi yang diberikan juga harus bersifat ringan. Misalnya dengan pengenalan lewat lagu atau menyanyi bersama.

"Orangtua tak boleh marah jika anak tidak memberikan perhatian saat orangtua mengenalkan huruf. Karenanya agar anak memberi perhatian pilihlah momen yang paling tepat di mana anak memang tidak sedang memperhatikan hal lain," jelas Evy.

Sebenarnya pemberian stimulasi sudah bisa dilakukan sejak anak dalam kandungan yakni dengan membacakan cerita. Setelah anak lahir, pembacaan cerita bisa tetap dilanjutkan dengan ditambahi pengenalan huruf atau angka bila anak sudah siap yakni sekitar umur dua tahun.

Lantas, apa sebenarnya tanda-tanda anak siap untuk belajar? Menurut Evy, kesiapan anak bisa dilihat jika anak sudah bisa duduk diam atau tidak banyak berlarian dan bergerak. Tanda lainnya adalah anak merespon ketika diberikan stimulasi.

"Saat mulai mengenalkan huruf mulailah dengan huruf kecil bukan huruf kapital. Hal ini dimaksudkan karena ada empat huruf yang harus dibedakan anak. Yakni b,d,p, dan q. Keempat huruf ini memiliki bentuk yang hampir mirip dan dibolak-balik. (*)

Empati Anak Penting untuk Ditumbuhkan

children vector by freevector.com
SECARA alamiah setiap orang pasti memiliki rasa egois serta keinginan mementingkan diri sendiri. Hal itu manusiawi dan wajar sepanjang rasa egois tidak berlebihan tertanam dalam diri seseorang atau bahkan merugikan orang lain.

Namun, sebenarnya rasa mementingkan diri sendiri yang dimiliki setiap orang tersebut, dapat diolah sedemikian rupa agar bisa dikendalikan sehingga seseorang memiliki rasa kepedulian atau empati pada orang lain.

"Untuk bisa memunculkan rasa peduli atau empati pada orang lain harus dilakukan sejak dini atau sejak masa kanak-kanak. Dan keberadaan rasa peduli ini tak bisa muncul sendiri tapi harus terus dipupuk," jelas Evy Rakyani, Psikolog anak Kota Batam.

Lomba Blog Bango di ajang FJB 2008

"Lomba Blog Bango" ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang memiliki blog, sebagai bentuk apresiasi dari Bango kepada para blogger dalam ikut serta mengangkat citra aneka makanan tradisional khas Nusantara warisan nenek moyang kita dan mempromosikan wisata kuliner melalui media weblog di internet. Untuk itu, Bango mengundang rekan-rekan blogger berpartisipasi dalam lomba penulisan secara online ini.

Tema

"Bango Blogger Contest" yang bersemangatkan citizen journalism (jurnalisme warga) tersebut kali ini mengangkat tema "Bernostalgia Kuliner di Festival Jajanan Bango, Merayakan 80 Tahun Bango", dan terbuka untuk diikuti oleh para blogger dimana saja berada.

Ulasan di blog menggambarkan pengalaman yang penuh nostalgia saat menikmati aneka kuliner khas Nusantara dalam kegiatan yang rutin digelar oleh Bango, yaitu "Festival Jajanan Bango", di tengah kemeriahan perayaan 80 Tahun Bango.

Hadiah

Hadiah untuk para pemenang Lomba Blog Bango:

Juara 1

Uang tunai senilai Rp 8,000,000 + Cinderamata Bango + Piagam


Juara 2

Uang tunai senilai Rp 6,000,000+ Cinderamata Bango + Piagam


Juara 3

Uang tunai senilai Rp 3,000,000+ Cinderamata Bango + Piagam


Juara Harapan

Sebanyak 3 orang pemenang, masing-masing mendapat hadiah uang tunai senilai Rp 1,000,000+ Cinderamata Bango + Piagam



Kriteria lomba

. Untuk dapat mengikuti lomba ini, silakan Anda kunjungi acara "FJB 2008". Pilih salah satu kota terdekat dimana Anda kini bermukim: Surabaya, Bandung, atau Jakarta. Anda juga dapat mengunjungi gerai/warung/ rumah makan penyaji masakan tradisional yang terpilih sebagai Duta Bango di kota Bogor, Solo, Yogyakarta, Medan, Malang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

. Saat tiba di lokasi dimana ajang FJB digelar, daftarkan diri Anda di tenda "Media Center". Khusus untuk peserta lomba antar blogger, meja pendaftaran dibuka mulai pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB. Bagi Anda yang berhalangan hadir di FJB, dapat mengirimkan formulir pendaftaran keikutsertaan lomba melalui email. Untuk pendaftaran peserta tidak dipungut biaya apapun.

. Materi yang diikutsertakan dalam lomba berkaitan dengan acara "Festival Jajanan Bango" (FJB), dimana isi blog yang Anda tuliskan menggambarkan suasana kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh Bango tersebut. Tulisan dikaitkan dengan pentingnya upaya melestarikan kuliner Nusantara warisan nenek moyang kita.

. Isi blog mengkomunikasikan acara yang digelar oleh Bango dalam penyajian yang menarik, dengan gaya penulisan hendaknya mengikuti kaidah jurnalistik dan disarankan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila ada istilah-istilah Bahasa Daerah setempat, cantumkan pula terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

. Mengingat tema lomba tahun ini terkait dengan wisata kuliner, paparkan kondisi pariwisata secara umum serta geliat wisata kuliner di daerah Anda masing-masing untuk memperkaya ilustrasi tulisan Anda.

. Anda dapat mengikutsertakan lebih dari 1 artikel untuk lomba ngeblog ini.

. Tulisan karya Anda yang akan dinilai oleh Dewan Juri adalah yang tayang di blog sebelum 1 Juli 2008 (khusus FJB Surabaya), sebelum 1 Agustus 2008 (khusus FJB Bandung), dan sebelum 1 Oktober 2008 (khusus FJB Jakarta).

. Keputusan Dewan Juri tak dapat diganggu gugat



Jadwal Pelaksanaan FJB 2008


Surabaya: Sabtu, 10 Mei 2008 di Stadion Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk (samping Sutos - Surabaya Town Square), digelar mulai pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB.


Bandung: jadwal dan lokasi menyusul


Jakarta: jadwal dan lokasi menyusul


Duta Bango

Para Duta Bango yang terpilih mewakili kotanya untuk ikut serta dalam FJB 2008 yang digelar di 3 kota adalah:

- Ketoprak Ciragil mewakili Jakarta, DKI

- Nasi Bug Trunojoyo mewakili Malang, Jawa Timur

- Nasi Gudeg RM Adem Ayem mewakili Yogyakarta, DIY

- Tengkleng Bu Edi mewakili Surakarta (Solo), Jawa Tengah

- Kupat Tahu Gempol mewakili Bandung, Jawa Barat

- Soto Udang RM Rinaldy mewakili Medan, Sumatra Utara

- Tutug Oncom Sangu Kiray mewakili Bogor, Jawa Barat

- Coto Makassar Daeng Muchtar asal Makassar

- Rawon Nguling mewakili Surabaya, Jawa Timur



Dewan Juri:

Internal PT Unilever Indonesia, Tbk serta wakil dari Mindshare, Lowe Worldwide dan BizzComm!

Keikutsertaan lomba

Kirimkan karya Anda yang sudah tayang di blog berupa print out berwarna (bukan fotokopi), internet link (URL address), plus data peserta lomba (nama, nomor telepon/HP, e-mail dan alamat lengkap) dan lampirkan kartu nama serta foto copy KTP, tujukan ke:

Erni Utami Yamin

BizzComm!

Jl. Seno Lama no 26,

Pejaten Timur, Jakarta Selatan 12510

E-mail: festivaljajananbang o@yahoo.com


Mohon lampirkan foto copy KTP dan kartu nama (bilamana ada).


Pengumuman pemenang lomba


Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2008 di Jakarta.


Dikutip dari Milis Mediacare

Ajari Anak Cara Menyayangi Binatang

foto : freepik.com
MENGAJARKAN kasih sayang terhadap sesama seyogyanya tidak hanya difokuskan pada menyayangi antar sesama manusia. Sebab, di dunia ini ada juga makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan yang juga perlu disayangi.

Bagi keluarga yang memiliki binatang peliharan, cara mengajarkan anak tentang bagaimana menyayangi binatang bisa lebih mudah dilakukan.

Sebab, orangtua bisa langsung memperlihatkan bagaimana cara memperlakukan binatang peliharaan.

"Anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Sehingga, orangtua harus rajin membimbing anak untuk mengenal watak dan karakter binatang jinak yang menjadi peliharaan di rumah,"kata Evy Rakryani, Psikolog Anak Kota Batam.

Saat anak tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait bagaimana cara memperlakukan binatang, anak cenderung menggunakan cara mereka sendiri untuk berinteraksi dengan binatang peliharaan. Misalnya menarik ekor, menarik kuping, menjambak bulu, dan sebagainya.

Jangan Marahi Anak Saat Mereka Bersalah

ULAH anak yang kadang membuat kesal memang selalu menguji kesabaran para orangtua. Apalagi bila buah hati merupakan tipe anak yang cenderung sulit untuk diarahkan. Meski sudah diberi penjelasan berkali-kali tetap saja anak melakukan hal yang dilarang oleh orangtuanya.

Namun, sebagai orangtua tentu saja tidak dibenarkan memarahi anak secara membabi buta apalagi disertai agresi seperti memukul maupun mencubit. Selain hasilnya tidak efektif, anakpun justru berpotensi meniru perbuatan orangtua yakni melakukan tindakan agresi.

"Untuk mengarahkan anak agar tidak melakukan kesalahan tidak harus dilakukan dengan kemarahan. Meski harus diakui kondisi orangtua memang jarang berada dalam posisi emosi yang stabil dan bisa terus bersikap baik,"terang Evy Rakryani, Psikolog kota Batam.

Uang Saku Sebaiknya tak Diberikan Harian

Ilustrasi uang saku. Foto by: RUMAH BUNGA NEISHA
MEMBERIKAN uang saku pada anak merupakan hal yang umum dan wajar dilakukan orangtua terutama saat anak memasuki bangku sekolah. Bahkan, tidak jarang orangtua sudah mulai memberi uang saku begitu anak mengenal uang.

Namun, bila anak tidak dibiasakan mengelola uang saku dengan benar, dikhawatirkan anak akan menjadi pribadi yang konsumtif. Sehingga, peran orangtua dalam membantu anak mengelola uang saku mutlak diperlukan.

"Setelah anak menerima uang saku, orangtua bisa memotivasi mereka dengan menanyakan rencana yang telah dibuat terhadap uang tersebut. Berapa uang yang akan dibelanjakan, berapa yang akan ditabung, dan sebagainya," ungkap Bibiana Dyah Sucahyani, Psikolog kota Batam.

10 Mei 2008

Jangan Abaikan Anggaran Sosial

foto by internet
SEBAGAI makhluk sosial, keinginan bersosialisasi dan bergaul dengan orang lain perlu dilakukan guna menjalin keakraban dengan sesama. Dan tidak jarang proses sosialisasi tersebut memerlukan perekatan melalui keterlibatan seseorang dalam berbagai kegiatan berbau sosial.

Misalnya saja berpartisipasi menyumbang sejumlah uang untuk membayar iuran RT, menyumbang pembangunan masjid, hingga harus memenuhi undangan tetangga yang sedang memiliki hajatan. Baik pernikahan, menyambut kelahiran anak atau memenuhi undangan ulang tahun anak tetangga.

Aqiqah tak Perlu Mewah


Foto: Ilustrasi/Internet
BAGI umat muslim, menggelar aqiqah sebagai bentuk rasa syukur setelah mendapatkan momongan bukanlah sesuatu yang aneh. Sebab, bersedekah pada hari ke tujuh kelahiran anak dengan dua ekor kambing jika lelaki dan seekor kambing jika perempuan tersebut merupakan ajaran agama yang hukumnya sunah muakad.

"Sunnah muakad merupakan sunah yang dituntut tapi bukan sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Sehingga, aqiqah hukumnya tidak wajib sama seperti ber-qurban," jelas Asyari Abbas, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepri.

Beli Mobil Baru, Penting Kah?

foto by internet
SIAPA sih yang tidak ingin memiliki mobil pribadi dan mengendarainya saat bepergian? Tak hanya akan terhindar dari panas dan hujan, mobil pribadi juga akan memberikan kenyamanan bagi pemiliknya.

Namun, saat seseorang akan mengambil keputusan apakah akan membeli mobil atau tidak, ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Termasuk dari aspek finansial. Sebab, meskipun proses jual beli mobil tak serumit membeli rumah, tapi pembelian mobil ternyata memerlukan kejelian dan perhitungan matang.

Beli Barang Bermerek tak Harus Edisi Terbaru

MENGGUNAKAN barang bermerek harus diakui bisa memberikan kesan berbeda pada penampilan seseorang. Selain faktor kenyamanan dan kepuasan menggunakan barang berkualitas tinggi, barang bermerek biasanya identik dengan prestise seseorang di lingkungan sosialnya.

Karenanya tak mengherankan bila harga barang dengan merek-merek tertentu khususnya merek internasional bisa merogok kocek seseorang hingga cukup dalam.

Bagi yang memiliki uang banyak, tentu saja tidak masalah untuk mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi seleranya dengan barang-barang berkelas. Namun bukan berarti orang yang biasa-biasa saja tidak bisa memiliki barang bermerek loh. Soalnya, yang dibutuhkan adalah smart atau pintar dalam berbelanja.

Biaya Persalinan Penting untuk Direncanakan

foto by internet
MEMILIKI momongan pasti menjadi keinginan hampir setiap pasangan suami istri. Karenanya begitu dokter menyatakan istri sedang berbadan dua, pasangan suami istri biasanya akan langsung merasa sangat gembira. Bahkan, saking gembiranya pasangan suami istri langsung "kalap" mempersiapkan aneka perlengkapan bayi.

"Tidak sedikit pasangan suami istri yang sedang menanti kehadiran buah hati akan langsung over komsumtif dengan membeli perlengkapan bayi sesaat setelah mengetahui istri sedang hamil. Hal itu wajar karena orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya terutama anak pertama," ungkap Lusiana Yuniastanti, Praktisi Keuangan Kota Batam.

09 Mei 2008

Lindungi Kulit dengan Sunblock SPF 30

foto by internet
MASA remaja adalah masa yang penuh aksi coba-coba dan eksperimen. Termasuk dalam hal kecantikan. Mulai coba-coba treatment yang sebenarnya belum waktunya bagi para remaja ato coba berbagai jenis kosmetik.

Nah, kalo kamu tipe cewek yang hobi bereksperimen ama kulit wajah dan kulit tubuh kamu, kayaknya kamu kudu mempertimbangkannya lagi deh. Soalnya, kalo salah perawatan atau bahkan kosmetik akibatnya bisa berabe. Mulai penuaan dini ampe kerusakan kulit.

08 Mei 2008

Hipotiroid Bawaan bisa Sebabkan Tubuh Kerdil

BAHAGIA dan lega rasanya ketika buah hati lahir dengan selamat. Rasa khawatir selama masa kehamilan telah berlalu.

Apalagi, bila secara fisik buah hati terlahir sempurna. Namun, kelegaan orangtua tersebut tetap saja menyisakan tanya.

Apakah nanti bayinya bisa tumbuh secara sehat dan sempurna?

Pertanyaan itu wajar mengingat belakangan ini berita tentang pertumbuhan anak yang tidak sempurna atau abnormal kerap menghiasi pemberitaan media massa. Baik pertumbuhan secara fisik maupun perkembangan mental.

Gangguan pertumbuhan fisik biasanya terlihat pada kondisi dimana anak tak bisa tumbuh maksimal yang akhirnya menjadi kerdil. Sementara gangguan perkembangan mental berdampak pada terjadinya keterbelakangan mental.

Hindari Stres Selama Kehamilan


NGIDAM merupakan satu kata yang sangat identik dengan wanita hamil.

Meski tidak semua calon ibu mengalami kondisi tersebut, tetapi tidak sedikit pula yang tiba-tiba menginginkan hal-hal aneh mulai dari makan, minum, atau bahkan melakukan sesuatu di luar nalar.

Dalam dunia kedokteran sendiri tidak dikenal istilah ngidam. Jika seorang perempuan merasakan berbagai macam keadaan yang tidak menyenangkan atau bukan kebiasaannya selama ini, itu sesuatu yang amat wajar. Dalam istilah kesehatan, hal itu disebut Emesis graridarum.

Wujud yang paling umum muncul dari keadaan perubahan hormonal pada perempuan hamil itu adalah rasa mual sampai muntah-muntah, mengantuk, malas bergerak, hingga ke hal-hal yang tidak biasa seperti mengidam.

Konseling Pra Nikah Penting Lho....

Konseling pra nikah penting untuk dilakukan. Foto by www.freepik.com
ANAK merupakan impian setiap pasangan yang menikah. Selain untuk meneruskan keturunan, buah hati diharapkan bisa menjadi kebanggaan kelak di kemudian hari. Tetapi, tidak semua pasangan beruntung dan mendapatkan apa yang mereka idamkan.

Untuk menghindari kegagalan dalam mendapatkan keturunan, saat ini berbagai usaha bisa dilakukan. Bahkan, sejumlah dokter juga menyediakan layanan konsultasi bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Marriage Counseling --konseling menjelang pernikahan-- misalnya.

Rangkaian konsultasi yang berisi tanya jawab serta pemeriksaan fisik ini diyakini bisa mendeteksi secara dini bila seseorang mengalami kelainan atau tidak subur. Agar bisa terdeteksi semuanya, konseling harus dilakukan pada kedua pasangan.

"Pada prinsipnya konseling ini dilakukan untuk mencari cara penyembuhan sejak dini bila ternyata satu di antara pasangan atau bahkan keduanya tidak subur atau infertil. Jadi, minimal konsultasi dilakukan tiga atau enam bulan sebelum hari pernikahan," kata dr M Saman SpOG, Spesialis Kebidanan dan penyakit Kandungan RS Santa Elizabeth.

Mutasi Genetik Bisa Sebabkan Hemofilia

HEMOFILIA atau yang biasa disebut kelainan darah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi atau kekurangan salah salah satu protein yang sangat diperlukan dalam proses pembekuan darah. Protein ini disebut faktor pembekuan darah.

Kekurangan faktor pembekuan darah tersebut mengakibatkan penderitanya akan mengalami pendarahan yang sulit berhenti, lebam-lebam, nyeri sendi dan otot akibat pendarahan yang terjadi.

Hemofilia merupakan penyakit yang diturunkan yakni diturunkan melalui kromosom X secara resesif. Karenanya tak mengherankan bila penyakit ini lebih sering diderita oleh anak laki-laki. Kalaupun ada anak wanita yang terkena biasanya jumlahnya sedikit dan bersifat carier atau pembawa.

"Selain penyakit keturunan, hemofilia bisa juga akibat mutasi genetik. Sehingga, seseorang bisa terkena penyakit ini walau dalam riwayat keluarga tidak ditemukan ada yang menderita hemofilia. Untuk hemofilia jenis ini biasa disebut sporadik hemofilia. Kasus ini menimpa sekitar 30 persen dari penderita," ungkap dr Retno M Laila SpA, dokter spesialis anak Klinik Spesialis Griya Medika Batam.

Penderita Infertilitas Juga Bisa Punya Keturunan


KEHADIRAN buah hati sudah pasti menjadi dambaan setiap pasangan suami istri. Sebab, keberadaan anak bukan saja hanya akan berperan sebagai penerus garis keturunan tetapi juga bakal menjadi pengisi hari-hari agar menjadi lebih ceria.

Hanya saja, setelah terjadinya pernikahan, tidak semua pasangan akan langsung mendapatkan anugerah berupa kehadiran buah hati. Karenanya tak mengherankan bila rasa resah akan langsung mendera pasangan yang tak kunjung dikaruniai anak meskipun sudah menikah lebih dari satu tahun dan selalu melakukan hubungan intim secara intens.

Munculnya gangguan mendapatkan keturunan pada pasangan yang telah menikah satu tahun atau lebih itu biasa disebut infertilitas atau kekurangmampuan pasangan untuk menghasilkan keturunan.

Infertilitas itu sendiri sebenarnya masih terbagi menjadi dua jenis yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Infertilitas primer adalah suatu keadaan di mana pasangan yang telah lama menikah belum memiliki anak. Sedangkan infertilitas sekunder adalah keadaan di mana pasangan telah memiliki anak namun tak lagi dikaruniai anak dalam waktu yang lama.

03 Mei 2008

Waspadai Kanker Payudara

vector : freepik.com
KANKER payudara merupakan kanker yang juga menjadi momok dan pembunuh yang cukup ganas.

Bahkan untuk tingkat dunia, kanker ini pembunuh wanita nomor wahid yang meninggal akibat kanker. Sementara di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah kanker serviks.

Tak ubahnya seperti kanker lain yang tak diketahui penyebabnya secara pasti, kanker ini juga bisa menimpa siapa saja.

Termasuk kaum lelaki. Meskipun presentasinya tidak terlalu besar dibandingkan penderita perempuan yakni hanya 1 dari 1.000 laki-laki.

Kanker payudara (Carcinoma mammae) itu sendiri merupakan suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh World Health Organization (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD).

OSAS Bisa Ganggu Perkembangan Anak

vector : freepik.com
MENDENGKUR tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja. Sebab, anak-anak juga bisa mengalami kondisi tersebut.

Dan bagi orangtua yang mendapati anaknya mendengkur saat tidur, sebaiknya lebih waspada. Sebab, bisa jadi dengkuran anak tersebut merupakan satu pertanda adanya OSAS.

OSAS atau obstructive sleep apneu syndrom merupakan kumpulan gejala berupa apneu (tidak bernapas) atau hipopnea (kurang bernapas) pada saat tidur.

OSAS lebih sering terjadi pada orang dewasa dibanding anak-anak.

Kebiasaan mendengkur dapat terjadi pada sekitar tujuh hingga sembilan persen anak pra sekolah dan usia sekolah. Kejadian tersering pada usia tiga hingga enam tahun. Sebab, usia ini sering terjadi pembesaran amandel.

Dilihat dari bahayanya, OSAS bisa mengakibatkan berkurangnya oksigen ke otak secara kronis, tidur tidak nyenyak, dan darah yang menjadi asam akibat OSAS menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Waspadai Peradangan Amandel

PERADANGAN amandel merupakan hal yang kerap dikeluhkan anak-anak. Meskipun ada juga orang dewasa yang mengalaminya. Terutama bila orang bersangkutan memiliki kekebalan tubuh yang kurang bagus.

Jika ditinjau secara medis, amandel itu sendiri merupakan kumpulan jaringan limfoid yang berfungsi mempertahankan kekebalan tubuh. Secara anatomi, amandel jumlahnya ada lima buah. Yakni dua berada di kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut, dua lainnya berada di bawah lidah dan satu lagi berada di hidung.

Tapi seiring pertambahan usia, amandel di hidung akan mengecil yakni ketika usia seseorang sekitar 12 tahun. Itu karena amandel sebagai jaringan limfoid tak lagi memberikan manfaat bagi tubuh.

Suara Maksimal dengan Audio SQ

PUNYA mobil kayaknya terasa kurang kalo tak dilengkapi piranti audio. Apalagi, bila peran mobil bagi youngsters adalah "rumah" kedua. Sudah pasti keberadaan audio bisa ngebangkitin mood atau ngilangin stress selama berada dalam mobil.

Bicara soal audio mobil, banyak hal yang bisa digali dari situ. Mulai kualitas suara yang didapetin sampe "kosmetik" atawa polesan dari tampilan fisik audio itu sendiri. Dan yang paling asik lagi adalah ngegabungin antara kualitas suara dan tampilan fisik yang oke punya. Hasilnya ya, audio dengan kualitas super plus tampilan oke.

Hanya saja, mengingat untuk membangun sebuah audio yang punya kualitas suara dan tampilan yang oke butuh modal yang tidak sedikit, tak jarang orang lebih memilih salah satunya saja.

Misalnya enggak terlalu mentingin tampilan fisik karena yang paling penting adalah kualitas suara oke. Tapi ada juga yang mentingin kosmetik yang "wah" dan menomorduakan urusan kualitas suara audio.

Nah, kalo kamu-kamu tipe orang yang mementingkan kualitas suara, kamu pasti tahu dong harus pake aliran apa waktu pilih audio mobil. Yup.... kamu bisa pilih aliran SQ alias sound quality. Soalnya, aliran yang satu ini emang memprioritaskan kualitas suara yang oke punya. Meski begitu, bukan berarti tampilannya enggak bisa keliatan chic dan menarik loh.

Itu karena, kamu bisa tetap nambahin kosmetik alias pemanis biar tampilan audio kamu keliatan lebih menarik. Misalnya aja kamu-kamu bisa main fiber, acrylic atau bisa juga main di lampu. Bisa tetap diatur kan?

"Bagi yang tahu audio biasanya akan berprinsip kalo kualitas suara tak bisa ditawar-tawar. Dan hal itu bisa didapetin dari audio beraliran SQ,"terang Pak Erwin, pemilik WBM Motor Sport Jalan Duyung, Kompleks Ramada Indah Blok G No 3-5 Batam.

Perlu youngsters tahu, kalo audio dengan aliran SQ punya kualitas yang enggak perlu diragukan lagi. Mulai suara yang jernih sampai bass yang punya suara rendah bagus. Audio SQ juga punya speaker yang bakal ngeluarin suara yang nggak nyerang telinga dan bikin telinga stress waktu ngedenger suara yang keluar dari speaker.

Selain punya kualitas suara yang jernih, SQ juga punya model yang minimalis loh. Minimalis disini artinya punya bentuk yang simpel banget. Meski simpel tapi kualitas suara yang ditampilin maksimal banget. Itulah kenapa kamu-kamu yang emang mentingin kualitas suara dari sebuah audio, harus pilih SQ sebagai aliran audio kamu. (*)



Tambahkan Peredam di Seluruh Bodi

UNTUK bisa menghasilkan suara keren dari audio kamu, ada hal penting yang enggak boleh kamu abaikan. Yakni penambahan peredam suara. Soalnya keberadaan peredam bakal nentuin kualitas suara yang keluar dari audio kamu.

"Peredam itu sendiri bertujuan menekan vibrasi atau getaran saat musik dimainkan. Karena bila ada ruang kosong dalam mobil akibat tidak diberi peredam, frekuensi suara akan memantul yang berpotensi memunculkan noise. Akibatnya, suara bass enggak bersih dan efek pemantulan itu bakal bikin suara audio jadi kurang enak di telinga,"jelas Pak Erwin.

Jika tatanan ruang sebuah audio sistem dilakukan secara benar, suara penyanyi akan terdengar dari dashboard yang bisa diidentikkan sebagai "panggung". Sementara pemain musik seperti bass, gitar, maupun alat musik lainnya ada di area detth atau area belakang "panggung".

Artinya, jika suara yang kamu dengerin dari sistem audio kamu enggak seperti gambaran di atas, berarti ada yang salah terutama masalah peredaman. Itulah kenapa kamu-kamu enggak boleh meremehkan keberadaan peredam saat membangun audio mobil.

Mengenai cara pemasangan peredam itu sendiri bisa dilakukan di seluruh bodi mobil. Baik di area pintu, plafon, atau bahkan bagasi mobil. Semakin bagus sistem peredaman yang dibangun, maka suara yang akan dihasilkan audio mobil akan semakin bagus pula. (*)



Jangan Abaikan Ukuran dan Material Box

BOX atau kotak subwoofer adalah hal penting lain yang juga kudu kamu perhatiin. Itu karena masing-masing subwoofer dari berbagai merek punya ukuran yang berbeda-beda. Sehingga, ukuran box atau kotak yang dibutuhkan pastinya juga beda dong.

Perbedaan ukuran subwoofer itulah yang membuat ukuran kotak harus diperhitungkan secara cermat dan enggak bisa dikira-kira. Misalnya aja untuk subwoofer 10 inchi, kotak yang dibutuhkan adalah sekitar satu hingga 1,2 kubik. Meski ada patokan awal sesuai standar, tapi dalam pembuatan sebuah kotak akan tetap membutuhkan perhitungan secara detail.

Sebab, bila terjadi kesalahan efeknya langsung pada hasil suara. Sebut saja, pembuatan kotak terlalu kecil. Kondisi ini akan membuat subwoofer yang seharusnya bisa sampe ke frekuensi bawah, karena box-nya kekecilan suara enggak sampe frekuensi tersebut.
Sebaliknya, kalo kotaknya kegedean, akan butuh tempat yang lumayan luas sehingga bisa membuat ruangan lebih sempit.

Tidak saja masalah ukuran kotak yang dibutuhkan untuk "membungkus" subwoofer, pemilihan material box juga enggak boleh diabaikan loh. Karena ini ada hubungannya ama kualitas suara yang dihasilin ama audio kamu.

Rumusnya, semakin solid material yang kamu pilih, maka akan semakin solid juga suara yang bakal terdengar di telinga. Dan jika memungkinkan, sebaiknya kamu-kamu pilih kayu sebagai material dasar box subwoofer kamu. (*)



Up Grade Saat Perangkat Lama Nggak Respon

BAGI kamu-kamu yang suka ngerasa bosen dan ngerasa sistem audio yang lama enggak bisa merespon keinginan kamu, tak perlu khawatir. Soalnya, kamu masih bisa ngatasi masalah perubahan selera itu dengan melakukan up grade audio lama dengan yang baru.

Upgrade itu sendiri bisa dilakuin dengan banyak cara. Itu karena setiap unit pendukung audio sistem kamu bisa ditingkatin kualitasnya seiring perkembangan teknologi dan tentunya perubahan selera konsumennya.

Head unit misalnya. Unit yang satu ini punya pengaruh yang kuat untuk kualitas suara audio kamu. Jadi, semakin bagus head unit yang kamu pilih secara otomatis akan semakin bagus juga kualitas suara yang bakal kamu nikmatin.

Bukan saja head unit, speaker, power, subwoofer atau bahkan passive cross over bisa juga diubah sesuai selera konsumen atau perkembangan teknologi. Dengan adanya up grade tersebut, suara yang awalnya enggak terlalu kuat atau terasa kurang "tenaga" akan bisa lebih bagus.

Dalam proses upgrade itu nantinya akan dipilah dan dipilih mana aja bagian yang masih bisa dipake atau enggak bisa dipake. Atau bisa juga dilakukan penambahan sesuai keinginan konsumen. Yang paling penting youngsters, membangun sebuah audio itu layaknya proses memasak. Hasil yang bisa dinikmati juga ditentuin ama kemampuan koki sebagai juru masak. Jadi jangan sampe salah pilih "koki" untuk meracik audio kamu ya! (*)



Modifikasi dengan SQPL

PENGEN punya audio mobil dengan suara bass keras tapi suara speaker jernih dan halus. Atau hari ini pengen pake audio SQ tapi bulan depan pengen aliran SPL (sound pressure level). Gimana ya?

Gampang banget youngsters, untuk bisa nikmati keunggulan antara dua aliran itu kamu-kamu bisa modifikasi audio kamu jadi aliran SQPL. Meski dua aliran tersebut punya karakter yang beda dan "enggak mungkin" untuk digabung secara maksimal, tapi bukan berarti kamu enggak bisa bereksperimen dengan dua aliran ini loh.

Misalnya aja kamu bisa nambahin subwoofer lagi untuk memberikan efek beda pada hasil suara audio kamu. Selain itu, modifikasi bisa juga "main " di passive cross over atau pemilah frekuensi. Keberadaan passive cross over ini bisa jadi pemilah frekuensi sesuai keinginan kamu. (*)

Dukungan Keluarga Hindarkan Ibu Terkena Baby Blues Syndrome

Dukungan keluarga bisa menghindarkan ibu dari baby blues sydrome
MELAHIRKAN bayi mungil seharusnya menjadi momen yang membahagiakan dan menyenangkan.

Sebab, kehadiran malaikat kecil yang menjadi anggota baru pastinya akan memberikan kebahagiaan serta rasa lengkap pada keluarga yang sudah ada.

Namun, tidak semua wanita yang habis melahirkan mengalami hal tersebut. Sebab, hampir 50 persen wanita yang baru melahirkan harus mengalami depresi pasca persalinan atau baby blues syndrome.

Umumnya, depresi pasca melahirkan terjadi pada 14 hari pertama setelah melahirkan dan cenderung lebih buruk setelah hari ketiga dan keempat.

Kebanyakan Pengawet dan Pewarna Bisa Rusak Hati


Makanan dengan banyak pengawet dan pewarna bisa bahayakan kesehatan
ZAT adiktif yang biasa terkandung dalam pengawet maupun pewarna makanan jika dikonsumsi secara terus menerus ternyata bisa mengakibatkan kerusakan hati baik sorosis hingga kanker hati.

Celakanya, dampak yang bisa ditimbulkan zat berbahaya ini sifatnya jangka panjang dan akan menyerang manusia akibat rusaknya fungsi hati.

"Hati merupakan organ yang berguna menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh termasuk zat adiktif dalam pengawet makanan, pewarna, pemanis buatan, maupun zat kimia lainnya. Jika jumlah racun tersebut semakin banyak dan bertumpuk secara otomatis akan mempengaruhi kinerja hati sehingga mengakibatkan kerusakan," terang Roziana SST, Ahli Gizi RS Awal Bros Batam.