06 September 2008

Susah Batasi Pengeluaran

HAI Mbak Nissa, saya pelajar sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Batam. Gini, saya heran, saya kok nggak bisa batasin pengeluaran saya ya? Padahal saya kepengen banget hemat biar bisa beli laptop. Tapi setiap lihat barang bagus kayaknya kepingin banget. Trus juga nggak bisa liat makanan enak. Jadi gimana caranya biar saya bisa hemat ya? Thank's mbak..
Pelajar, 085668160xxx



Jawab:

HAI juga... Niatmu untuk berhemat bagus sekali lho. Karena masih jarang sekali remaja seusiamu yang memiliki kesadaran berhemat kayak kamu ini. Apalagi di tengah krisis ekonomi seperti sekarang.

Mbak ngerti banget kalo kamu mengalami kesulitan untuk menahan diri dari godaan shopping. Itu wajar karena pada masa perkembangan psikologismu yang masih remaja, cenderung punya keinginan memiliki dan mengetahui semua hal. Pastinya agar tak dianggap kuper serta dapat diterima dalam pergaulan teman sebaya.

Jadi, tanpa sadar dan tanpa membuat prioritas terlebih dulu, kamu ingin memiliki semua hal yang enak, keren dan menarik. Biar nggak boros dan merugikan diri sendiri, kuncinya adalah tekad kuat disertai disiplin diri. Sebab, percuma aja kalo kamu punya niat tapi tak didukung tindakan nyata, akhirnya niatmu itu hanya tinggal niat.


Selain itu ada beberapa kiat agar usaha berhematmu makin sukses, yakni:

1. Tabung uang jajanmu

Sisihkan uang jajanmu sekitar Rp1000 hingga Rp 5000 per hari untuk ditabung. Lebih efektif sih pake celengan, karena susah ngambilnya kan?

2. Buat prioritas terlebih dulu

Dari sisa uang jajanmu tadi, mana yang harus dibeli dulu. Jajan di kantinkah? Komikkah? Bajukah? dan prioritas lainnya.

3. Pertimbangkan hal penting dan tidak penting.

Kalo kamu mudah tergiur makan enak, baju bagus dan lainnya, kamu perlu tanyakan pada dirimu sendiri perlu nggak barang atau makanan ini saya beli sekarang. Sebelumnya, saya pernah cobakah? Kalo nggak, dicoba sekarang bakal ilang atau tetap ada di resto dan mal? Lemari saya kayaknya masih banyak baju baru deh, atau motifnya belum cocok ama badan saya deh. Dan berbagai pertimbangan lainnya

4. Gali kreativitasmu dong!

Kamu bisa mencoba bisnis kecil-kecilan agar mendapat tambahan uang saku seperti rental komik, jual kue atau kreasi handycraft buatan sendiri, menerima sewa handycam, dan sebagainya. Apapun kreativitasmu, akan membuat uang jajanmu aman dan kamu tetap punya tabungan. Oke banget kan?

5. Bertanggungjawab dengan uangmu

Tidak masalah kamu mau beli laptop, buku, handphone atau apapun yang kamu inginkan. Selama kamu bisa bertanggung jawab dengan barang yang kamu beli tersebut. Misalnya jangan niat membeli miras, narkoba atau dvd porno. Itu sih, tindakan bodoh yang ngerusak diri namanya.

Semoga beberapa kiat sukses berhemat tadi bisa dijalankan dengan baik dan kamu bisa mendapatkan barang impianmu. Tentunya, kepuasan memiliki barang atas usaha sendiri jauh lebih membanggakan daripada minta ke ortu. Wow keren! Good Luck for You!


Sumber: Curhat Mbak Nissa Harian Tribun Batam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda