28 Maret 2019

RUMAH BUNGA NEISHA - Cara Menanam Krokot Alias Mossrose Agar Subur dan Rajin Berbunga


--- RUMAH BUNGA NEISHA ---

Cara Menanam Krokot Alias Mossrose Agar Subur dan Rajin Berbunga

MOSS ROSE alias krokot alias bunga pukul sembilan alias sutra bombay ternyata banyak banget ya yang suka.

Tanaman dengan banyak nama ini tak pernah gagal membuat halaman berwarna-warni.

Selain karena warnanya yang banyak dan rajin berbunga, bunga ini juga relatif mudah ditanam dibandingkan jenis bunga lain.




Terutama untuk krokot jenis carnation alias krokot yang berdaun tajam mirip  jarum.


Bagi orang yang kerap gagal menanam bunga, banyak yang menyarankan untuk menanam bunga yang satu ini.
Warna-warni moss rose alias krokot. Foto koleksi Rumah Bunga Neisha
Sebenarnya, menurut saya menanam krokot dibilang mudah memang iya. Mudah dalam artian mudah untuk tumbuh. Tinggal tancap di tanah, tanaman bisa dengan mudah untuk tumbuh.


Rumah Bunga Neisha
Warna-warni moss rose alias krokot. Foto koleksi Rumah Bunga Neisha

Tapi kalau artian mudah di sini adalah mudah dalam perawatan, sepertinya harus dipertimbangkan lagi deh. :)

Karena, sebenarnya krokot ini butuh perawatan ekstra lho, agar selalu sehat dan rajin berbunga, tetap sehat dan tentu saja biar menarik.

Baca Juga:  Gloxinia, Cantiknya Mirip Bunga Palsu

Jika dibiarkan saja tanpa perawatan, biasanya batangnya akan memanjang, malas berbunga, dan terakhir batang-batang bagian bawahnya membusuk. Belum lagi kalau tanaman kena hama, lengkap deh penderitaan si krokot. Hehehe...


Nah, gimana biar krokot tampil maksimal dengan bunga bermekaran terus tanpa henti?



Begini Cara Menanam Krokot

1. Siapkan media tanam yang subur. Misalnya tanah hitam dicampurkan pupuk kandang atau kompos. Kalau saya sih lebih suka menggunakan pupuk kandang yang sudah diolah agar tidak menimbulkan jamur. Jika tersedia, media tanam bisa dicampur sekam bakar atau sekam mentah agar tak keras.

2. Tanam stek batang krokot dengan rapat. Saya lebih suka menanam dengan stek pendek dengan ukuran sama agar setelah tumbuh ukurannya seragam. Kenapa rapat karena biasanya saat berbunga jd lebih penuh dan cantik.

Baca Juga: Menanam Krisan di Daerah Panas? Bisa Subur Kok

3. Tempatkan di tempat yang kena panas langsung alias full sun. Krokot adalah tanaman penyuka sinar matahari. Jadi, akan meriah jika ditanam di bawah sinar matahari yang banyak.

4. Berikan pupuk NPK (bisa NPK biru atau hijau) setiap dua minggu sekali untuk membuat daun keliatan hijau, batangnya besar dan bunganya jadi lebih lebar. Pupuk ini juga akan merangsang pembungaan. (Saya biasanya memberikan pupuk NPK dengan cara dicairkan dulu baru disiramkan ke media tanam).

5.  Untuk memunculkan cabang-cabang baru dan biar rimbun, pangkas tanaman secara rutin.

6. Jika tanaman kelihatan tua, lakukan re-plant alias penanaman kembali agar tanaman menjadi segar kembali. Jika belum ada waktu, pemupukan rutin biasanya akan membuat krokot tetap kelihatan segar, hijau dan rajin berbunga. Atau kalau malas re-plant cek tipsnya di artikel Membuat Sutra Bombay Alias Krokot Subur Kembali Tanpa Re-Plant

7. Jika ada hama, semprotkan insektisida untuk menghilangkannya. Tak punya insektida? Campur dua tetes sabun cuci piring dengan air, masukkan ke dalam botol semprotan. Semprot ke tanaman yang kena hama.

Bagaimana? gampang kan? tanam yuk!

#krokot #rumahbunga neisha #mossrose #tanamangantung #tips #caramenanambunga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda