11 Mei 2015

Puslane Fairy Tale, Si Jambul Yang Ciamik...

KENAL dengan si jambul purslane fairy tale ini belum lama. Waktu itu liat-liat di facebook temen aja. Lucu juga ya ternyata ada krokot alias purslane yang modelnya unik gitu. Sebenarnya dari awal liat memang udah pengen punya sih, cuma mikir harga sama ongkirnya jadi liat-liat gambarnya aja di wall temen.
Apalagi, waktu itu semangat berkebunnya memang lagi drop. Jadi rasanya sayang kalau beli bunga tapi gak keurus akibat kemalasan yang luar biasa...:D

Alhamdulillah, kalau memang rezeki nggak akan kemana. Akhirnya, sekarang bisa juga punya beberapa jenis si jambul ini. Hasil pemberian teman yang kenal di FB dan sama-sama tinggal di Batam. Walaupun belum tumbuh subur, tapi lumayan lah untuk nambah koleksi moss rose sama purslane di halaman depan.
Sayangnya, bunga yang satu ini di tangan saya tak bisa langsung subur. Terutama si jambul putih. Entah dimana kemarin ditancapkan, sampai sekarang belum ketemu juga karena masih belum stor bunga.
Dari beberapa cerita penyuka moss rose, jenis jambul ini katanya rada rewel dan susah untuk dirawat. Tapi ada juga yang bilang mudah asal gak terlalu banyak air. Cukup diberikan pupuk NPK untuk bunga, bunga ini akan mengeluarkan jambul-jambul yang bakal mempercantik pot atau halaman rumah. Bahkan,dibandingkan mossrose jenis margarita, bunga fairy tale ini jauh lebih tahan karena mampu mekar sampai sore.
Untuk hama, fairy tale ini rentan kena busuk batang jika musim hujan atau terlalu banyak disiram. Hama lain adalah mealy bug yang tentu saja membuat tanaman ini bisa mati pelan-pelan. Tapi apapun hamanya, bunga ini masih lumayan mudah ditanam lagi meski sudah ada busuk batang. Tinggal buang bagian yang busuk dan tancap ulang, tanaman bisa dengan mudah tumbuh kembali. Mudah kan?

Baca Juga:
Merah Kuning Pesona Purslane
Pot Bunga dari Paralon dan Ban Bekas
Membuat Sutra Bombay Rajin Berbunga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda