26 Februari 2014

Pembesaran Kelenjar Leher, Bahayakah?

Assalamualaikum...
Saat melihat postingan tulisan lama yang paling sering dibaca, ternyata artikel yang terkait dengan masalah benjolan di leher cukup banyak peminat. Selain itu, banyak pertanyaan juga yang masuk ke email pribadi saya. Sayangnya, bukan kapasitas saya untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Nah, untuk menambah informasi terkait benjolan di leher, saya ingin membagikan artikel yang saya ambil dari grup facebook di Room for Children. Mudah-mudahan, informasi ini bisa membantu tamu blog Neisha-Diva.

===

Dok, apakah pembesaran kelenjar di leher anak saya adalah kanker?

Oleh Mururul Aisyi pada 17 Juni 2011 pukul 16:04
dr.M.Aisyi,SpA 
RS Kanker Dharmais Pusat Kanker Nasional, RS Sari ASih Ciputat

Pertanyaan tersebut sering terlontar manakala orang tua pasien datang ke tempat praktek dokter.  Memang kanker pada saat awal sulit dikenali tetapi mudah diobati, tetapi pada saat kanker sudah stadium lanjut maka Kanker lebih mudah dikenali namun sulit diobati.  Bagaimana memperkirakan suatu benjolan adalah kanker adalah suatu pertanyaan besar bukan saja bagi orang tua namun juga bagi tenaga kesehatan.
Kanker dapat mengenai bukan saja orang dewasa tetapi juga anak. Kok bisa Dok?.. nah disinilah pangkal masalahnya, penyebab Kanker pada anak umumnya belum diketahui sehingga kanker pada anak tidak dapat dicegah. Jadi apa yang bisa kita lakukan? .. meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya kanker adalah suatu langkah yg amat penting dalam menanggulangi kanker pada anak.


Secara umum memang lesi-lesi jinak lebih banyak dibandingkan dengan insidens keganasan,  yg jadi masalah adalah bagaimana kita mencurigai suatu benjolan merupakan keganasan atau infeksi tanpa menyebabkan keterlambatan dan juga  tanpa melakukan sejumlah biopsi pada kasus yg tidak memerlukannya . Berikut adalah tips-tips bagaimana memperkirakan suatu benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar getah bening adalah suatu proses keganasan atau karena penyebab lain.

Ukuran
Pada pemeriksaan yg teliti tidak jarang menemukan benjolan kecil  pada org normal. Limfadenopati yg bermakna didefinisikan sebagai 1 cm  atau lebih pada org dewasa dan 2 cm atau lebih pada anak.

Umur
Anak cenderung memiliki  limfadenopati yg lebih menonjol dibanding org dewasa. Secara umum adanya benjolan pada orang dewasa lebih mengkhawatirkan dibanding adanya benjolan pada anak. Penyebab limfadenopati juga bervariasi menurut usia.  Risiko keganasan lebih tinggi pada org dewasa dibanding anak atau remaja.  Metastasis kanker merupakan hal yg jarang ditemukan pada anak namun merupakan penyebab umum limfadenopati pada dewasa. Pada anak benjolan lebih dari 2 cm, foto rontgen yg abnormal, berat badan turun atau keringat malam merupakan sejumlah indikasi utk mempertimbangkan biopsi. Jika tidak ada gejala dan tanda seperti di atas, kecil kemungkinan kelainan   pada kelenjar getah bening tersebut merupakan hal yang serius.

Karakteristik Benjolan
Benjolan akibat infeksi biasanya nyeri dan fluktuatif serta kulit sekitarnya ada tanda-tanda peradangan. Pembesaran kelenjar getah bening karena  metastatis/penyebaran suatu Kanker biasanya  keras dan terfiksir  pada jaringan sekitarnya. Limfoma malignum dapat  teraba keras atau rubbery  tetapi umumnya tidak keras seperti batu atau terfiksasi terhadap jaringan sekitar.

Lokasi Benjolan
Benjolan di diatas tulang selangka (supraklavikula) hampir selalu bermakna sebagai suatu proses keganasan. Benjolan di lipat paha dan ketiak lebih sering merupakan tanda reaktif dari suatu peradangan. Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening/ limfadenopati di leher mungkin bisa meupakan suatu limfoma (Kanker kelenjar getah bening) atau metastasis  (penyebaran) Kanker jenis lain.

Persistence of growth
Benjolan limfe yg  tetap ada selama lebih dari 4-6 minggu atau tetap tumbuh dalam 2 minggu pengamatan harus dicurigai.

Kemungkinan sumber yg terlokalisir
Kelenjar getah bening yg mendrainage (mengaliri)  lokasi infeksi dapat membesar manakala ada infeksi. Dengan begitu pemeriksaan yg  teliti pada daerah yg didrainase sangat penting. Adanya pembesaran getah bening didaerah leher misalnya, harus dicari adakah infeksi pada  daerah kulit kepala, telinga dan tenggorokan. Infeksi sinus dan abses gigi dapat merupakan penyebab limfadenopati servikal yg tersembunyi.  Bila ada pembesaran di ketiak , harus dicari adakah infeksi pada lengan dan tangan. Bila ada pembesaran di daerah lipat paha, harus dicari adakah infeksi pada tungkai dan kaki, termasuk infeksi jamur (athlete’s foot)

Bukti adanya infeksi sistemik
Penyebab infeksi-infeksi lain seperti mononucleosis infeksiosa, hepatitis dan infeksi sistemik lainnya. Tentunya hal ini dilakukan oleh dokter.

Riwayat penyakit dahulu dan pengobatannya
Perlu pula dilihat apakah ada riwayat pernah menderita Kanker sebelumnya, penyakit sistemik lain, paparan terhadap TBC, atau penyakit infeksi lain . Juga penggunaan obat terutama  jenis fenitoin atau hidantoin lainnya.


Demikian tips-tips untuk memperkirakan apakah   pembesaran kelenjar getah bening  adalah Kanker atau bukan. Mudah-mudahan membawa manfaat.  Konsultasikan segera dengan Dokter Spesialis Anak anda setiap kali menemukan adanya benjolan .  Sedikit “parno” untuk  mencurigai benjolan tidak apa-apa bahkan dapat menyelamatkan nyawa seorang anak. Ingat, “Kanker pada anak DAPAT diupayakan sembuh  bila ditemukan lebih dini.


Sumber: Artikel di Grup FB Room for Children

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda