30 Juli 2015

(DIY) Membuat Pot Bunga dari Jeriken Bekas

PUNYA jeriken (jerigen) bekas jangan buru-buru dibuang. Soalnya, dengan sedikit trik, benda yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai pot bunga. Hal itulah yang kami lakukan pada jeriken bekas cairan pembersih lantai. Warna2nya yang cukup beragam, juga membuat jeriken ini tak perlu sentuhan cat sebelum dipajang menjadi pot yang diisi bunga warna-warni.

Untuk membuatnya, kita tinggal membelah jeriken menjadi dua. Bisa dibelah memanjang atau bisa juga dibagi dua dengan ukuran meninggi. Semua tergantung kebutuhan dan selera. Untuk memudahkan sirkulasi air agar tak menggenang di dalam pot, bagian bawah pot harus  diberikan lubang menggunakan bor.
Dan karena, saya ingin menanam moss rose dalam pot jiriken ini, saya menambahkan lubang di bagian depan dan belakang jiriken, agar bisa ditanami batang-batang bunga. Dengan harapan, saat bunga ini tumbuh bisa menutupi pot (jiriken) sehingga hanya terlihat seperti kumpulan bunga.
Untuk meminimalkan frekuensi penggantian media tanam, sebaiknya menambahkan pupuk kandang atau kompos di dalam tanah. Boleh juga menambahkan pupuk slow release untuk mengantisipasi rasa malas memupuk bunga atau kelupaan memberikan pupuk secara rutin. Jadi, tanpa diberi pupuk rutin dua minggu sekali, in shaa Allah moss rose akan tetap bermekaran. Syaratnya, tentu saja, bunga ini berada di area yang banyak sinar matahari alias full sun. Gimana? Minat untuk mencobanya?





1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, resepi dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda