31 Januari 2016

Merawat Batang Anggrek Botak (Edisi Dibuang Sayang)

Bismillah...
PERNAH nggak punya anggrek batangnya udah botak tanpa daun kayak setengah hidup alias hidup segan matipun tak mau? Kalau punya, jangan buru-buru dibuang ke tempat sampah. Soalnya, meskipun udah tak punya daun, anggrek2 ini masih bisa muncul tunas baru.

Tunas itu bisa muncul lewat pangkal batang layaknya anakan tapi bisa juga lewat keiki alias anakan yang nempel di batang. Dan kalau dirawat dengan baik, anakan-anakan itu bisa jadi besar bahkan sampai berbunga.
Bahkan, sejumlah nursery anggrek banyak yang memperbanyak anggrek dengan cara memunculkan keiki dari batang-batang yang sudah tidak berdaun. Batang-batang itu dikumpulkan dan digeletakkan begitu saja tapi dengan syarat tetap disiram dan diberikan nutrisi seperti vitamin atau ZPT maupun dikasih pupuk untuk pertumbuhan.
Saya biasanya menyelamatkan batang-batang botak tanpa daun dengan akar kering dengan menempelkan di dahan kayu. Setelah beberapa minggu, biasanya udah muncul anakan plus akar baru yang hijau. Setelah udah ada tanda-tanda kehidupan baru bisa dirawat dengan menjaga kelembapan media, tambah pupuk dan vitamin.
Penasaran? silahkan mencoba...

















1 komentar:

  1. Thannks infonya mbak..manfaat bngt..sy punya anggrek dhn kondisi bgn.. keep sharing yah

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda