25 Februari 2014

Manfaat Zakat bagi Fakir Miskin dan Masyarakat

Foto by: Ummi Online
MENGELUARKAN zakat yang menjadi kewajiban orang mampu, ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak.

Selain berguna membersihkan diri dan harta orang yang mengeluarkan zakat, manfaat yang paling besar tentu saja membantu orang tak mampu dan memperbaiki masalah sosial kemasyarakatan.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dari zakat, baik bagi orang miskin maupun bagi masyarakat luas? Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjauhkan sifat dengki dan benci orang miskin terhadap orang kaya.

2. Mencegah perbuatan dosa, seperti mencuri dan menipu karena harta zakat yang didapat mencukupi kebutuhannya. Zakat juga menciptakan keamanan dan keamanan serta menurunkan kriminalitas. Sebab, semua dilakukan dengan cinta.


3. Membantu meringankan beban penderitaan orang tak mampu dan membuat mereka ikut merasakan kebahagiaan seperti keluarga mampu lainnya.

4. Mendatangkan kebaikan dan keberkahan, memupuk sifat tolong-menolong dan tenggang rasa antar individu masyarakat.

5. Zakat akan membantu memenuhi hajat hidup fakir miskin sebagai kelompok mayoritas sebagian besar negara di dunia.

6. Membayar zakat berarti memperluas peredaran harta benda atau uang. Ketika harta dibelanjakan, maka perputarannya akan meluas dan lebih banyak orang yang mengambil manfaat.

7. Bagi orang yang berzakat, hartanya akan diganti dengan berbagai rezeki lainnya.

8. Membersihkan dan mensucikan jiwa dari sifat kikir, tamak, dan sifat-sifat buruk lainnya. Zakat juga akan memupuk sifat ikhlas.

9. Dengan zakat, orang akan mendapatkan perlindungan di hari akhir atas sedekah yang dikeluarkan. Allah juga akan memberikan ampunan dan rahmat kepada orang yang berzakat.

10. Zakat akan meningkatkan iman dan ketaqwaan kepadaNya. Juga melebur dan memadamkan kesalahan, seperti air yang mampu memadamkan api. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda