01 Agustus 2010

Rumah Sempit? Maksimalkan Tempat Penyimpanan

MEMILIKI hunian kecil memang banyak tantangan dalam hal penataan dan penyediaan ruang sesuai kebutuhan, termasuk mengatasi masalah tempat penyimpanan. Pasalnya tumpukan barang yang jarang terpakai, membuat rumah terasa sesak dan terkesan berantakan. Karena itulah dibutuhkan tempat penyimpanan (storage) yang memadahi.

Sebagai pemilik rumah kita dituntut untuk kreatif mengekplorasi segala kemungkinan untuk membuat storage yang simple dan multi fungsi, namun tak mengurangi keindahan rumah sehingga rumah tertata dengan baik.




Menurut Ir Afdhila Novia, arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kepri, keberadaan tempat penyimpanan di dalam rumah memang sangat dibutuhkan. Apalagi rumah di Batam rata-rata tergolong kecil.


"Memiliki rumah kecil membuat kita harus berpikir lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan. Pasalnya untuk membuat gudang penyimpanan kadang tidak dapat dilakukan karena keterbatasan lahan. Nah, solusinya adalah membuat tempat penyimpanan sesuai kebutuhan," ujarnya.


Wanita berkacamata ini menuturkan untuk menghadirkan area penyimpanan tidak diperlukan ruang khusus berupa gudang. Tapi dapat diletakkan di sudut-sudut tertentu dalam sebuah rumah atau suatu hall way (lorong), bahkan di bawah tangga sekalipun.
Selain itu Anda tak perlu membeli lemari atau rak yang membutuhkan banyak ruang. "Untuk rumah mungil, bisa menyiasatinya dengan mendesain perabot rumah yang memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai tempat penyimpanan," jelasnya.


Saat ini, banyak furnitur yang juga bisa berfungsi ganda sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Misalkan saja coffee table yang di bawahnya dilengkapi laci yang bisa menjadi tempat menyimpan barang. Selain itu, furniture multifungsi lainnya seperti rak pajang atau buku yang menyatu dengan rak tv, laci di kolong tempat tidur, rak buku dan laci yang menyatu dengan meja rias, atau credenza yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan.


"Setiap bagian rumah dapat kita ciptakan sebagai tempat penyimpanan multi fungsi. Yang penting siasati secara kreatif," jelasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda