16 Mei 2011

Hangatkan Mood Ruangan dengan Lampu Pijar

PENCAHAYAAN memiliki peranan penting untuk menghadirkan suasana rumah sesuai yang diinginkan. Lewat permainan cahaya yang tepat, efek dan nuansa yang berbeda akan muncul di setiap ruangan. Untuk menghadirkan pencahayaan yang tepat dibutuhkan pemilihan dan penempatan lampu yang tepat pula.



Menurut Yona Suciharsanti ST, Interior Designer Metro Interior Batam, pencahayaan terbagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami dan buatan. "Untuk pencahayaan alami tentunya hanya dapat kita nikmati dari sinar matahari. Sedangkan untuk cahaya buatan kita membutuhkan lampu untuk menerangi rumah," ujarnya.

Untuk menghadirkan penerangan yang tepat, pemilik rumah harus cermat menempatkan lampu pada setiap ruangan. "Pencahayaan yang baik tak hanya terang namun juga harus nyaman ketika pemilik rumah atau tamu berada di ruangan tersebut. Selain itu, perhatikan pola aktivitas yang terjadi di setiap ruangan. Pola aktivitas tersebut akan mempengaruhi jumlah lampu yang akan digunakan," ungkapnya.

Dalam setiap rumah terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang dapur, Kamar tidur dan kamar mandi. Seperti untuk ruang keluarga misalnya dimana aktivitas keluarga sering dilakukan. Untuk itu, membutuhkan lampu lebih dari satu. Misalnya saja meletakkan lampu utama di tengah ruangan.

"Selain itu letakkan juga standing lamp sebagai elemen tambahan di sudut ruangan. Bila perlu tambahkan lampu meja di dekat sofa. Kehadiran lampu tersebut dapat mengakomodasi beragam aktivitas yang sering dilakukan di ruang keluarga," terangnya. Sementara itu, untuk ruang tamu, kehadiran lampu harus mampu menghadirkan kesan hangat.

"Untuk ruang ruang tamu sangat cocok mengunakan lampu pijar gantung. Warna kekuningan yang dipancarkan lampu pijar memberikan kesan hangat," imbuhnya. Selain itu, untuk dapur yang sarat aktivitas tentunya dibutuhkan lampu yang terang. Agar aktivitas memasak dapat dilakukan dengan baik.

Untuk ruang tidur di mana pemilik rumah beristirahat tentunya dibutuhkan lampu yang dapat memberikan kesan nyaman. Lampu yang bersistem dimmer efisien sangat tepat dipakai dalam ruang tidur. Biasanya satu lampu yang diletakkan di tengah, ditambah dengan dua lampu baca yang diletakkan di sebelah tempat tidur.

Nah untuk kamar mandi, tidak hanya dibutuhkan terang saja namun tak lupa dibutuhkan kehangatan juga. Lampu TL untuk menerangi seluruh kamar mandi. "Namun bila dibutuhkan pemilik rumah dapat menambah kan lampu downlight tepat di atas wastafel," katanya. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda