01 Juni 2008

Rak Ringan untuk Ruangan Sempit


DINDING selalu saja bisa menjadi media untuk menuangkan berbagai ide untuk mendapatkan perubahan nuansa serta kesan yang tertangkap dalam sebuah ruangan. Itu wajar mengingat area ini bisa langsung mengubah kesan yang tertangkap meski tak harus dilakukan perubahan secara besar-besaran.

Sebab, sekecil apapun sentuhan yang diberikan pada dinding akan langsung memunculkan kesan berbeda pada ruangan bersangkutan. Sebut saja dengan menambahkan lukisan atau ornamen penghias dinding.

"Hiasan dinding bisa menjadi perubah kesan pada dinding yang semula tampil polos agar menjadi lebih menarik dan atraktif,"ungkap Gerry Mawuntu, Creative & Designer Interior Coordinator Herman Dexter Home Furnishing.

Selain hiasan, penambahan rak penyimpanan yang biasa digantungkan pada dinding akan turut membantu membangunkan mood pada ruangan sekaligus memberikan manfaat tersendiri yakni menjadi tempat penyimpan barang agar terlihat lebih rapi.


Untuk ruangan yang ada tidak terlalu lebar, sangat disarankan untuk menempatkan rak-rak ringan yang digantung di dinding. Dengan begitu, saat pernak-pernik dipajang dalam rak, ruangan tidak akan terkesan sempit.

Mengenai cara penataan yang bisa dilakukan itu sendiri menurut Gerry tak ada trik khusus. Sebab, semuanya tergantung pada kepekaan estetika perencanaan sebuah design.

"Perencanaan sebuah dinding haruslah disesuaikan dengan konsep dan bentuk ruangan itu sendiri. Kolaborasi yang seimbang tersebut tentunya akan menghasilkan suatu hunian yang nyaman, indah dan selaras dengan lingkungan,"ungkapnya.

Keselarasan itu bisa diperoleh dengan menyesuaikan perencanaan dengan nuansa apa yang ingin diperoleh dari ruangan bersangkutan. Misalnya suatu ruangan dengan konsep natural, tentunya akan lebih selaras bila dinding dan ornamaen lainnya menggunakan bahan alam seperti batu alam, kayu, dan sebagainya. (*)



Efek Tiga Dimensi dengan Relief

BILA Anda ingin mendapatkan kesan yang lebih kuat dari dinding yakni dengan menjadikan dinding pusat perhatian ruangan atau point of interest, banyak hal yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah melalui sentuhan pelapis dinding.

Jenis material pelapis dinding itu sendiri ada banyak sekali pilihan. Mulai kayu, keramik, batu granit, batu alam, kaca, aluminium, batu alam, gypsum, dan banyak lagi. Bahkan, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih apik, material tersebut bisa dipadupadan sebagai satu bentuk variasi.

"Cara lain yang bisa dilakukan jika ingin menjadikan dinding sebagai point of interest adalah dengan membuat cekungan atau relief pada dinding. Tekstur yang timbul pada relief akan memunculkan kesan tiga dimensi pada ornamen tersebut,"ungkap Gerry Mawuntu. (*)



Sempurnakan dengan Cahaya Buatan

KEINDAHAN estetika penataan interior akan lebih terlihat sempurna dan menarik bila dalam penataannya dilengkapi dengan pencahayaan buatan. Termasuk dalam hal penataan dinding sebagai elemen perubah kesan ruangan.

Sehingga, sekecil apapun sentuhan yang diberikan terhadap dinding pada ruangan akan jauh lebih sempurna jika dilengkapi dengan sentuhan cahaya buatan. Sebab, cahaya buatan akan membangkitkan mood ruangan sesuai yang diinginkan.

"Saat kita memberikan sentuhan pada dinding, akan lebih baik jika kita sempurnakan dengan pemberian cahaya buatan. Sebab, cahaya buatan akan menunjang performa atau tampilan ornamen penghias dinding,"ungkap Gerry Mawuntu. (*)



Vertikal untuk Kesan Tinggi

BAGI pemilik hunian yang menganggap rumahnya masih memiliki kekurangan, sebenarnya bisa diakali dengan pembentukan kesan lewat media dinding. Sebab, area ini akan langsung mengubah nuansa ruangan hanya dengan sedikit sentuhan.

Bagi pemilik rumah dengan tinggi plafon kurang dari tiga meter misalnya. Tinggi plafon ini masuk kategori di bawah standar. Sehingga, biasanya kesan yang tertangkap pada ruangan adalah ruangan terasa pendek dan menekan.

Merenovasi plafon dengan menambah ketinggian plafon memang hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Hanya saja, biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan keinginan tersebut tentu tidak sedikit.

Karenanya, bagi yang memiliki anggaran terbatas tapi ingin memunculkan kesan berbeda pada ruangan tersebut bisa memanfaatkan dinding untuk mensiasati keterbatasan dana.

"Untuk menciptakan kesan tinggi pada sebuah ruangan, kita bisa memanfaatkan ornamen atau hiasan dinding. Misalnya dengan memasang hiasan tersebut dengan pola vertical. Sebab, pola pemasangan yang memanjang ke atas akan memunculkan kesan tinggi pada ruangan,"terang Gerry Mawuntu.

Sebaliknya, modul atau pola pemasangan secara horizontal atau memanjang ke samping akan menjadi penolong ruangan sempit yang ingin terlihat lebih lebar. Sebab, pemasangan hiasan dinding dengan pola ini akan memunculkan kesan lebar pada ruangan. (*)



Saatnya Bermain dengan Warna

WARNA dinding merupakan hal sederhana yang akan langsung memberikan kesan berbeda pada sebuah ruangan. Apalagi bila pemilihan warna yang akan diaplikasikan pada dinding dilakukan secara tepat dan sesuai dengan mood yang ingin diperoleh dari ruangan.

"Warna merupakan faktor utama dari setiap konsep dan perencanaan dekorasi. Mengingat setiap warna memiliki karakteristik berbeda, pengaturan warna apa yang paling tepat untuk dipilih untuk melapisi dinding sangat penting diperhatikan,"ungkap Gerry Mawuntu.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesan hangat pada ruangan, warna-warna seperti merah gelap, pink tua, dan oranye bisa jadi pilihan. Sebaliknya, jika warna-warna dingin yang lebih Anda inginkan, warna hijau atau biru bisa menjadi pilihan paling tepat.

Cara paling mudah dan murah untuk mengubah suasana sebuah ruangan adalah dengan mengecat salah satu dinding dengan warna cerah. Selain bisa menjadi background yang menarik, pewarnaan satu sisi akan memudahkan Anda saat ingin melakukan perubahan warna dinding. Sebab, perubahan warna hanya cukup dilakukan pada satu sisi saja. Hemat dan praktis kan? (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda