01 Agustus 2010

Kapan Anak Siap Masuk SD?

Gambar: gambardanfoto.com
BEBERAPA tahun belakangan, setiap menjelang tahun ajaran baru, terlihat pemandangan yang cukup memprihatinkan. Para orangtua harus berjuang agar anaknya bisa duduk di bangku sekolah dasar. Bukan karena persoalan biaya yang tak ada, tapi karena jumlah bangku yang disediakan pemerintah sangat terbatas. Sehingga, orangtua berebut dalam mendaftarkan anaknya dan rela datang ke sekolah sebelum subuh menjelang.

Aturan pemerintah yang menetapkan usia tujuh tahun sebagai batas minimal bisa masuk SD negeri membuat orangtua cemas. Pasalnya, tak sedikit anak yang berusia 5,5 hingga 6 tahun sudah mahir membaca, menulis dan berhitung. Pendidikan di TK pun sangat membantu anak jauh lebih matang dan siap untuk masuk sekolah formal di SD.

"Sebenarnya bisa saja anak yang belum berusia 7 tahun bersekolah di sekolah dasar. Yang terpenting adalah kesiapan umur mental si anak, yakni kemampuan mental dan intelektual, bukan umur kalendernya," jelas Bibiana Syah Sucahyani, psikolog Batam.
Hanya saja, secara psikologis, anak yang berumur tujuh tahun memang lebih siap dibanding anak di bawah usia tujuh tahun. Namun kematangan mental setiap anak memang berbeda-beda, sehingga orangtua bisa meminta bantuan psikolog untuk mengetahu apakah anak memang sudah siap atau belum.

Mbak Dhea, sapaan akrab Bibiana, menuturkan risiko yang dialami anak jika masuk sekolah terlalu kecil adalah si anak tidak sanggup menghadapi tekanan pelajaran dan guru yang menyebabkan anak stres dan malas sekolah. Bisa juga minder dalam pergaulan karena dianggap masih anak kecil. Selain itu, anak bawaannya ingin bermain dari pada mengerjakan pekerjaan rumah.

"Orangtua sebenarnya tidak perlu terburu-buru memasukan anaknya ke SD, tunggu sampai kesiapan fisik dan mentalnya memadai. Kalau perlu banyak mencari informasi dari media atau psikolog mengenai kesiapan seorang anak," jelasnya. (*)



Matangkan Dulu Psikomotorik dan Kognitif


USIA berapa sebaiknya anak masuk SD? Apakah usia enam tahun anak sudah mantap secara fisik dan psikologis sehingga cukup cepat menangkap pelajaran? Pertanyaan ini pasti sering menghinggapi orangtua yang memiliki balita.

Menurut Psikolog Batam, Bibiana Dyah Sucahyani, usia ideal untuk anak bisa masuk sekolah dasar adalah tujuh tahun. Mereka dinilai telah siap dalam segi intelektual, emosional, sosial dan spiritual untuk berada jauh dari orangtua dan mencoba mandiri dalam belajar.

"Anak-anak di usia tujuh tahun memiliki kematangan mental dan fisik untuk dapat belajar lebih baik dibanding anak-anak di bawah usia tujuh tahun," ujarnya.
Namun tidak tertutup kemungkinan anak usia enam tahun dapat masuk SD karena telah memiliki kesiapan mental dan fisik. Sebab, kematangan mental dan fisik setiap anak berbeda-beda.

Beberapa tingkat kematangan yang harus dimiliki anak sebelum masuk SD antara lain, psikomotorik yang terbagi pada psikomotorik kasar dan psikomotorik halus. Pada psikomotorik kasar anak-anak telah mampu melakukan kegiatan fisik seperti melompat dan berlari-lari sedangkan untuk psikomotorik halus si anak sudah mampu memegang pensil dan mengambar.

Bukan itu saja, juga dibutuhkan kematangan perkembangan kognitif yaitu terampil dalam berbahasa dan daya pikirnya cukup untuk belajar di SD dan telah mengerti sebab akibat. Begitu juga kematangan sosial si anak yakni sudah bisa diminta untuk duduk tenang dalam kelas dan fokus untuk mengikuti pelajaran dan mau menerima peraturan sekolah.

Dampak negatif yang bakal timbul bila anak terlalu muda masuk sekolah adalah anak bisa jadi malas belajar. Fatalnya adalah hal ini sama sekali tidak terlihat di awal sekolah. Bisa jadi tahun pertama bersekolah anak baik-baik saja, tapi setelah tiga tahun bersekolah, tahu-tahu si anak mulai berulah, malas sekolah.

Untuk menghindari hal tersebut orangtua harus mencermati kematangaan mental si anak. "Tanyakan apakah anak siap untuk masuk sekolah SD dan apabila anak telah siap, ajak anak memilih sekolah yang disenangi agar dia merasa betah dan dapat belajar dengan baik di sekolahnya yang baru," jelasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda