18 Juni 2015

Terpesona Aneka Warna Vinca

VINCA, nama bunga ini belum lama saya tau. Karena sebelumnya saya lebih mengenalnya sebagai bunga tapak dara. Bunga yang memiliki aroma khas ini, terlihat menawan saat kelopaknya bermekaran. Meski sangat menyukai sinar matahari, bunganya pun nggak gampang layu. Bahkan semakin panas lokasi menanam bunga ini, maka bunganya akan semakin banyak dan bermekaran.
Bunga-bunga itu nantinya akan menjadi biji yang sangat mudah disemai dan menjadi tanaman baru. Bunga yang berasal dari kepulauan Madagascar ini juga bisa diperbanyak dengan stek batang.

Nah, jika dulu saya hanya mengenal tapak dara atau vinca kampung dengan dua warna yakni pink sama putih, belum lama ini saya baru sadar jika di luaran sana sudah banyak ditawarkan vinca hybrid. Beragamnya warna vinca hybrid dengan tanaman yang relatif pendek membuat bunga ini langsung memikat para penyuka bunga.
Tak hanya bisa ditanam di pot biasa, vinca hybrid ini akan terlihat lebih cantik ditanam sebagai tanaman gantung. Jika media tanam pas dengan pencahayaan yang pas, tanaman tersebut akan dipenuhi bunga-bunga yang bermekaran.
Bagi yang memiliki kesabaran lebih, menanam vinca dari seed bisa menghasilkan banyak tanaman. Apalagi, seed vinca cukup lumayan mudah tumbuh. Dalam waktu beberapa bulan, anakan vinca sudah memunculkan bunga-bunga yang cantik.
Agar bunga lebat, pemangkasan tajuk tanaman bisa dilakukan. Selain itu, tentu saja dengan memberikan pupuk sesuai dengan usia tanaman bersangkutan. Jika tanaman masih dalam tahap pertumbuhan, pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi bisa diberikan. Sedangkan, jika sudah waktunya bunga, pupuk yang diberikan harus memiliki kadar P yang lebih besar.
Bagi yang butuh info lebih banyak tentang vinca, bisa blogwalking ke SINI. Di blog myflowerss91.blogspot.com ini infonya cukup lengkap. (*)


Vinca Kampung tak kalah cantik jika dirawat dengan baik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda