28 Juni 2008

Pastikan Bisnis Aman dalam Genggaman

*Layanan Corporate Business Telkomsel

PERKEMBANGAN teknologi komunikasi yang kian pesat ternyata tak hanya memudahkan komunikasi lewat ponsel. Sebab bagi dunia bisnis, perkembangan teknologi ini memiliki andil besar untuk memperluas pasar secara global secara lebih efektif dan efisien.

Terlebih, saat ini pasar yang digarap tak lagi terbatas pasar 'lokal' dalam negeri saja. Sebab sesungguhnya, pasar dunia yang lebih luas sedang menanti untuk memberikan profit yang jauh lebih besar bagi perusahaan.

Itu artinya, perusahaan yang masih berkutat dalam pasar lokal saja, pada akhirnya hanya akan menjadi jago kandang. Atau lebih parah lagi, justru menjadi penonton di negeri sendiri karena pasar lokal yang ada justru digarap perusahaan asing.

Sebelum hal itu terjadi, sudah saatnya perusahaan lebih meningkatkan kecermatan dan kejelian dalam menangkap peluang. Termasuk lebih jeli memilih solusi komunikasi yang tepat demi meningkatkan kompetitif bisnis.

Sebab, dalam pengembangan sebuah bisnis yang diperlukan bukan cuma SDM handal tapi juga jalinan komunikasi yang baik, efektif dan efisien. Baik antar karyawan atau relasi. Berbekal komunikasi efektif, diharapkan bisnis berjalan lebih lancar dan tentu saja hemat biaya dan waktu.

Menjawab tantangan dunia bisnis yang butuh komunikasi efisien dan efektif tersebut, tak salah jika 11.000 perusahaan mempercayakan solusi komunikasi bisnis mereka pada Telkomsel. Sebab, selain menyiapkan aneka layanan sesuai kebutuhan perusahaan, Telkomsel juga menawarkan teknologi terkini serta jaringan berkualitas.

Tidak sebatas dukungan jaringan di dalam negeri lewat 22 ribu BTS (base transceiver station) dengan coverage 95 persen populasi di Indonesia, pelanggan pun bisa dengan nyaman berkomunikasi saat berada di luar negeri.

Itu karena, operator selular dengan 52 juta pelanggan ini telah bekerjasama dengan 288 mitra operator international roaming di seluruh dunia. Artinya, pengembangan bisnis tak hanya bisa dilakukan dengan menggarap pasar dalam negeri saja tapi juga mendunia kan?

Terlebih, saat ini Telkomsel juga telah melengkapi layanannya dengan teknologi 3G. Berbasis teknologi ini, perusahaan bisa leluasa menggelar video conference dengan 9 orang sekaligus. Dengan begitu, pimpinan super sibuk dengan mobilitas tinggi tetap bisa berperan dalam eksekusi transaksi hanya lewat ponsel. Tak hanya hemat biaya tapi juga hemat waktu.

Bukan itu saha, kecanggihan teknologi ini juga memungkinkan pengawasan aktivitas bisnis lewat video langsung dari ponsel. Artinya, pimpinan tak perlu repot-repot datang ke kantor cabang hanya untuk mengawasi anak buahnya kan?

Selanjutnya, demi memuaskan pelanggan korporat, Telkomsel menyiapkan secara khusus Tim Corporate Account Management di berbagai wilayah Indonesia. Pastinya untuk memberikan pelayanan bagi pelanggan korporat layaknya konsultan pribadi.

Begitu pula customer care on line khusus korporat yang bisa diakses melalui nomor 128. Layanan ini bisa diakses 24 jam GRATIS langsung dari ponsel pelanggan.

Selanjutnya, bicara soal teknologi pendukung, Telkomsel mengimplementasikan beragam teknologi. Sebut saja CSD (Circuit Switched Data) atau 2G, GPRS (Global Packet Radio Service) atau 2,5 G, EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) atau 2 3/4G. Ada juga 3G atau WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) serta 3,5 G berbasis HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

Tingginya kualitas teknologi pendukung, luasnya daya jangkau serta pelayanan yang memuaskan pastinya bisa menjadi pertimbangan awal sebelum menentukan solusi komunikasi paling tepat dan sesuai kebutuhan. (*)



Tinggal Pilih Sesuai Kebutuhan

BICARA soal layanan yang disiapkan bagi pelanggan korporat, layanan corporate business Telkomsel menawarkan aneka inovasi teknologi yang bisa menjadi solusi sebuah perusahaan sesuai kebutuhan dan bidang usaha yang digeluti.

Sebut saja layanan business mobility, wireless connectivity, serta business leveraging. Tak hanya bisa dipadukan menjadi satu kesatuan sebagai sebuah solusi komunikasi bisnis, ketiganya bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan bersangkutan.

Bagi Anda yang punya mobilitas tinggi misalnya, pasti butuh teknologi yang mendukung efisiensi dan efektivitas kinerja. Sehingga tak salah jika push email atau akses e-mail di manapun, kapan pun lewat Blackberry, Ventus dan direct push menjadi kebutuhan penting.

Terlebih, layanan blackberry Telkomsel kini hadir dengan sistem pra bayar dan self provisioning atau aktivasi lewat SMS. Yakni cukup ketik BBREG, kirim ke 333. Jadi, baik pengguna Simpati maupun Kartu AS yang notabene kartu prabayar, bisa memanfaatkan layanan ini untuk menerima email yang bisa diakses dari 10 account berbeda secara sekaligus.

Mobilitas tinggi juga bukan lagi penghalang untuk bisa terus berkoordinasi dengan tim penjual ataupun manajemen perusahaan secara real time. Sebab, berbekal Sales Force Automation dan Intranet Application Access, komunikasi bisa terjalin maksimal meski lewat ponsel.

Kemudahan lain yang ditawarkan bagi Anda dengan mobilitas tinggi adalah layanan wireless connectivity. Koneksi yang berbasis teknologi wireless ini menawarkan berbagai layanan pilihan. Sebut saja ATM over GPRS, EDC over GPRS, Mobile Tracking, serta Telemetry Application.

Selain ATM over GPRS yang memungkinkan koneksi ATM lewat jaringan data, Telkomsel juga menghadirkan EDC over GPRS. Berbekal layanan yang menghubungkan mesin EDC dengan host server lewat GPRS Telkomsel ini, perusahaan lebih mudah menghadirkan mesin gesek di mana saja termasuk di daerah terpencil. Sehingga, transaksi bermodalkan 'uang plastik' alias kartu kredit atau debet tetap bisa dilakukan meski di tempat yang jauh dari pusat bisnis.

Selanjutnya, bagi perusahaan yang punya banyak cabang khususnya di daerah pulau, tak perlu risau terkait koneksi data antara kantor pusat dengan cabang. Sebab, small & remote office connectivity akan memudahkan koneksi antar kantor cabang lewat jaringan data Telkomsel.

Sementara, untuk memantau aset bergerak serta data khususnya dari daerah, perusahan bisa mengandalkan mobile tracking yang berguna memantau aset bergerak layaknya mobil perusahaan darimana saja dan kapan saja. Dilengkapi telemetry application, perusahaan bisa aktif mengawasi data di seluruh daerah secara akurat.

Kebutuhan akan pencitraan atau penanaman image perusahaan juga bisa dipenuhi lewat ponsel yakni lewat layanan business leveraging Telkomsel. Baik berupa SMS broadcast yang berisi informasi terbaru perusahaan atau nada sambung pribadi (NSP) 1212 berisi jingle perusahaan.

Layanan business leveraging ini juga menyiapkan mobile VPN atau layanan virtual PBX untuk menunjang mobilitas karyawan, Fixed Wireless Connectivity atau tambahan fixed line dengan SIM card kartuHALO. Ada juga layanan prepaid top up atau isi ulang simpati dan AS otomatis lewat kartuHALO.

Tak berhenti pada penyiapan solusi komunikasi sebagai pendukung kelancaran bisnis, operator selular yang berusia 13 tahun ini juga membuat terobosan baru berupa mobile wallet dalam kemasan Telkomsel Cash (T-Cash).

Melalui teknologi ini, pelanggan dapat melakukan pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, pembayaran jasa, dan sebagainya. Artinya, berbekal layanan ini pelanggan bisa 'menyulap' ponsel layaknya dompet penyimpan uang.

Selain memudahkan transaksi pelanggan, layanan mobile wallet ini sekaligus menandai sejajarnya Indonesia dengan negara maju yang telah lebih dulu menerapkan layanan ini. Sebut saja, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Malaysia, Philipine, dan Afrika Selatan.

Sementara dari sisi ekonomi, kehadiran layanan T-Cash ini diharapkan bisa melengkapi ragam instrumen pembayaran non tunai yang ada di Indonesia saat ini. Sebut saja kartu ATM, kartu debet, kartu kredit, cek dan sebagainya.

Untuk mendaftar layanan ini bisa dilakukan melalui SMS. Yakni ketik REG T-Cash Nama#Tanggal Lahir dan kirim ke 2828. Dan untuk mengisi dompet T-Cash bisa dilakukan lewat setoran di merchant-merchant yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedepannya, setoran bisa dilakukan lewat transfer atau top up dari rekening pelanggan melalui layanan mobile banking atau Bank.

Selanjutnya, untuk bertransaksi pelanggan cukup SMS ke 2828. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan di antaranya, Top Up Pulsa (ketik Pulsa), pembayaran tagihan kartuHALO (ketik Pay ) dan sebagainya. Sedangkan untuk mengecek saldo tinggal kirim SMS ke 2828 ketik SAL atau *885*# langsung dari ponsel. Gampang banget kan?(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda