09 Mei 2008

Lindungi Kulit dengan Sunblock SPF 30

foto by internet
MASA remaja adalah masa yang penuh aksi coba-coba dan eksperimen. Termasuk dalam hal kecantikan. Mulai coba-coba treatment yang sebenarnya belum waktunya bagi para remaja ato coba berbagai jenis kosmetik.

Nah, kalo kamu tipe cewek yang hobi bereksperimen ama kulit wajah dan kulit tubuh kamu, kayaknya kamu kudu mempertimbangkannya lagi deh. Soalnya, kalo salah perawatan atau bahkan kosmetik akibatnya bisa berabe. Mulai penuaan dini ampe kerusakan kulit.

Sebenarnya, perawatan kulit sah-sah aja dilakuin sepanjang sesuai koridor yang semestinya. Maksudnya, perawatan kulit remaja ya harus dilakuin sesuai perkembangan kulit seusia kamu.

Bahkan, kalo boleh dibilang, perawatan kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh adalah hal yang justru wajib dilakukan. Sebab, perawatan sejak dini adalah aset yang sangat berharga untuk kecantikan kulit di masa mendatang. Dengan catatan, perawatan yang dilakuin emang benar- benar sesuai ama kulit remaja.

"Remaja punya kulit yang masih terus mengalami peremajaan dan dengan kandungan air masih normal. Jadi, sebenarnya perawatan yang dibutuhkan hanyalah perawatan standar dan belum membutuhkan aneka kosmetik,"ungkap dr Sherly Thio, dokter kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Batam.

Menurut dr Sherly, perawatan standar itu adalah pembersihan kulit pake cleanser dua atau tiga kali sehari. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan pemberian penyegar atau toner.

"Cleanser bermanfaat menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada kulit wajah. Jika kotoran nggak dibersihkan bisa mengakibatkan wajah bermasalah seperti jerawat atau bahkan penuaan dini. Sementara penyegar, berguna mengembalikan ph kulit setelah dibersihkan,"jelas dr Sherly.

Hal lain yang nggak kalah penting untuk youngsters lakuin adalah mengoleskan sunblock atau tabir surya dengan kandungan SPF 20 atau 30. Bukan hanya di wajah tapi juga badan termasuk tangan. Kecuali saat kamu pake lengan panjang atau pakaian yang menutupi seluruh tubuh kamu.

Keberadaan sunblock ini sangat penting untuk melindungi kulit kamu biar nggak rusak akibat terbakar sinar ultraviolet selama beraktivitas. Apalagi, biasanya remaja punya segudang aktivitas yang dilakuin di bawah siraman sinar matahari. Jadi, memakai sunblock sebagai pelindung kulit sangat penting untuk diprioritaskan.

"Kalo kita rajin pake sunblock, kulit akan lebih terawat dan peluang kulit mengalami kerusakan jauh lebih kecil. Termasuk flek genetik yang banyak dialami para cewek. Semakin dini, kita mengantisipasi kerusakan, akan semakin bagus juga hasilnya,"terangnya. (*)



Masker Cukup Seminggu Sekali

SELAIN perawatan standar yang terdiri dari pembersihan ama penyegaran wajah serta penggunaan sunblock, sebenarnya youngsters masih bisa melakukan perawatan tambahan. Sebut saja penggunaan penggunaan masker maupun scrub atau peeling untuk wajah.

Hanya saja, mengingat kondisi kulit wajah kamu masih dalam tahap pertumbuhan, banyak hal yang kudu kamu perhatiin terkait perawatan tambahan ini. Soalnya, kalo youngsters nggak hati- hati dalam melakukan perawatan, bisa-bisa kulit justru bisa jadi rusak.

"Untuk memberikan asupan nutrisi bagi kulit wajah serta mencerahkan dan menyegarkan wajah, pemakaian masker bisa digunakan seminggu sekali. Yang harus diingat, para remaja nggak boleh terlalu sering pake masker. Sebab, masker bukan untuk dipake setiap hari tapi cukup seminggu sekali. Misalnya pake masker buah atau sayur,"terang dr Sherly Thio.

Selain masker, youngsters bisa juga pake scrub yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit. Itu karena, setelah sel kulit mati terangkat akan memberikan kesempatan kulit untuk melakukan regenerasi.

Nggak beda ama masker, pemakaian scrub juga nggak boleh terlalu sering dilakukan yakni cukup dua kali dalam seminggu. Itu karena, peremajaan kulit kamu masih cukup oke. Jadi nggak terlalu butuh pengangkatan sel kulit mati melalui scrub.

Pemakaian scrub ini juga nggak disarankan bagi kamu yang sedang berjerawat. Itu karena penggunaan scrub bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kamu.

Sebelum menggunakan scrub, bersihkan wajah menggunakan sabun muka atau susu pembersih. Selanjutnya, basahi wajah dan gosok scrub dengan tangan pelan-pelan ke seluruh wajah.

Setelah proses scrubing selesai, lakukan pemijatan wajah menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah pada wajah. (*)


Manfaatin Aja Isi Kulkas Kamu

YOUNGTERS pasti tahu dong kalo buah dan sayur merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karenanya tak heran kalo para dokter selalu menganjurkan kita rutin mengonsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan serat. Apalagi, vitamin merupakan zat yang nggak diproduksi tubuh.

Nah, selain jadi sumber vitamin yang oke waktu dikonsumsi, ternyata buah dan sayur oke juga loh untuk jadi sumber nutrisi bagi kulit wajah dan tubuh sewaktu dijadiin masker maupun scrub. Nggak hanya alami, bahan-bahan itu juga gampang didapetin dengan harga relatif terjangkau.

Bahkan, bagi kamu-kamu yang punya nyokap hobi belanja buah dan sayur, tinggal ngambil aja bahan-bahannya di dalam kulkas dan mengolahnya sebentar biar bisa jadi masker atau scrub wajah. Kalo masker atau scrub ini dipake seminggu sekali hasilnya pasti bisa youngsters rasakan sendiri.

Lalu, apa aja ya buah yang bisa jadi masker atau bahan scrub atau bahkan pemutih gigi? Kita simak aja yuk beberapa contoh buah dan sayur yang punya manfaat oke untuk kecantikan kulit kamu:

Mentimun

Buah ini dipercaya bisa ngurangin flek serta menyejukkan kulit yang terbakar sinar matahari serta bersisik. Cara pakainya gampang banget. Kupas mentimun bikin jus bisa pake air atau tanpa air lalu balurkan ke kulit wajah atau kulit tubuh sebagai penyejuk.

Kamu-kamu juga bisa manfaatin irisan timun untuk ngilangin kantung mata waktu kurang tidur. Nah, kalo direndam dalam yogurt, timun bisa menyejukkan kulit dan ngurangin penyumbatan lemak pada pori-pori loh.

Khusus bagi yang lagi berjerawat, coba pake masker yang berasal dari campuran 2,5 cm timun yang telah dijus ditambahin setetes olive atau rosemary essential oil serta satu putih telur yang udah dikocok kaku. Tempelin pada wajah selama 15 menit. Ingat ya, hindari daerah mata dan mulut. Setelah 15 menit, bersihkan pake handuk wajah basah.

Bukan hanya di wajah, masker timun juga bisa ngilangin jerawat di punggung kamu loh. Balurin aja masker di punggung selama 15 menit lalu bersihkan punggung hingga benar-benar bersih.

Pepaya

Buah favorit burung beo ini ternyata berkhasiat juga loh untuk kecantikan kulit wajah kamu. Soalnya, pepaya bisa jadi scrub yang cukup ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah sekaligus memberikan asupan vitamin A dan C secara eksternal untuk kulit kamu.
Sebelum pake scrub, buka pori-pori kulit pake uap air beraroma daun mint. Caranya taruh segenggam daun mint dalam mangkuk lalu tuangi air mendidih, gunakan uapnya untuk membuka pori-pori wajah selama beberapa menit. Sesudah itu, baru deh pake scrub pepaya.

Tomat

Tomat ternyata nggak cuma yummy waktu dijus aja. Secara, buah ini bisa ngurangin blackheads dan mencerahkan kulit yang keliatan kusam. Caranya gampang banget. Iris tipis tomat berbentuk bulat. Jangan lupa sediakan irisan yang lebih tipis biar gampang nempelin ke bagian wajah yang nggak rata kayak hidung.

Tempelin irisan tomat pada wajah sambil berbaring. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas pake air bersih. Yang perlu kamu catat, sewaktu pake perawatan ini jangan pake pelembap dulu yah! Terutama di daerah hidung biar nggak terjadi penyumbatan lemak.

Apel

BAGI kamu penyuka apel, saatnya tahu manfaat lain bagi kecantikan wajah kamu. Soalnya, buah ini mengandung antiseptik yang bisa melindungi kulit dari infeksi serta membunuh bakteri. Bukan itu aja, apel juga mengandung mineral dan vitamin A serta C.
Cara memanfaatkan apel untuk kecantikan wajah kamu adalah membubuhkan apel yang udah diblender selama 15 hingga 20 menit pada wajah. Setelah itu, bersihkan wajah dan olesin krim pelembut wajah. Tetapi sebaiknya hindari pemakaian di daerah T pada wajah yang cenderung berminyak ya!

Wortel

Sayuran ini sangat kaya kandungan vitamin A yang secara alami bisa menunda penuaan kulit wajah. Bukan itu aja, makanan favorit kelinci ini juga dipercaya sangat ramah pada kulit sensitif. Nah, kalo biasanya waktu bikin jus wortel, ampasnya kamu buang, mulai sekarang manfaatin sebagai masker wajah. Caranya letakkan ampas jus wortel dalam mangkuk, tambahkan satu hingga dua tetes olive oil (minyak zaitun) atau minyak almond.

Oleskan pada wajah sambil berbaring, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan basuhlah dengan air sampai bersih. Keringkan wajah dengan handuk secara lembut lalu oleskan krim pelembab.

Strawberry

Buah ini ternyata nggak hanya mampu ngatasin wajah kusam aja loh. Tapi oke juga untuk memutihkan serta mencerahkan warna gigi kamu. Itu karena strawberry mengandung malic acid. Cara pakainya gampang, lumatkan satu buah strawberry, tambahin setengah sendok teh baking soda lalu gunain untuk menggosok gigi layaknya pake pasta gigi biasa. Diamkan selama 5 menit lalu bersihkan gigi dengan berkumur.

Walau hasilnya nggak sesempurna bleaching, tapi oke juga untuk dicoba. Nggak hanya gampang, rasanya juga lebih enak. Selamat Mencoba! (berbagai sumber)



Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

JERAWAT adalah masalah kulit yang banyak dikeluhkan para cewek. Termasuk kamu para remaja. Secara, kehadiran jerawat bakal mengganggu kecantikan wajah kamu sekaligus menurunkan rasa percaya diri di lingkungan gaul kamu.

Sebenarnya apa sih yang bisa memicu munculnya jerawat? Ternyata banyak banget youngsters! Mulai debu dan polusi, makanan yang nggak sehat, kosmetik, stres, hingga iklim yang nggak bersahabat.

Daripada pusing mikirin kenapa jerawat bisa nongol di wajah, lebih baik youngster melakukan tindakan nyata untuk mencegah biar jerawat nggak sampe memenuhi wajah cute kamu.

Soalnya, ada banyak banget hal yang bisa kamu lakuin untuk menghindari jerawat biar nggak sampe mengenai wajah cantik kamu. Nah, apa aja yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan? Berikut sejumlah tipsnya:

1. Bersihkan wajah segera sesudah bepergian. Karena wajah yang bercampur debu, keringat dan sisa kosmetik bisa menimbulkan jerawat.

2. Bersihkan wajah sebelum tidur. Ingat ya, jangan tidur dengan wajah kotor atau masih memakai kosmetik karena nggak bagus untuk kesehatan kulit kamu.

3. Hindari makanan berlemak dan berminyak. Perbanyak makan buah dan sayur serta minum air putih.

4. Tidur yang cukup yakni delapan jam setiap harinya.

5. Hindari stres

6. Cuci rambut dengan teratur. Karena kotoran dan minyak pada rambut akan mudah menempel pada wajah. Terutama waktu kamu sedang tidur.

7. Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan. Terutama jika tangan kita dalam keadaan kotor.

8. Pilih kosmetik yang oil free dan ringan untuk remaja.

9. Jangan keseringan mencoba produk baru. Soalnya, satu kosmetik yang cocok ama oranglain belum tentu cocok ama kita loh. (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda