30 Juli 2017

Bosan Tanaman Gantung Daun? Coba 10 Tanaman Gantung Berbunga Ini

Bunga gantung berbunga. foto by RUMAH BUNGA NEISHA
HAI, adakah yang sedang mencari referensi tanaman gantung yang berbunga.

Dari sejumlah tanaman yang pernah saya tanam, 10 jenis bunga gantung berbunga ini bisa dipertimbangkan jadi penghias halaman rumah.

Ada sebagian yang cukup mudah dirawat, nggak sedikit yang susah juga.

Penyebab sulitnya perawatan itu karena beberapa jenis bunga memang hanya akan maksimal jika ditanam di dataran tinggi.

Kira-kira bunga apa saja yang cocok. Ini 10 contoh bunga gantung berbunga ala Rumah Bunga Neisha

1.  Petunia
Bunga yang satu ini kece banget dijadikan bunga gantung. Kalau udah mekar semua keliatan semarak mirip bunga palsu. Warnanya yang beragam bisa bikin halaman terlihat semarak. Hanya saja, karena lebih cocok untuk dataran tinggi, bunga ini butuh adaptasi jika ingin ditanam di dataran rendah.

Petunia. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA

2. Vinca
Bunga gantung satu ini juga bisa diandalkan untuk mempercantik halaman. Cukup adaptif untuk dataran rendah, vinca juga punya banyak pilihan warna. Biar nggak salah pilih, pastikan vinca yang dipilih adalah vinca gantung dengan model batang menjuntai. Karena vinca ada dua macam, model tegak dan menjuntai.

Vinca. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA


3. Lantana
Bunga ini sering disebut bunga hutan. Itu karena tanaman ini memang cukup banyak tumbuh di hutan dan gunung-gunung. Lantana sendiri ada dua macam. Model gantung atau juntai dan model tegak. Kalau di Singapura, lantana yang model gantung banyak dijadikan sebagai penutup tanah sekaligus jadi border taman. Nah, kalau pengen digantung, oke juga lho.

Lantana. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA
4. Baby Sunrose
Tanaman gantung ini memiliki bunga kecil-kecil warna merah atau pink. Bunganya ada dua macam. Ada yang hijau biasa ada yang model varigata. Tak beda dengan tanaman lain, baby sunrose juga cukup mudah ditanam dan bisa diperbanyak dengan sistem stek.

Baby Sunrose. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA

5. Mossrose aka sutra bombay
Bunga yang satu ini memang keren banget. Bisa dijadikan tanaman border, jadi penutup tanah, bisa diletakkan di pot biasa atau cakep juga jadi bunga gantung. Dibandingkan mossrose model purslane yang berdaun bulat, kalau saya pribadi lebih merekomendasikan mossrose berdaun runcing sebagai tanaman gantung. Karena jenis ini lebih tahan banting dan tidak rewel.

Moss Rose. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA


6. Anggrek
Bunganya yang awet saat mekar membuat banyak orang jatuh cinta dengan bunga yang satu ini. Meski tak bisa dibilang mudah, tapi tetap saja anggrek banyak dipilih. Apalagi, pilihan warnanya cukup beragam.

Anggrek. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA

7. Verbena
Belum begitu berhasil menanam bunga yang satu ini. Sebenarnya, verbena masih kerabat dengan lantana. Cuma berdasarkan pengalaman saya pribadi, perawatannya tak semudah lantana. Dengan bunganya yang cantik, nggak ada salahnya kan dicoba?

Verbena. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA


8. Ekor Kucing
Sekilas, bunganya mirip ulat bulu. Tapi, kalau lagi berbunga semua, cakep banget. Saat pengen tanam bunga ini jangan sampai salah karena ada dua macam ekor kucing yang satu model juntai satu lagi model tegak. Kalau untuk digantung jelas pilih yang juntai. :D

Bunga ekor kucing (Acalypha) foto by RUMAH BUNGA NEISHA


9. Geranium
Penasaran banget sama bunga yang satu ini. Berkali-kali tanam tetap saja gagal. Dan masalahnya adalah batang yang menghitam busuk. Geranium memang maksimal tumbuh di dataran tinggi tapi tetap aja ada yang bisa tanam di dataran rendah. Itulah yang bikin penasaran.

Geranium. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA

10. Impatient
Bunga ini sering juga disebut bunga pacar air. Bunga ini cantik banget tapi lumayan rewel perawatannya. Kalau tak pintar menjaga kadar air pada media tanam, tanaman ini sangat rentan busuk batang. Itu karena, batangnya memang jenis batang berair yang tak tahan terlalu banyak air.

Impatient. Foto by RUMAH BUNGA NEISHA
Nah, gimana tertarik untuk menanam bunga gantung berbunga di depan rumah? Tinggal pilih saja kan mana yang paling cocok. (*)


Rumah Bunga Neisha
FP Facebook : Rumah Bunga Neisha
Instagram : @indy_neishaarfa

2 komentar:

  1. Kerennya kayaknya bunga-bunga ini. ama teman diskon 50 persen yaaa hihihihi

    BalasHapus
  2. Iya dong, kalau 🏠 tanpa bunga itu nggak seru. Diskon? Boleh...tapi petik2 aja ya tanam sendiri 😜😜

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda