23 September 2008

Dekorasi Hemat Hasil Kreasi Sendiri

HARI raya Idul Fitri akan segera tiba. Pada hari kemenangan itu akan banyak tamu yang datang ke rumah. Baik untuk saling bermaaf-maafan ataupun bersilaturahmi. Selain makanan dan minuman, hal lain yang perlu dipersiapkan untuk menyambut para tamu adalah rumah yang indah dan nyaman.

Dan untuk menghadirkan rumah indah serta nyaman bisa dilakukan dengan mendekorasi ulang rumah. Sebab, setiap sentuhan kecil pada rumah akan memberikan kesan berbeda dari sebelumnya.

Saat kita ingin mendekorasi ulang rumah hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah masalah biaya. Itu karena dalam perubahan tersebut akan membutuhkan anggaran khusus.

Sebenarnya, dalam mendekorasi ulang rumah tak harus dilakukan secara ekstrim yakni melalui renovasi besar-besaran. Sebab, tindakan tersebut tentu saja akan membuat pengeluaran kita bertambah besar dan membengkak. Jika anggaran yang dibutuhkan memang tersedia, uang tentu bukan menjadi persoalan.

Lantas, bagaimana bila anggaran yang dimiliki sangat terbatas? Apakah dekorasi ulang rumah hanya akan menjadi impian belaka? Sebenarnya tidak juga, asal dibarengi perencanaan, kreatifitas serta kesabaran. Sebab, ketiga hal itu penting untuk memberikan hasil yang sempurna.


Misalnya saja dengan mengganti warna cat rumah dengan warna yang lebih baru dan segar. Meski sentuhan yang diberikan kesannya hanya kecil tapi efek yang bisa dimunculkan pada penggantian cat akan terasa besar. Sebab, warna cat merupakan salah satu unsur yang akan memberikan "nyawa" pada tampilan sebuah bangunan.

Selain warna cat, penggantian gorden dengan warna terbaru juga bisa menjadi pilihan menyegarkan kembali tampilan rumah. Untuk menghemat anggaran yang dimiliki, kain gorden bisa dibeli di pasar atau toko-toko yang memberikan diskon spesial. Apalagi, menjelang Lebaran akan banyak toko yang memberikan diskon spesial.

Cara lain dalam mendekorasi ulang rumah adalah dengan berkreasi pada dekorasi rumah. Perlu dicatata bahwa bagian terbaik saat seseorang mendekorasi ulang rumah adalah saat menciptakan kreasi seni sendiri bagi rumah.

Sebut saja dengan menggunting beberapa lukisan atau foto bernilai seni tinggi dari kalender maupun majalah bekas. Dengan sedikit sentuhan misalnya dengan menambahkan bingkai sederhana, hiasan ini akan menjadi pajangan cukup unik dan menarik tapi hemat.

Agar hasil kreatifitas tetap memiliki cita rasa tinggi, Anda bisa berburu referensi dan informasi dari majalah atau buku-buku dekorasi. Sebab, majalah serta buku panduan dekorasi tersebut merupakan sumber inspirasi dalam menciptakan ide.
Bila perlu, gunting artikel dan buatlah menjadi sebuah kliping. Dari artikel-artikel tersebut Anda akan lebih mudah menentukan apa saja kebutuhan untuk mendekorasi ulang rumah sekaligus biaya yang dibutuhkan. (berbagai sumber)



Manfaatkan Tawaran Diskon

MEMASUKI bulan Ramadan, cukup banyak toko baik furniture, perabot rumah tangga hingga toko gorden yang menawarkan aneka diskon dengan embel-embel Ramadan Sale. Bagi Anda yang berniat melakukan dekorasi ulang rumah, program diskon ini akan sangat menguntungkan.

Betapa tidak, harga miring yang bisa didapatkan selama program diskon berlangsung akan menyelamatkan banyak uang dari dompet Anda. Selain itu, Anda juga bisa merasakan nikmatnya berburu pernak-pernik rumah dengan harga relatif miring. Jika biasanya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan satu atau dua barang, kini dengan jumlah yang sama Anda bisa membawa pulang lebih dari dua barang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan harga miring hal penting yang harus dilakukan adalah tidak terburu-buru. Sebab, sikap terlalu buru-buru biasanya akan membuat orang tidak sabar menunggu hingga datangnya musim diskon.

Cara lain untuk menghindari pembengkakan anggaran adalah dengan melakukan dekorasi ulang secara bertahap. Misalnya mendekorasi ulang teras dan ruang tamu dulu. Baru disusul ruang keluarga, ruang makan, dan seterusnya. Dengan cara ini, anggaran yang tersedot untuk mendekorasi ulang rumah tidak akan langsung menghabiskan isi dompet.(berbagai sumber)



Manfaatkan Barang Bekas

UNTUK mendapatkan barang bekas atau second hand dengan kondisi bagus bukan masalah besar di Batam. Sebab, meski labelnya barang bekas, tapi rata-rata kondisi barangnya masih lumayan bagus. Baik dari sisi tampilan maupun fungsinya.

Bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan gaya baru tapi keuangan terbatas, berburu barang bekas di pusat seken di beberapa sudut Batam bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi, barang-barang bekas yang tersedia di pusat seken tak hanya sebatas barang berukuran besar layaknya furniture.

Karena, barang pernik-pernik seperti lampu meja, hiasan dinding juga banyak dijual di pusat loak. Sepanjang Anda rajin berburu dari satu tempat ke tempat lain, Anda bisa mewujudkan impian mendapatkan dekorasi yang pas di hati.

Berbeda dengan barang baru yang harganya cenderung lebih susah ditawar, harga barang bekas biasanya jauh lebih mudah dinegoisasikan dengan pembeli. Apalagi bila pembeli bisa menemukan kelemahan barang bekas bersangkutan yang nantinya masih dapat disiasati. Sebut saja lubang kecil yang bisa didempul, dan sebagainya.

Jangan khawatir bila ternyata saat berburu barang bekas baik corak maupun warnanya tak sesuai dengan keinginan. Sebab, dengan sedikit kreatifitas barang-barang tersebut bisa disulap menjadi lebih menarik atau bahkan terlihat lebih baru. Bukan saja pas di hati tapi bakalan banyak berhemat kan? (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda