.

26 Juli 2018

Ingin Punya Halaman dengan Bunga Bermekaran? Cobalah Tanam Cosmos


COSMOS alias bunga kenikir termasuk bunga jadul yang dulu gampang banget kita temui di sepanjang jalan di kampung-kampung.

Bunganya yang semarak membuat bunga ini cukup disukai untuk dijadikan pengisi taman atau halaman.

Keinginan saya memiliki tanaman ini agar bisa ditanam di area rooftop garden makin kuat setelah melihat barisan cosmos yang ditanam di daerah Jawa waktu mudik. Saat bermekaran, membuat halaman terlihat mirip taman bunga.

Apalagi, jika dulu, warna cosmos hanya kuning dan oranye, sekarang ini ada banyak banget pilihan warna cosmos atau yang biasa disebut sebagai cosmos impor. Mulai merah, pink, gradasi, putih dan lainnya.

Saya sendiri, pertama kali lihat tanaman cosmos impor adalah saat liburan ke Sentosa, Singapore. Bunganya yang beragam terlihat sangat cantik saat bermekaran. Memang dari bentuk daunnya agak berbeda dengan cosmos lokal. Daun cosmos impor lebih lembut dibandingkan cosmos lokal.

Sepulang dari Singapore, saya juga sempat berburu seed cosmos impor karena ngiler lihat warna bunganya yang terlihat tak biasa. Sayangnya, saya bukanlah tipikal orang yang cukup telaten untuk menanam tanaman lewat seed (Ini tantangan buat saya ke depan untuk bisa menaklukkan seed).

Nah, kali ini saya masih belum bicara soal cosmos impor karena saya belum memilikinya. Hehehe... Saya hanya akan sharing soal cosmos lokal yang saya tanam di rumah.

Saya mendapatkan seed bunga tersebut dengan cara barter (tukar) dengan umbi rain lily dengan seorang teman yang saya kenal di facebook. Waktu itu saya mendapatkan seed warna kuning.


Baca Juga:
Morning Glory, Tanaman Rambat Gampang Rawat
Ternyata Krisan Bisa Subur di Daerah Panas

Tak berbeda dengan tanaman pecinta sinar matahari (sun loving) lainnya, biji cosmos sangat mudah tumbuh. Bahkan, hanya disebar-sebar saja, tanaman ini langsung tumbuh. Biasanya, jika sudah ada satu pohon cosmos, anakan cosmos akan tumbuh di mana-mana.

Jika kita ingin membuat semacam pagar bunga Cosmos, sebaiknya kita bibit kan dulu baru ditata saat tanaman sudah agak besar.

Untuk menanam tanaman ini sangatlah mudah. Tinggal tabur biji yang sudah kering di atas media tanam dan diletakkan di tempat yang kena cahaya matahari, maka biji-biji tersebut akan segera tumbuh.

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk bisa subur dan berbunga.

Bunga Cosmos by Rumah Bunga Neisha
Bunga cosmos kuning terlihat semarak saat mekar bebarengan. 
Bahkan saat tanaman baru tumbuh, jika kekurangan sinar matahari maka pertumbuhan nya tak akan maksimal. Yakni menjadi kutilang alias kurus tinggi langsing.

Semudah menanamnya, cosmos juga sangat mudah dirawat. Bahkan cenderung tidak terlalu rewel. Cukup disiram sehari sekali tanaman ini akan cepat besar.

Tanpa diberikan pupuk pun, bunga ini akan tetap subur dan berbunga. Apalagi jika ditanam langsung di tanah.

Mengenai hama, sejauh ini hama yang mengganggu tanaman ini adalah kutu putih dan aphids yang biasanya menyebabkan daunnya keriting.

Satu hal yang harus diingat, Cosmos adalah tanaman annual jadi harus rajin semai lagi saat masa hidupnya sudah usai.

Gimana? Tertarik menanam Cosmos?


Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha

9 komentar:

Sujanto Tedja mengatakan...

Kapan ya bisa belajar sama mbak tentang ilmu tanam menanam. Seru banget, jadi indah sekali

Ameliasepta mengatakan...

Cantik banget sih pasti yah taman rumah kakak, pangen liat akutu.
Kemaren pengen belajar-belajar nanam, tapi belum sempet huhu

danan wahyu mengatakan...

bunga jenis ini kan ada yang udah disilan ya jadi waranya ada yang totol merah atau putih gitu

Juli mengatakan...

Lama tak berkunjung ke blog kk, rindu juga liat foto2 bunganya yang cantik dan sejuk di mata. Aku pengen bisa megang tanaman2 kayak gini, tapi beluuum kesampaian.. Mungkin suatu saat kalau mau nanam, blog kk yang akan aku cari.. :)

Narsih Asih mengatakan...

Wah mimpi yang indah punya taman penuh bunga. Apa lagi kalau mekar sepanjang tahun. Tapi bunganya cuma ada warna kuning aja ya.

Ahmadi Sultan mengatakan...

Ohhh baru tau namanya. Padahal sejak kecil sering lihat bunga ini. Waktu SD sering disuruh tanam bunga di sekolah tapi gak tau namanya :)

Citra mengatakan...

Nama bunganya cosmos? Baru tahu... Mirip bunga kertas sekilas ya

arreza mp mengatakan...

metode tanam menanam yang kreatif banget kak indy
jadi pengen langsung belajar dari suhu nya

nantilah ya

Puput Yuhara mengatakan...

Bunga.. Bungaa...
Ini enakan nanam di tanah langsung deh.. Tanpa pot.. Boleh juga nanam cosmos... Jadi mikir buat nanam biar
semarak warna warni ��

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda