.

31 Mei 2018

RUMAH BUNGA NEISHA - Morning Glory, Tanaman Rambat Gampang Rawat

Morning Glory. (Rumah Bunga Neisha)
Morning glory 
CARA MENANAM BUNGA MORNING GLORY

RUMAH BUNGA NEISHA - Morning glory, dari namanya saja sudah ketahuan kalau bunga ini akan kelihatan cantik saat pagi tiba.

Memang bener banget sih, karena bunga-bunga morning glory biasanya akan bermekaran saat matahari mulai terbit sampai menjelang siang atau kadang bisa sampai lewat siang.

Itulah sebabnya, bagi para pecinta bunga sering dijadikan candaan kalau susah bangun pagi, maka tanamlah morning glory.  Gara-gara pengen lihat cantiknya bunga morning glory dibela-belain bangun pagi.




Morning glory merupakan jenis tanaman merambat. Dan saya adalah salah satu pecinta tanaman rambat.

Kalau udah liat tanaman rambat yang belum punya di halaman rasanya pengen langsung punya dan ditanam di halaman.




Sayangnya, sampai sekarang kendalanya adalah susah mencari rambatan agar tanaman bisa tertata rapi dan nggak berantakan.

Bisa dirambatkan di teras. Foto by: Pinterest

Memang sih, sekarang ini gampang banget mencari turus alias penyangga tanaman rambat.

Tapi untuk jenis-jenis tanaman tertentu yang butuh space luas untuk merambat seperti air mata pengantin , misalnya, (baca: Cara menanam air mata pengantin),  penggunaan turus tanaman kayaknya nggak akan maksimal.

Selama ini, saya menanam morning glory masih sering numpang pada kawat tanaman rambat lainnya.

Meskipun pada akhirnya agak repot karena morning glory ini termasuk tanaman annual yang cepat mati setelah hidup beberapa lama.

Artinya, saat tanaman mati, harus repot membersihkan batang-batang yang mengering.

Baca Juga:
Rahasia Agar Mawar Rajin Berbunga
Menanam Krisan di Daerah Panas
Tips Agar Krokot Rajin Berbunga

Tapi, yang namanya suka agak repot dikit mah dibela-belain aja kan? Hehehe...

Nantinya, pengen banget tanam morning glory dalam pot paralon dengan beberapa warna sekaligus biar bisa kelihatan lebih semarak.

Sepertinya bakalan tunggu puasa selesai biar energinya full. (baca: (DIY) cara membuat pot paralon)

Bagi yang punya pagar besi yang terlihat kosong, bisa juga lho diberikan sentuhan morning glory .

Morning glory untuk menutup pagar. Foto by: Pinterest

Tinggal tanam dalam tanah di dekat pagar, begitu tanaman naik dan merambat bisa dililitkan pada pagar besi sehingga pagar terlihat seperti pagar bunga. (langsung ngebayangin cantiknya itu pagar).

Mirip Daun Ubi Jalar

Nah, cuz balik lagi ke soal bunga morning glory, tanaman ini daunnya berbentuk hati dan tampilannya sekilas mirip daun ubi jalar dengan bunga mirip kangkung air.

Waktu mudik ke Jogja baru-baru ini, saya bahkan pernah melihat tanaman yang mirip banget dengan morning glory di sepanjang jalanan.

Karena tanamannya model merambat, dia merambat secara liar ke atas pohon atau ke tanah-tanah di dekatnya.

Hanya saja, waktu mau cari bijinya ternyata nggak berhasil. Mungkin belum rezeki kali ya. Hehehe...

Bunga yang satu ini memang paling gampang diperbanyak lewat biji.

Biasanya, bunga-bunga yang telah selesai mekar akan berubah menjadi biji bulat warna coklat saat kering yang di dalamnya ada beberapa butir biji warna hitam mirip biji kangkung.

Untuk menyemai biji tersebut sangatlah mudah. Tinggal tanam dalam tanah, tak lama kemudian biasanya bijinya sudah langsung tumbuh.

Bibit Morning Glory (Rumah Bunga Neisha)
Biji morning glory gampang tumbuh

Menariknya, tanaman ini termasuk tanaman yang sangat cepat besar dan merambat ke mana-mana.




Jadi, tanaman ini sangat cocok dijadikan penutup pergola (baca: Cara membuat pergola murah meriah), penutup vertical garden (baca: Cara membuat vertical garden sederhana), partisi kebun, pagar, dan area yang membutuhkan penutup dari tanaman secara cepat.


Bibit Morning Glory (Rumah Bunga Neisha)
Morning glory di pot bunga lain
Sayangnya, untuk mendapatkan biji morning glory terutama yang warnanya masih jarang ada harganya masih lumayan mahal. Beberapa biji morning glory rata-rata dijual seharga Rp 10 ribu.

Padahal, kalau tanaman ini sudah hidup, biji yang dihasilkan sangat melimpah. Mungkin karena warna-warna baru itu masih harus didatangkan lewat impor dari negara tetangga.

Nah, bagi yang ingin menanam bunga morning glory, cek beberapa langkah berikut ini:

Cara Menanam Bunga Morning Glory


1. Tanam pakai biji


Biji Morning Glory (Rumah Bunga Neisha)
Fresh seed morning glory

Menanam dari biji adalah cara yang paling mudah untuk memiliki tanaman morning glory. Biji yang gampang tumbuh, membuat tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tanam.

Caranya, cukup tanam biji dalam media tanam siap pakai atau bisa juga campuran, tanah hitam dan kompos atau pupuk kandang, dalam beberapa hari biasanya tanaman ini akan tumbuh.

Saya biasanya menanam langsung di dalam pot besar agar tak perlu memindahkan tanaman lagi setelah tumbuh.

Namun, pastikan pot tersebut memiliki saluran air yang baik agar air tak menggenang yang bisa memicu jamur.

2. Pastikan cukup sinar matahari
Tanaman ini termasuk tanaman sunloving alias penyuka sinar matahari. Jadi, menempatkan tanaman pada area yang terkena sinar matahari terutama matahari pagi, bisa menjadi pilihan paling pas agar morning glory tumbuh subur.

3. Berikan 'tempat' pegangan
Karena tanaman ini jenis tanaman merambat, maka dibutuhkan kawat atau besi atau turus sebagai tempat mereka merambat ke atas. Jika tanpa pegangan, tanaman akan menjalar kemana-mana sehingga terlihat menyemak dan kurang cantik dilihat. Kalaupun akan dibikin menjalar di tanah sebagai ground cover harus tetap ditata seapik mungkin agar terlihat rapi.

4. Siram secara rutin
Tanaman ini harus disiram minimal sehari sekali jika ditanam di dalam pot. Lain halnya jika tanaman ditanam langsung dalam tanah mungkin masih akan tahan jika tak disiram beberapa hari.
Tanda tanaman butuh air adalah daun-daun tanaman akan terlihat layu. Setelah disiram biasanya akan segar kembali.

5. Pupuk rutin pakai NPK
Hampir semua tanaman bunga saya di rumah, saya hanya menggunakan NPK saja. Selain murah meriah, khasiat NPK juga sangat cepat terlihat.

Kalaupun kadang menambahkan pupuk daun atau ZPT, biasanya akan dijadikan selingan saja. Misalnya habis perawatan anggrek dan masih ada sisa, biasanya saya semprot ke tanaman lain.

6. Atasi hama
Hama yang biasa menyerang morning glory antara lain, kutu putih, aphids, spider mits atau ulat. Untuk hama jenis hewan begini saya biasa mengatasinya dengan cara menyemprotkan pembunuh hama (baca : Cara mudah membasmi hama tanpa ribet)

Selain itu, penyakit lain pada morning glory adalah jamur ataupun fusarium. Cara mengatasinya bisa menggunakan fungsida dan memastikan area tanaman cukup angin, dan sinar matahari.
Sebab, area yang terlalu sesak dan kurang sinar biasanya akan memicu jamur.
***

Meskipun kesannya ribet, tapi sebenarnya menanam morning glory ini sangatlah mudah. Nah, gardener yang pernah tanam morning glory bisa dong di-share pengalamannya. Silahkan tinggalkan komentar Anda. (*)


Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha




19 komentar:

  1. Aku suka nih bunga begini mbak, kalau punya rumah malah pengen bkin pagar sederhana aja, ntar dikasi bunga deh, dan pengen semua dirambatin bunga merayap gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Kalau dirambatkan di pagar jadi cantik. Tapi karena jenisnya annual harus rajin bersih2 mbak. Hehehe..

      Hapus
  2. Waaah Mbak Indy aku mau dong Morning Glory yang ungu. Buat dirambatkan di pagar halaman.

    BalasHapus
  3. Aku paling gak bisa nanem naneman, pasti kering trus mati.. hehe... kalo orang awam nyebut bunga ini jadi bunga terompet kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kadang ada yang bilang bunga terompet. Tapi memang mirip sama bunga kangkung sih.

      Hapus
  4. kalau tumbuh sendiri bisa ya mbak? semacam jadi tanaman liar gituu..

    cantik yaa bunga morning glory ini. jadi inget sama toko roti plus kedai kopi di greenland deh ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini kalau fresh seed biasanya gampang banget tumbuh dimana-mana. kadang nyempil di pot lain aja numbuh.

      Hapus
  5. terimakasih tipsnya mbak, bunga ini berarti cocok banget jadi tanaman pagar donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas. Iya kalau yang suka nuansa alami cocok banget pakai tanaman rambat. Tapi ya memang harus rajin merawatnya. karena kalau nggak dirawat bakat menyemak.

      Hapus
  6. Itu namanya morning Glory juga ya? Aku pikir bunga lonceng lho habis bantunya Kaya lonceng seh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nama bunga kadang orang suka pilih yang paling gampang diingat aja ya kan? Hihihi... Kalau tahu nama ilmiahnya jadi gampang googling cara perawatannya.

      Hapus
  7. Itu yang dirambatin di pagar cakep banget yaaa.. Pagarnya jadi terlihat segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, itu fotonya pinjam dari pinterest. kalau udah ahli memang tanaman apapun jadi kelihatan keren walaupun cuma ditata secara sederhana.

      Hapus
  8. Canciiik yaaa. Jadi pengen berkebun #Halah

    BalasHapus
  9. Bener nih MG asal tanahnya lembab gampang banget numbuh :D . Saya punya 2 jenis yg Morning Glory Split Second (pink) https://flic.kr/p/LHhunE dan Morning Glory Grandpa Otts (ungu) https://flic.kr/p/Wh5Suq . kalau yg ott ini menjalar kemana-mana gilee deh, apa aja didekatnya dirambatin, sudah saya lepas, kasih ke tempat rambat lain, ntar balik lagi ngikat sunflower :D . Jadinya pengen cari MG lain deh :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kemarin beli seed 10 warna. Sayangnya mendadak mager dan udah kelamaan nggak langsung ditanam. akhirnya gak ada yang numbuh. sayang banget padahal harganya lumayan mahal. Andai saja kemarin dicampak ke tanah mungkin bisa dapat fresh seed. Nasib orang males lah gini. Hihihi...

      Hapus

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda