06 September 2008

Bergejolak Lihat Pria Tampan

ASSALAMUALAIKUM Mba Nissa. Saya Js punya satu masalah. Setiap saya melihat pria yang berbadan atletis dan tampan saya selalu merasakan sesuatu bergejolak dalam diri saya. Saya selalu mencoba menyayangi wanita, bahkan hampir 10 kali ganti pacar dalam delapan bulan terakhir, namun gejolak saya tidak pernah hilang. Meskipun dengan lawan jenis masih memiliki hasrat. Tapi apa mungkin sesama jenis saya punya rasa yang sama? Tolong mbak, saya bingung sekali.

Pengirim:

Js, 081383932xxx



Jawab:

WALAIKUMSALAM, Js yang baik. Berada pada situasi yang sedang kamu alami saat ini wajar sekali timbul gundah dan bingung dalam dirimu. Untuk mengetahui keadaanmu yang sesungguhnya, perlu dilakukan pemeriksaan psikologis terlebih dahulu sebelum Mbak bisa menyimpulkan keadaanmu yang sebenarnya.

Namun sebagai gambaran awal, perlu diketahui bahwa gangguan yang berkaitan dengan seksualitas terbagi dua yakni : gangguan yang berkaitan dengan identitas gender (banci, waria dan lainnya) dan gangguan seksualitas (sodomi, homo/lesbi, eksibisionis dll).

Nah, dalam kasus Jhoisy, gejala penyimpangan orientasi seksual (homo atau lesbi) mulai dirasakan olehmu. Gejala tersebut adalah rasa tertarik secara perasaan (rasa kasih sayang, hubungan emosional) atau secara erotik, baik secara dominan atau semata-mata, terhadap orang-orang yang berjenis kelamin sama, dengan atau tanpa hubungan fisik.

Meskipun saat ini, orientasi seksual sejenis atau multi jenis dianggap bukan lagi penyimpangan oleh para ahli melainkan sebuah fenomena manifestasi seksual. Hanya saja, perdebatan panjang mengenai hal ini masih dibicarakan dan masyarakat belum sepenuhnya menerima seseorang dengan kondisi tersebut.

Mbak menilai bahwa kamu berusaha meredam dan merasionalisasikan hasratmu agar tidak berkembang lebih luas lagi. Juga ada upaya dalam dirimu untuk tidak membiarkan diri terbawa oleh hasratmu itu sehingga sesegera mungkin harus dihilangkan (ego dystonic).

Bentuk upaya pemulihan yang dapat kamu lakukan sendiri salah satunya adalah melakukan penyerahan diri secara total kepada Allah SWT.

Karena dengan pendekatan agama inilah kamu secara psikologis akan tersugesti untuk memiliki keyakinan diri akan adanya Penolong yang dapat memulihkan keadaanmu. Dengan demikian kondisi kejiwaanmu pun bisa tetap tenang dan percaya diri serta selalu berpikir positif.

Upaya lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara menyibukkan diri dalam berbagai aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh. Sehingga, tidak ada waktu luang bagimu untuk menuruti hasrat fisik terhadap sesama jenis, meskipun tidak masalah kamu bergaul dengan siapa saja baik cewek ataupun cowok. Intinya, kamu harus berani menghadapi pergaulanmu dengan siapapun.

Belajar terbuka dengan orang lain juga dapat membantumu untuk merasa lebih baik. Jika kamu mencoba menjalin hubungan dengan seseorang, jangan hanya menjadikan pasanganmu sebagai alat untuk melegitimasi kamu normal ato tidak, tapi jadikan ia sebagai tempatmu berbagi suka duka problema psikologismu dan berkomunikasi hal baru yang menyenangkan. Ketika seseorang merasa dibutuhkan orang lain maka ia cenderung akan memberikan penghargaannya pada orang itu. Coba deh..

Js...semoga uraian Mbak di atas dapat membantumu, OK? Good Luck! (*)



Sumber: Curhat Mbak Nissa Harian Tribun Batam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda