09 November 2014

Resep Kue Sus Klasik Mudah

Kue Sus. Foto: Neisha-diva.blogspotcom
KUE sus adalah kue favorit suami dan si kecilku Arfa. Dulu, saya pernah bikin kue ini tapi gagal. Pertama bikin, saya salah menerjemahkan resep. Waktu itu, saya lagi awal-awalnya belajar bikin kue jadi saat menakar adonan saya selalu menjiplak isi resep tanpa mempertimbangkan takaran apakah ada yang aneh atau tidak.
Waktu pertama dapet resep, kayaknya si pembuat resep salah tulis resep sehingga resep mentega yang semestinya hanya 100 gram waktu itu diketik 1.000 gram. Hihihi...gak kebayang gimana hasil kue saya waktu itu, kan?
Percobaan kedua, kuenya berhasil mengembang sempurna, tapi karena nggak tau kalau kue sus itu bakal membesar beberapa kali lipat saat dipanggang, saya terlalu besar menyemprotkan adonan ke loyang. Hahaha...jadilah kue raksasa.

Percobaan selanjutnya, karena sudah lama nggak bikin sus, saya lupa kalau oven nggak boleh dibuka selama proses pemanggangan. Jadilah, kue sus pada kempees semua saat pintu oven dibuka. Oalaaah....ribet kali dengan si sus ini.
Setelah kegagalan demi kegagalan tersebut, saya akhirnya memilih untuk tidak membuat kue sus, sampai pada suatu hari karena ngelihat suami mulai suka makan sus dan daripada beli terus, saya kembali mencoba untuk membuat kue yang satu ini.
Hihihi...dan lagi-lagi saya gagal. Entah dimana salahnya, tapi adonan jadi bantat dan tak bisa dibilang sebagai kue sus alias choux pastry. Lucunya, kue yang bantat itu justru jadi rebutan anak-anak karena katanya rasanya enak.
Setelah berulangkali gagal apakah saya menyerah? Oooo...tidak! Hehehehe.... Rasa penasaran untuk mengeksekusi kue ini kembali muncul waktu melihat postingan kue sus di grup memasak yang saya ikuti di facebook. Dan saat mencoba, ternyata hasilnya oke juga. Apalagi, bahan-bahannya juga nggak terlalu banyak.
Nah, bagi yang pengen coba, saya bagikan resep yang saya dapatkan dari salah satu anggora grup memasak tersebut. Sayangnya, saya kembali lupa mencatat nama mbak yang membagikan resep ini. Maaf lagi ya Mbak...

Bahan:
  • 125 ml air
  • 60 margarin
  • 75 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 butir telur ( ukuran sedang)
Bahan Vla:
  • 250 ml susu cair (sebaiknya susu cair tawar)
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 sdm mentega atau margarine
  • 1/2 sdt garam halus
  • 60 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm tepung terigu

Cara Membuat Vla:
1. Masak susu bersama tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, dan garam hingga terlihat mendidih dan mulai mengental sambil diaduk-aduk.
2. Angkat dan tambahkan mentega, kuning telur, juga vanilla.
3. Aduk hingga rata dan sisihkan.



Cara Membuatnya Sus:
1. Didihkan air dan margarin sampai mendidih dengan api sedang
2. Masukkan tepung terigu, aduk sampai kalis dan tak lengket di panci. Angkat lalu pindahkan adonan ke bowl plastik biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu mixer dengan speed sedang sampai rata
4. Masukkan adonan ke plastik segitiga gunakan spuit bintang. Semprotkan ke loyang. Karena saya tak pandai pakai spluit, saya hanya memotong ujung piping bag dan menyemprotkan adonan ke cetakan pie agar ukurannya sama.
5. Oven dengan api sedang (sesuaikan dengan oven masing-masing ya)
6. Biarkan sampe kue mengembang dan matang hingga tidak berbuih. (Ingat jangan membuka oven selama proses memanggang agar kue tak kempes)
7. Setelah buih pada kue sudah tak terlihat lagi, matikan api dan biarkan dulu kue di dalam oven hingga agak dingin.
8. Setelah agak dingin, keluarkan dan dinginkan di luar ovem
9.Gunting bagian tengah sus dan semprotkan vla atau beri topping sesuai selera. Selamat Mencoba! (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda