09 November 2014

11 Cara Agar Anak Tidak Malas Belajar

http://www.educational-psychologist.co.uk
MELIHAT anak malas belajar pastilah bikin kesal para orangtua. Apalagi, jika orangtua merasa sudah berusaha keras membujuk anak agar mau belajar tapi anak tetap malas-malasan belajar. Bagi anak yang memiliki daya tangkap tinggi tentu bukan masalah besar jika anak jarang belajar. Karena, sekali belajar saja pelajaran sudah bisa ditangkap. Lain halnya bagi anak yang sulit konsentrasi, rasa malas belajar pada anak tentu akan memperparah kesulitan anak memahami pelajaran.
Nah, bagi para orangtua jangan buru-buru emosi. Karena ada banyak cara untuk membuat anak lebih semangat belajar. Kali ini, saya akan membagikan 11 cara agar anak tidak malas belajar. Tulisan ini pernah saya posting, tapi tak apalah dibagikan lagi. Siapa tahu bermanfaat:


1. Ajak anak untuk sharing dan menceritakan keluhan yang menyebabkan mereka enggan belajar. Melalui pendekatan emosional, anak akan lebih nyaman menyampaikan keinginan mereka.

2. Jika anak tetap enggan untuk belajar, jangan bosan merayu anak hingga meraka mau. Tapi ingat, jangan menempelkan predikat malas pada anak. Karena kata-kata malas itu akan terus- terusan melekat dalam ingatan mereka.

3. Agar anak bersemangat, ciptakan suasana yang menyenangkan. Belajar tak perlu di kamar atau ruang belajar tapi bisa di teras, ruang keluarga atau taman. Yang penting, jauhkan dulu hal-hal yang bisa memecah konsentrasi anak seperti tayangan televisi, games atau mainan.

4. Waktu belajar tak perlu lama tapi harus rutin. Ajak anak menentukan kapan waktu yang mereka inginkan sebagai waktu belajar mereka.

5. Terapkan sanksi tegas dan konsisten saat anak melanggar kesepakatan yang telah dibuat.

6. Berikan reward atau penghargaan jika anak konsisten belajar atau bahkan meraih prestasi membanggakan.

7. Jangan menetapkan target tertentu pada anak. Misalnya harus juara satu, menang ini dan itu. Target itu justru akan membebani anak dan membuat mereka merasa tidak nyaman. Hargailah setiap pencapaian yang diperoleh anak apapun itu.

8. Bantu anak menemukan kelebihan diri dan ajak mereka mengembangkan kemampuan itu agar menjadi prestasi yang membanggakan. Lewat sebuah prestasi, anak akan makin percaya diri.

9. Berusahalah untuk selalu memompa semangat anak lewat pujian dan perhatian.

10. Jika di sekitar rumah, banyak anak yang seusia dengan anak Anda, dorong untuk membuat sebuah kelompok belajar. Lewat kelompok belajar dengan anggota anak yang seusia, anak biasanya akan lebih semangat belajar.

11. Luangkan waktu untuk mendampingi anak dan minta anak menganggap Anda sebagai teman belajar mereka. Katakan pada anak untuk tidak ragu menanyakan pelajaran yang sulit dan bantulah anak mempelajarinya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda