25 Februari 2015

Belajar Menanam Anggrek

DULU, saya mengira menanam anggrek itu sangat sulit dan ribet dalam perawatannya. Termasuk anggrek dendrobium yang sangat terkenal paling mudah perawatannya di antara jenis anggrek lain. Anggapan itulah yang pada akhirnya memang membuat saya takut mencoba menanam bunga yang satu ini.
Sebenarnya, saya mulai mencoba menanam anggrek sejak tahun 2012 silam. Waktu itu, saya mencoba membeli empat seedling dendrobium. Alasannya membeli seedling tentu saja karena harganya relatif murah. Empat seedling tersebut saya bawa pulang dengan harga Rp 50 ribu saja.
Karena belum pernah menanam anggrek sama sekali, saya mencoba googling cara perawatan anggrek, membeli pupuk cair khusus anggrek dan membeli peralatan lain untuk perawatan anggrek. Sayangnya, karena pohon anggrek tak terlihat berkembang sama sekali alias tetap aja kecil, saya akhirnya bosan mengurusnya dan membiarkannya hidup segan mati tak mau.

Bahkan, ada beberapa anggrek yang diberi teman pun ikutan mati akibat kurangnya pengetahuan merawat anggrek dan juga kurang telatennya saya merawat.
Akhirnya, tahun 2014 kemarin, saya bergabung dengan komunitas-komunitas penyuka anggrek ada di media sosial. Saya belajar cara merawat anggrek dengan menjadi silent rider. Saya juga bertanya cara perawatan dengan penjual anggrek yang kebetulan saya berminat membeli beberapa pohonnya.
Dan ternyata, merawat anggrek khususnya dendrobium itu tak sesusah yang saya bayangkan, lho. Asal cukup kelembapan, cukup angin, diberikan nutrisi yang cukup seperti memberikan zat perangsang tumbuh (ZPT) --saya pakai atonik-- dan pupuk, juga menyiram dengan air cucian beras yang diberikan sedikit gula pasir, anggrek-anggrek saya bisa subur dan rajin berbunga. Bahkan, anggrek yang dulu sudah nyaris mati pun kini rajin berbunga dan bunganya tahan sampai sebulan lebih. Sungguh menyenangkan sekali...
Seedling yang dibeli dari kecil pun sekitar lima sampai enam bulan kemudian sudah mulai setor bunga. Jadi bagi yang sedang ingin belajar menanam anggrek jangan takut mencoba....:)


BACA JUGA: Kenali Masalah Bunga Anggrek Kita

Ini beberapa koleksi anggrek saya yang sempat saya dokumentasikan. Beberapa bunga ada yang tau namanya tapi ada juga yang nggak tau namanya:
Dendrobium Sashitorn Pink



Dendrobium King Dragon Princess



Dendrobium Sonia Ersakul

Dendrobium Jacky Stripe

Dendrobium  Fukuoka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda