.

23 September 2008

Mantan Memaksa Balikan

HALO Mbak Nissa, nama saya Novi. Saya mau tanya bagaimana caranya melepaskan diri dari cowok yang memaksa saya kembali lagi menjalin cinta? Padahal sudah saya jelaskan kalau saya nggak bisa menerima dia lagi. Tapi dia terus memaksa saya. Sudah berbagai cara saya coba tapi gagal terus, terimakasih sebelumnya.

Novi

081270005xxx

Jawab:

HALO juga Novi. Kebingunganmu cukup beralasan mengingat mantanmu ini selalu berupaya menyatukan hubungan kalian lagi.

Bersahabat dengan Penyakit Selama Puasa

foto by Neisha Diva
SELAMA Ramadan seluruh umat muslim wajib menjalani ibadah puasa yakni menahan lapar dan haus serta mengendalikan hawa nafsu. Walau sudah menjadi rutinitas yang harus dijalani setiap tahunnya tapi tetap saja butuh persiapan baik fisik maupun mental.

Terutama bagi orang yang memiliki penyakit yang berpotensi kambuh selama menjalankan puasa. Misalnya penyakit lambung baik asam lambung atau tukak lambung, migrain, diabetes melitus dan sebagainya.

Mendulang Rupiah dari Pasar Kaget Ramadan

foto by internet
SAAT Ramadan tiba, sejumlah sudut kota maupun di pinggir jalan kerap ditemui munculnya pasar kaget.Yakni pasar yang muncul selama Ramadan dengan menawarkan dagangan dalam berbagai pilihan.

Tidak saja terbatas makanan atau minuman, tak jarang pasar kaget Ramadan juga dimeriahkan dengan kehadiran penjaja mainan anak-anak bahkan busana muslim serta pernak-perniknya.

"Pasar kaget Ramadan cukup diminati masyarakat yang mencari makanan berbuka. Dan ini bisa menjadi peluang emas mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan bisa menjadi langkah awal membuka sebuah usaha baru di kemudian hari,"jelas Jaya Setiabudi, Provokator Enterpreneurship Batam.

Jadikan Puasa Media Manajemen Diri

FOTO: www.middlepath.com.au
MENJALANI ibadah puasa selama satu bulan penuh menahan lapar, haus, dan mengendalikan hawa nafsu bukan berarti menghalangi aktifitas kerja di kantor. Sebab, bagaimanapun juga meski sedang berpuasa pekerjaan harus berjalan terus.

Layaknya dalam kehidupan bermasyarakat biasa, kehidupan di kantor juga diwarnai perbedaan agama dan keyakinan. Sehingga dibutuhkan toleransi antar umat beragama dalam menjalani ibadah puasa.

"Mengingat bekerja di kantor cukup melelahkan dan menguras tenaga, dibutuhkan toleransi yang kuat antar karyawan yang bekerja di dalamnya. Sehingga, bagi yang sedang tidak puasa harus menghormati yang sedang berpuasa,"terang Dra Mardien Suprapti, Psikolog Batam Medical Centre (BMC) Batam.

Tidak berpuasa tersebut bisa karena orang bersangkutan memang non muslim yang tidak memiliki kewajiban menjalankan ibadah puasa atau wanita yang sedang berhalangan.

Dekorasi Hemat Hasil Kreasi Sendiri

HARI raya Idul Fitri akan segera tiba. Pada hari kemenangan itu akan banyak tamu yang datang ke rumah. Baik untuk saling bermaaf-maafan ataupun bersilaturahmi. Selain makanan dan minuman, hal lain yang perlu dipersiapkan untuk menyambut para tamu adalah rumah yang indah dan nyaman.

Dan untuk menghadirkan rumah indah serta nyaman bisa dilakukan dengan mendekorasi ulang rumah. Sebab, setiap sentuhan kecil pada rumah akan memberikan kesan berbeda dari sebelumnya.

Saat kita ingin mendekorasi ulang rumah hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah masalah biaya. Itu karena dalam perubahan tersebut akan membutuhkan anggaran khusus.

Sebenarnya, dalam mendekorasi ulang rumah tak harus dilakukan secara ekstrim yakni melalui renovasi besar-besaran. Sebab, tindakan tersebut tentu saja akan membuat pengeluaran kita bertambah besar dan membengkak. Jika anggaran yang dibutuhkan memang tersedia, uang tentu bukan menjadi persoalan.

Lantas, bagaimana bila anggaran yang dimiliki sangat terbatas? Apakah dekorasi ulang rumah hanya akan menjadi impian belaka? Sebenarnya tidak juga, asal dibarengi perencanaan, kreatifitas serta kesabaran. Sebab, ketiga hal itu penting untuk memberikan hasil yang sempurna.

Jika Anak Lebih Lengket dengan Pengasuh

PASANGAN suami istri yang sama-sama bekerja sekarang ini sudah bukan hal yang asing lagi. Sebab, seiring perkembangan waktu laki-laki bukan satu-satunya pihak yang berperan sebagai tulang punggung keluarga.
Bukan saja akibat desakan kebutuhan ekonomi, memiliki pekerjaan bagi seorang wanita juga menjadi satu kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Yakni untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat.
Keterlibatan wanita sebagai pencari nafkah, mau tidak mau mendorong keluarga ini menyerahkan urusan rumah tangga pada orang lain. Baik asisten maupun pembantu rumah tangga. Termasuk dalam hal pengasuhan anak. Khusus pengasuhan anak, ada juga yang menyerahkannya pada baby sitter atau pengasuh anak.
Yang terjadi akhirnya, anak yang semestinya di bawah pengasuhan dan perawatan ibu tak jarang justru menjadi lebih dekat dengan baby sitter ataupun pembantu. Hal itu wajar karena kesibukan ibu membuat anak jarang berhubungan serta berkomunikasi dengan orang yang melahirkannya.

Ajari Anak Berbagi Sejak Dini

Mengajari anak berbagi sejak dini bisa melatih anak menjaga ego
BAGI anak usia balita atau pra sekolah, berbagi benda-benda miliknya terkadang menjadi saat yang kurang menyenangkan. Sehingga, tak jarang anak akan cenderung enggan berbagi apapun yang dianggap berharga bagi anak.

Sebenarnya kondisi tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada usia balita atau pra sekolah memang ada fase perkembangan anak, di mana anak belum mau berbagi dengan orang lain.

Pada masa ini, egosentrisme membuat anak terdorong insting untuk mempertahankan hak miliknya. Dan jika dia memberikan sesuatu pada oranglain, maka anak akan merasa kehilangan. Sehingga 'survive instict' nya membuat anak tidak mau memberikan mainan, makanan, ibunya, dan sebagainya. Terlebih bila benda-benda yang harus diberikan tersebut dianggap sangat 'berharga' baginya.

"Keinginan anak untuk mempertahankan apa yang menjadi miliknya memang hal yang normal. Namun, sebaiknya sejak dini orangtua harus tetap melatih anak agar mau berbagi dengan oranglain. Tentunya disesuaikan dengan perkembangan kognitif dan sosial anak,"terang Bibiana Dyah Sucahyani, Psikolog Anak kota Batam.

Suami Lebih Muda? Siapa Takut?

FOTO: funmozar.com
SETIAP wanita pasti ingin menikah dan memiliki pasangan hidup yang dijadikan tempat berbagi dan juga untuk mendapatkan keturunan. Dan sudah sewajarnya bila dalam proses penemuan pasangan hidup tersebut orang akan memasang kriteria tertentu termasuk dari sisi usia.

Lazimnya, seorang perempuan lebih condong memilih pria yang berusia lebih tua dari dirinya sebagai pasangan hidup. Sebab, dengan usia lebih tua biasanya lelaki akan lebih matang baik dari sisi fisik, materi, maupun pemikiran.

Hanya saja yang namanya cinta, semua kriteria yang telah tertanam terkadang tidak semuanya bisa terpenuhi. Sebab, cinta kadang datangnya tak terduga. Hal itulah kenapa banyak orang bilang cinta itu buta.

Begitu pula ketika seorang wanita harus jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah dengan laki-laki yang lebih muda dari usianya. Walau dari sisi budaya hal tersebut masih dianggap "aneh", tapi tetap saja tidak sedikit wanita yang berani mengambil keputusan ini.

Kenalkan Keluarga Besar saat Lebaran

Mengenalkan keluarga besar pada anak. Family vector by freevector.com
LEBARAN menjadi momen berkumpul sebuah keluarga besar.

Di hari raya  tersebut, saudara yang sebelumnya jarang atau bahkan tidak pernah  bertemu akan bertemu dalam acara silaturahmi.

Terutama bila Lebaran dirayakan di kampung halaman.

Bagi orangtua yang memang sudah mengenal seluruh saudara yang dimiliki baik saudara dekat maupun jauh, bertemu dengan mereka sudah pasti menjadi saat yang menyenangkan.

Lain halnya bagi anak-anak yang sebelumnya jarang bertemu atau bahkan belum pernah bertemu sama sekali.

Pertemuan keluarga dalam momen Lebaran ini sudah pasti akan menjadi saat yang berbeda. Bahkan tidak jarang pertemuan dengan "orang baru" tersebut akan membuat mereka bingung siapa saja yang masuk dalam daftar saudara dekat dan jauh.

06 September 2008

Glaukoma Sebabkan Kebutaan Permanen

Waspadai penyakit glaukoma
PENYAKIT mata katarak, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun bagaimana dengan glaukoma? Rasanya nama penyakit yang satu ini masih terasa asing.

Tapi, keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama menyerang mata hingga menyebabkan kebutaan selamanya. Bedanya, katarak dapat disembuhkan dengan operasi, sedang glaukoma hanya bisa dihentikan dan dicegah.

Glaukoma merupakan penyakit mata terbanyak kedua setelah katarak, jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan permanen pada penderita. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang glaukoma membuat jumlah penderita penyakit ini meningkat secara signifikan.

Glaukoma adalah kelompok penyakit saraf optik mata akibat tekanan yang tinggi pada bola mata atau tekanan intra ocular yang cukup tinggi.

Cepat Langsing dengan Gym Ball

Foto: www.publicdomainpictures.net
SIAPA sih yang tidak ingin memiliki badan seksi, ramping, tapi tetap sehat? Tapi untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut pastinya tidak bisa dilakukan secara instant. Karena untuk mewujudkan tubuh ideal tapi tetap sehat membutuhkan perjuangan dan waktu yang tidak pendek.

Dan sampai saat ini fitnes atau olah kebugaran masih menjadi satu cara favorit yang cukup banyak dipilih untuk mendapatkan tubuh langsing. Walaupun sebenarnya, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat pelangsing sebagai jalan pintas.

Jangan Pernah Mencoba Narkoba

FOTO: ANTARANEWS

KALO Youngsters rajin mengikuti berita di televisi atau media cetak, pasti tau dong dengan kasus artis cantik Sheila Marcia Joseph. Artis muda yang lagi naik daun, cantik, tajir, punya cowok keren, dan berbagai kelebihan lain.

Sayangnya, akibat pergaulan yang salah, cewek berdarah Indo Perancis itu harus menghabiskan hari-hari kelamnya dalam tahanan polisi akibat tertangkap tangan lagi pake narkoba. Akibatnya, dari yang biasanya bisa tidur di kamar yang super nyaman, hang out bareng teman dan pacar dengan bebas kapanpun diinginkan, harus dikubur dalam-dalam. Ya, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Bergejolak Lihat Pria Tampan

foto : freepik.com
ASSALAMUALAIKUM Mba Nissa. Saya Js punya satu masalah. Setiap saya melihat pria yang berbadan atletis dan tampan saya selalu merasakan sesuatu bergejolak dalam diri saya.

Saya selalu mencoba menyayangi wanita, bahkan hampir 10 kali ganti pacar dalam delapan bulan terakhir, namun gejolak saya tidak pernah hilang.

Meskipun dengan lawan jenis masih memiliki hasrat. Tapi apa mungkin sesama jenis saya punya rasa yang sama? Tolong mbak, saya bingung sekali.

Pengirim:

Js, 081383932xxx



Jawab:

WALAIKUMSALAM, Js yang baik. Berada pada situasi yang sedang kamu alami saat ini wajar sekali timbul gundah dan bingung dalam dirimu. Untuk mengetahui keadaanmu yang sesungguhnya, perlu dilakukan pemeriksaan psikologis terlebih dahulu sebelum Mbak bisa menyimpulkan keadaanmu yang sebenarnya.

Remaja Juga Wajib Paham Agama

Gambar: photobucket.com

ISTILAH muda hura-hura, tua foya-foya dan mati masuk surga, pasti udah sering banget Youngsters dengar. Soalnya, istilah ini sering banget diucapin waktu seseorang ditanya cita-cita. Kalau disimak dengan baik, istilah itu pastinya nggak masuk akal banget kan?

Soalnya, segala sesuatu itu pasti butuh perjuangan yang nggak mudah. Biar masa tua bisa hidup enak, semasa muda pasti butuh perjuangan keras. Begitu juga bagi yang pengen masuk surga, selama di dunia pastinya nggak bisa dihabiskan dengan hura-hura.

Karena untuk bisa masuk surga dibutuhkan proses yang baik dalam kehidupan rohani. Artinya, kehidupan rohani alias ibadah harus jadi bagian dari target dalam kehidupan bagi yang pengen masuk surga. Apalagi, sebagai manusia normal, setiap orang termasuk Youngsters pastinya butuh keseimbangan dalam hidup.

Alkohol Bisa Serang Pusat Saraf


MINUMAN beralkohol bukan hal yang asing dan cukup mudah ditemui bahkan di warung- warung tertentu. Padahal, semestinya minuman memabukkan ini hanya bisa ditemui di tempat- tempat khusus yang mengantongi izin.

Tapi kenyataannya bukan hal sulit untuk mendapatkan minuman ini secara bebas di Kepri. Kondisi itu diperparah kurangnya kesadaran orang tentang bahaya alkohol bagi tubuh. Terutama jika sudah pada tahap alcoholic. Yakni kecenderungan meminum lebih dari yang diinginkan akibat gagal berhenti meminum minuman keras atau alkohol.

Akibatnya, alkohol akan mempengaruhi kerja tubuh dan pikiran. Pengaruh alkohol juga sangat berbahaya, tak hanya dari segi kesehatan, tetapi juga menganggu pertumbuhan, menambah kondisi stres, memperlambat aktivitas dan dapat mengubah emosi.

Zat dalam alkohol segera menekan fungsi otak dan seberapa berat efek yang ditimbulkannya, tergantung kadar alkohol dalam darah. Artinya, semakin tinggi kadarnya, semakin berat juga gangguan yang terjadi.

Celakanya, alkohol cenderung menyebabkan toleransi. Sehingga seseorang yang secara teratur minum lebih dari dua gelas alkohol per hari, bisa mengkonsumsi alkohol lebih banyak daripada non alkoholik tanpa mengalami intoksikasi.

Susah Batasi Pengeluaran

HAI Mbak Nissa, saya pelajar sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Batam. Gini, saya heran, saya kok nggak bisa batasin pengeluaran saya ya? Padahal saya kepengen banget hemat biar bisa beli laptop. Tapi setiap lihat barang bagus kayaknya kepingin banget. Trus juga nggak bisa liat makanan enak. Jadi gimana caranya biar saya bisa hemat ya? Thank's mbak..
Pelajar, 085668160xxx



Jawab:

HAI juga... Niatmu untuk berhemat bagus sekali lho. Karena masih jarang sekali remaja seusiamu yang memiliki kesadaran berhemat kayak kamu ini. Apalagi di tengah krisis ekonomi seperti sekarang.

Mbak ngerti banget kalo kamu mengalami kesulitan untuk menahan diri dari godaan shopping. Itu wajar karena pada masa perkembangan psikologismu yang masih remaja, cenderung punya keinginan memiliki dan mengetahui semua hal. Pastinya agar tak dianggap kuper serta dapat diterima dalam pergaulan teman sebaya.

Jadi, tanpa sadar dan tanpa membuat prioritas terlebih dulu, kamu ingin memiliki semua hal yang enak, keren dan menarik. Biar nggak boros dan merugikan diri sendiri, kuncinya adalah tekad kuat disertai disiplin diri. Sebab, percuma aja kalo kamu punya niat tapi tak didukung tindakan nyata, akhirnya niatmu itu hanya tinggal niat.

TIPS Cara Hadapi Pacar Otoriter

foto by: www.freepik.com
HALO Mbak Nissa, saya kan punya pacar. Tapi pacar saya itu terlalu otoriter banget sama saya. Pernah suatu hari saya bilang minta putus tetapi dia malah nekat menggores lengan tangannya sendiri sampai berdarah. Jadi gimana dong mbak? Apa yang harus saya lakukan? (NN, 08566886xxx)


Jawab:

HALO juga NN...Memiliki pacar yang sangat menyayangi dan memperhatikan kita tentunya impian semua orang. Terlebih lagi jika sang pacar juga memiliki sikap santun, maka lengkaplah kebahagiaan kita. Tapi impian itu dapat berubah jadi kesengsaraan manakala pacar mulai mendominasi kehidupan kita.