.

17 Mei 2018

RUMAH BUNGA NEISHA - Bunga Torenia, Gulma Cantik Penghias Halaman

Torenia (Rumah Bunga Neisha)
Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha

RUMAH BUNGA NEISHA - Torenia bunga yang satu ini sangatlah cantik apalagi saat mekar bersama-sama. Meski kelopaknya kecil namun saat bunganya bermekaran terlihat semarak dan menggemaskan.

Awal mengenal torenia saat melihat postingan di Facebook. Karena penasaran akhirnya browsing tentang bunga yang satu ini. Bunga ini juga kerap disebut sebagai wishbone flower.

Tanaman ini sering dijadikan sebagai border area taman.




Bunganya yang tak pernah berhenti mekar membuat tanaman akan selalu semarak dengan bunga-bunganya. Tanaman ini juga menyukai sinar matahari.





Area yang paling cocok untuk tanaman ini adalah area yang terkena sinar matahari pagi tapi terlindung dari sinar matahari sore. Area yang sedikit ternaungi juga cocok bagi Torenia. Bunga ini akan terus bermekaran dengan cantiknya.

Rasa tertarik itu berakhir dengan membeli seed torenia secara online. Sayangnya, dengan ukuran biji yang sangat halus dan minim pengetahuan cara menanam bunga dari seed akhirnya tanaman tersebut tak ada yang tumbuh. Padahal, dari sekian bunga yang bisa ditanam dari seed, Torenia adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh. (Baca: Tips Sebelum Belanja Bunga)

Kegagalan itu akhirnya membuat saya melupakan untuk memiliki torenia di rumah. Keinginan itu mendadak muncul kembali saat main ke rumah teman dan melihat ada torenia yang sedang bermekaran.


Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Bunga Torenia warna ungu koleksi Rumah Bunga Neisha

Berkat kebaikan teman, akhirnya saya berhasil memiliki satu pot torenia warna pink. Setelah punya satu pot, ternyata tanaman ini sangat mudah tumbuh dan berkembang biak.

Bahkan, meskipun tak kita tanam, ada saja yang tumbuh numpang di pot tanaman lain. Biji-bijinya yang super kecil mudah sekali terbang terbawa angin dan tumbuh di tanah tempat dia jatuh.

Termasuk Tanaman Gulma

Usut punya usut ternyata tanaman ini memang dianggap gulma oleh para petani karena mudah tumbuh di mana saja. Duh, gulma-gulma zaman now cakep-cakep banget ya. (Baca: Dianggap Gulma, Bunga Air Mata Pengantin Tetap Terlihat Cantik)

Kembali soal torenia, tanaman ini sebenarnya memiliki banyak pilihan warna bunga. Ada ungu, pink, putih, kuning dan beberapa warna lain.

Hanya saja di Indonesia warna yang tersedia masih terbatas. Ada beberapa seller yang sudah menjual warna-warna lain tapi harganya masih lumayan mahal.

Saya sendiri baru memiliki dua warna yakni ungu dan pink. Uniknya, warna ungu pada torenia bisa berubah-ubah lho.

Jika awalnya warna ungu pekat bisa jadi ungu lebih muda bahkan ungu agak putih.

Begitu juga dengan pink, warnanya dari yang lebih pekat dan ada juga yang lebih terang. Saya pun nggak tahu kenapa bisa begitu.

Karena saya ingat, selama ini hanya menanam torenia dengan warna ungu pekat saja.

Namun, di antara pot yang ada kadang muncul torenia warna ungu dengan gradasi lain. 

Cara Menanam Torenia

Untuk menanam torenia, kita tinggal tabur-tabur bijinya pada media tanam dalam pot. Nantinya, biji-biji tersebut akan tumbuh secara rapat.

Jika sudah agak besar, bibit tersebut bisa  dipindahkan ke pot lain sesuai kebutuhan.

Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Biji Bunga Torenia. Foto by Rumah Bunga Neisha
Selain biji, stek batang yang biasanya mengeluarkan akar-akar juga bisa jadi alternatif pilihan. Cara ini juga dianggap jadi cara cepat memperbanyak torenia.

Selain bisa ditanam di pot biasa, torenia juga bisa ditanam pada pot gantung alias dijadikan tanaman gantung. Saat digabungkan beberapa warna menjadi satu, torenia juga akan terlihat lebih cantik.





Pangkas Agar Rimbun

Agar tanaman lebih rimbun dan bercabang juga membuat tanaman ini pendek mirip tanaman semak, bisa dengan rutin melakukan pinching alias pemotongan pucuk-pucuk dahan. Setelah dipangkas, akan tumbuh tunas-tunas baru sehingga tanaman lebih rimbun. (Baca: Alasan Tanaman Harus Rutin Dipangkas)

O ya, yang harus diketahui torenia merupakan tanaman jenis annual alias musiman. Sehingga akan ada masanya torenia mati dan akan tergantikan tanaman baru yang muncul dari bijinya. Jangan takut akan kesulitan mengganti tanaman yang telah mati tersebut.

Karena pertumbuhan torenia sangatlah cepat, tanaman ini kerap dijadikan alternatif untuk memiliki halaman yang semarak dengan bunga secara cepat.

Untuk perawatan cukup mudah dan tidak rewel.  Torenia sangat cocok ditanam pada media tanam yang subur, lembab namun tidak becek alias tak menyimpan air.  Agar tetap subur, sebaiknya menyiram tanaman minimal sehari sekali. Jika cuaca panas bisa dua kali.

Saat torenia kekurangan air, tanaman akan terlihat layu. Namun saat disiram, tanaman akan kembali segar.




Pastikan Kena Sinar Matahari

Torenia menyukai area yang terkena sinar matahari terutama sinar matahari pagi agar lebih rajin berbunga. Namun demikian di area yang ada naungannya juga bisa subur dan berbunga. Agar bunga selalu banyak, lakukan deadhead atau pemangkasan bunga setelah selesai mekar. Sisa bunga yang dibuang ini akan merangsang keluarnya calon bunga baru.

Bicara soal hama, kutu putih dan aphid paling sering menyerang tanaman torenia. Daun tanaman biasanya akan menjadi keriting dan bisa membuat tanaman mati.

Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha

Untuk mengatasinya bisa dilakukan pembasmian manual dengan memangkas daun yang kena hama, menyemprotkan insektisida atau bisa dengan menggunakan trik membasmi hama tanpa ribet ala Rumah Bunga Neisha.

Penyakit lain yang sering menyerang torenia adalah busuk batang. Untuk menghindari hal tersebut, teknik menyiram yang benar harus diperhatikan. Sebab, media tanam yang terlalu basah apalagi menyimpan air hingga menggenang membuat tanaman lebih mudah terkena busuk batang.

Menata tanaman dengan memberikan space yang cukup untuk sirkulasi udara juga bisa membuat tanaman lebih sehat terhindar dari serangan hama.

Asal tempat dan perawatannya sesuai ternyata gampang lho rawat tanaman yang satu ini. (***)





Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha




24 komentar:

  1. Saya anggota penggemar Torenia Jeng.... aneka warna bunganya juga cantik. Terima kasih berbagi tips pemeliharaan. salam berkebun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mbak, sama kita pecinta Torenia. Wah, mbak lebih jago merawat bunga. Jadi malu saya. Hihihi

      Hapus
  2. mbak... koleksi bunganya nambah terus ....rumahnya pasti warna warni bunga-bunga di mana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya kalau mau nambah koleksi baru, koleksi lama yang udah banyak dijual mbak. Biasa trik emak2 jual lama ganti baru. Kalau kebanyakan gak kepegang mbak merawat sendirian.

      Hapus
  3. Baru tau ini namanya bunga Torenia. Cakep yaaa... Jadi pengen mampir ke rumahnya. Pasti koleksi bunganya cakep2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbak mampir. Nggak banyak lagi sih koleksinya udah di rolling2 biar gak capek rawatnya. Biar pernah ngerasain ngerawat berbagai jenis bunga lengkap dengan tantangannya. Hehehe...

      Hapus
  4. Macam terompet gitu ya bentuknya. Jadi penasaran juga sama Torenia ini.. Tinggal ditabur-tabur jadi deh. Jadi inget sama bumbu-bumbu masak instan *efekRamadaningetnyamakananmulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...untung gak keinget tabur bon cabe mbak.

      Hapus
  5. InI termasuk jenis anggrek ya kak?

    BalasHapus
  6. Ooh ini namanya Teronia, baru tahu. Padahal kalau dirawat gak lagi kayak gulma ya Mbak. Malah cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Ini kalau Ditanam dengan benar cakep banget. Dianggap gulma karena gampang banget tumbuh dimana2

      Hapus
  7. Waw, pagi-pagi baca dan lihat bunga bikin mata jadi seger, banyak baca ke blog mba bikin banyak tau tentang nama bunga. Ku bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..ayok kita bikin hidup kita berbunga-bunga mbak.

      Hapus
  8. Baru tahu kalau itu gulma....cantik dan warnanya itu unyu-unyu menggemaskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ada banyak warna sebenarnya. Tapi yg warna masih belum pasaran. Harganya lumayan mahal

      Hapus
  9. indah nya bunga ini ... nama jenis nya torenia gulma ya kak?

    memang sangat cocok untuk penghias taman di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...namanya torenia. Ini tanaman gulma alias pengganggu tanaman lain karena kalau tumbuh sangat cepat jadi banyak

      Hapus
  10. Jadi ingat kalo mamaku nanam tanaman ini di beberapa pot kecil.
    Memang cakep ya saat bermekaran barengan dan bunganya mekar awet berhari2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamanya suka bunga juga ya mas. Wah pasti rumahnya asri banget. Biasanya kalau mama2 udah suka bunga semua mau ditanam. Hihihi

      Hapus
    2. Hahahaha ... betuuul itu,kak.
      Maunya mamaku tuh nanamin banyak jenis tanaman, ada pohon palem,kaktus,lidah buaya,pakis,dll ...termasuk bunga torenia ini.

      Mamaku ngga cuman sekedar nanam,kak.. tapi juga rajin merapiin tanaman yang kurang bagus dilihat.

      Hapus
  11. bunganya ungu manis
    sepertinya bagus untuk bunga potong ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nggak bisa jadi bunga potong karena bunganya imut2. Ini lebih cocok jadi pagar bunga.

      Hapus
  12. Indy....koleksi nya bawa jogja doonk..��

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda