18 Juni 2017

(DIY) Membuat Menara Bunga Menggunakan Paralon

Foto koleksi Rumah Bunga Neisha
LIHAT bunga-bunga bermekaran nggak cuma baris kesamping tapi menjulang ke atas, itu pasti keren banget.

Soalnya suasana halaman pastinya nggak bakalan membosankan dan keliatan lebih menarik. 

Tampilan taman ke atas itu biasanya disebut vertical garden. 

Ya karena memang nanam tanamannya ke atas bukan ke samping.

Hm...bicara vertical garden, sebenarnya ada banyak banget pilihan modelnya. 


Dari yang paling rumit bin ribet sampai yang paling simpel. Nah, kalau kayak saya udah pasti cari yang paling simpel, murah, ngirit dan cakep. hihihi..

Di rumah, kami (saya dan suami) sudah bikin beberapa versi model vertical garden. Tapi, kali ini saya pengen bahas vertical garden berbahan paralon yang dijadikan semacam pot bunga sehingga keliharan kayak tower bunga saat sudah berisi tanaman.

Sebenarnya awal pembuatan paralon ini karena liat di grup berkebun ada orang yang memanfaatkan paralon untuk menanam sayuran. Karena kayaknya bagus, akhirnya request minta suami bikinkan pot yang kayak gitu.

Sayangnya, waktu itu kami belum punya hole saw (alat khusus membuat lubang bulat, biasanya dipakai tukang untuk membuat lubang meletak handle pintu bulat). Nggak kurang akal akhirnya lubangnya dibuat kotak pakai alat gerindra.
Menara bunga ditanami Moss rose /sutra Bombay

Baca Juga: 
Tips Menanam Buah Dalam Pot Biar Cepat Berbuah
Ingin Tanam Mangga yang Berbuah Terus? Cobalah Mangga Jenis Ini
Menanam Krisan di Daerah Panas? Bisa Subur Kok


Paralon yang digunakan waktu itu juga paralon bekas. Pas kebetulan ada sisa waktu bangun rumah. Sangat disarankan jika ingin membuat pot paralon ini menggunakan paralon yang putih jangan yang abu-abu. Karena dari sisi ketahanan masih bagus yang putih.

Bermodal paralon ukuran empat inchi sepanjang 120 cm alias 1,2 meter, jadilah sebuah pot paralon yang multifungsi. Bisa untuk tanam sayur ataupun bunga.

Untuk bunga, paling bagus adalah bunga yang rajin berbunga seperti sutra bombay alias krokot alias mossrose. Selain itu, bisa juga diisi impatient atau bahkan petunia. Saat blooming, seluruh permukaan paralon akan tertutup bunga-bunga yang bermekaran. 

Jika sutra bombay adalah pilihannya, maka agar tetap bermekaran dan subur, pastikan pot paralon ini diletakkan di tempat yang kena sinar matahari banyak. Untuk perawatannya agar rajin berbunga bisa baca di artikel Perawatan Mossrose Alias Krokot Agar Rajin Berbunga



Step by Step Pembuatan Menara Bunga Paralon

Nah, bagi yang berminat membuatnya sendiri, ini beberapa step yang barangkali bermanfaat sebagai panduan untuk membuat menara bunga berbahan paralon ala Rumah Bunga Neisha.

1. Siapkan bahan-bahan utama. Paralon ukuran empat inchi sepanjang 120 cm (panjang paralon bisa disesuaikan selera), pot ukuran 24 (model sesuai selera), bahan untuk ngecor paralon secukupnya (dikira-kira aja ya)

2. Buat titik-titik yang akan dilubangi sebagai tempat menanam bunga. Usahakan antara lubang satu dengan lainnya nggak dibuat lurus misalnya dibuat zig zag. Ini untuk memudahkan penanaman serta memaksimalkan pertumbuhan tanaman karena nggak saling tertutup jika tanaman menjuntai.

3. Jika pot paralon akan dimanfaatkan untuk menanam sutra bombay, sebaiknya dibuat lubang kecil-kecil di sekeliling paralon menggunakan bor. Tujuannya agar saat ditanam, sutra bombay cepat menutup seluruh permukaan paralon sehingga tak terlihat bentuk asli paralon.

4. Setelah semua lubang selesai, cor paralon tersebut ke dalam pot. Saat mengecor pastikan posisi paralon memang benar-benar lurus alias tidak miring. Soalnya kalau miring sedikit saja, pas kering nanti bakalan repot memperbaikinya.


5. Setelah hasil cor mengering, siapkan media tanam yang akan dimasukkan ke dalam pot paralon. (Sebaiknya menggunakan media taman yang subur agar pertumbuhan tanaman maksimal. Selain itu, bisa meminimalkan bongkar pasang media tanam karena kekurangan nutrisi). Gunakan campuran, media tanam siap pakai, sekam bakar, dan pupuk kandang atau kompos.

6. Bungkus sekeliling paralon menggunakan koran atau plastik sampah hitam yang besar. Hal ini untuk menghindari keluarnya media tanam saat dimasukkan ke dalam paralon.

7. Masukkan campuran media tanam ke dalam paralon secara perlahan. Pastikan media tanah cukup padat agar saat disiram nggak ada rongga di dalamnya.

8. Setelah semua media tanam masuk ke dalam paralon, lepaskan koran atau plastik pembungkusnya. 

9. Siram media tanam dari atas lubang paralon agar lembab

10. Paralon siap ditanami dengan aneka tanaman yang disukai. 

11. Untuk penyiraman bisa disiramkan dari lubang atas paralon atau bisa juga diguyur pelan dari sisi paralon. Begitu juga untuk pemupukan. Namun jika tak ingin repot bisa menggunakan pupuk daun yang diberikan dengan cara disemprotkan ke seluruh bagian tanaman. (*)

Gimana? Mudah kan? Ayok, dicoba..





Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha
FP FB: Rumah Bunga Neisha
Instagram: @indy_neishaarfa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda