22 Februari 2015

Pot Bunga dari Paralon dan Ban Bekas

HOBI gardening alias berkebun sekarang ini memang sedang hangat-hangatnya saya rasakan. :)
Jadi kalau ada waktu sedikit aja untuk googling, pasti saya akan memanfaatkannya untuk melihat-lihat gambar yang terkait dengan gardening.

Selain untuk cuci mata liat tanaman yang cantik-cantik, tentu saja untuk mencari ide untuk menata tanaman di rumah yang sudah mirip hutan. Hehehehe...

Sejauh ini kemampuan saya untuk menata taman memang sangat tragis alias mengenaskan.

Kalau saja nggak dibantu suami untuk merapikan tanaman di halaman, kayaknya halaman mungil di depan rumah akan lebih mirip hutan. Hihihi...

Soalnya, saya paling suka ngumpulin berbagai jenis bunga tapi kurang mahir menatanya. Hadeeh....
Akhirnya, bunga hanya dikumpul di pojok-pojok halaman aja. Nah, kalau udah gini, biasanya lapor suami untuk ikut bantuin menata. :)

Sebenarnya, saya suka dengan bunga-bunga yang ditanam di tanah langsung ala taman-taman di luar negeri. Sayangnya, suami kurang setuju karena melihat mood saya yang hilang timbul ngurusin tanaman. Takutnya, pas moodnya jelek, tanaman dibiarkan hingga merambat kemana-mana.

Itulah kenapa banyak bunga di rumah yang ditanam di pot-pot atau polibag.

Nah, untuk menghemat tempat, saya membujuk suami untuk membuatkan pot dari paralon bekas agar bisa menanam ala vertical garden.

Pot dari paralon ini awalnya dimanfaatkan untuk menanam sayuran seperti sawi, cabai dan tomat. Namun, karena saya kurang telaten merawat sayuran, akhirnya sekarang dialihkan jadi pot bunga lebih tepatnya moss rose.

Kenapa moss rose alias sutra bombay? Karena, bunga inilah yang paling mudah ditanam dan rajin berbunga.

(Baca Juga: Fittonia, Tanaman Berdaun Indah Untuk Penghias Rumah)


Untuk memaksimalkan tampilan moss rose, pot paralon tersebut dipadukan dengan ban bekas yang atasnya ditatain moss rose aneka warna yang ditanam di dalam polibag.

Meskipun menggunakan bahan-bahan bekas, ternyata hasilnya lumayan juga lho. Terutama saat batang moss rose mulai meninggi menutupi ban dan pipa paralon serta memunculkan bunga-bunganya.

Biar tetap kelihatan segar dan rajin berbunga, moss rose dalam paralon dan ban bekas hasil kreasi DIY alias do it yourself ini harus rajin disiram dan dipupuk.

Dan hasilnya, taraaa.....lumayan juga untuk ngademin mata kalau siang terutama saat bunga-bunga bermekaran. Buktinya, banyak tetangga yang mulai tergoda untuk ikutan tanam moss rose yang bunganya cantik...

Ayo, manfaatkan barang bekas di rumah untuk jadi pemanis kebun kita....(lumayan hemat modal. hihihihi...)

*Rumah Bunga Neisha*

2 komentar:

  1. Tidak ada keterangan id2 nya.

    BalasHapus
  2. @arie wijaya: Ini isinya cuma mossrose aja semua. Dibikin warna warni biar nggak bosen liatnya.

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda