16 Mei 2011

Bermain dengan Efek Cahaya Lampu

Indirect lamp di dinding
CAHAYA buatan seperti lampu trennya sudah bergeser di mana tak hanya sekadar terang namun bisa menambah nilai estetika atau pun suasana dramatis.


"Lampu, tak hanya berfungsi sebagai alat penerangan semata. Lampu mampu memberikan kesan berbeda sesuai selera pemilik rumah," ujar Yona Suciharsanti ST, Interior designer Metro Interior Batam.

Berdasarkan jenis penerangan terdiri dari tiga jenis yaitu downlight, up light dan in direct.
Penerangan up light biasanya ditempatkan di lantai, dengan arah cahaya dari bawah ke atas. Bisa diaplikasikan pada lukisan atau pun elemen dekoratif lainnya.

"Penerangan up light dapat memberikan kesan megah. Biasanya untuk penerangan jenis ini menggunakan lampu TL," terangnya.

Sementara itu penerangan down light merupakan model penerangan dengan arah sinar ke bawah. Cahaya yang dihasilkan jenis lampu ini akan memberikan kesan kehangatan. Untuk jenis lampu yang tepat adalah lampu halogen berwarna kekuningan.

"Untuk penerangan jenis ini sangat cocok diletakkan di ruang tamu dan ruang keluarga. Tentunya kesan dramatis yang akan didapatkan," jelasnya.

Penerangan jenis indirect merupakan pencahayaan tidak langsung dan biasa ditempatkan pada tempat tersembunyi.

Misalnya saja pada lekukan plafon dan drop ceiling. Karena tempatnya tersembunyi maka penggunaan lampu TL sangat tepat. Penerangan jenis ini mampu memberikan efek pencahayaan bayangan yang bagus.

"Penerangan jenis ini akan menghadirkan kesan yang berbeda di setiap ruangan" imbuhnya.

Misalnya pemilik rumah dapat menghadirkan kesan eksotis, hangat, dramatis dan masih banyak lagi.

"Untuk menghadirkan kesan yang diinginkan. Pemilik rumah dapat menggunakan warna merah, biru atau warm white. Saat ini, penerangan indirect menjadi accent trend dan banyak dipakai untuk penggunaan mini bar, ruang tamu dan ruang keluarga," katanya. (***)

1 komentar:

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda