15 April 2017

Fittonia, Tanaman Berdaun Indah Untuk Penghias Rumah

SELAIN tanaman berbunga, tanaman berdaun indah juga banyak dilirik untuk menjadi penghias rumah. Model daun yang unik adalah daya tarik tersendiri buat pecinta tanaman.

Fittonia, misalnya. Tanaman dengan ukuran mini tersebut memiliki pesona yang terletak pada keindahan daunnya.

Fittonia sendiri memiliki beberapa pilihan warna.

 Mulai hijau bergaris putih, merah agak pink maupun putih.

Semuanya cakep dan tinggal disesuaikan selera.

Meskipun cocok dijadikan bunga gantung karena sifat tanaman yang memanjang, tapi fittonia lebih banyak dijadikan penghias terrarium atau tanaman dalam botol kaca.

Ukurannya yang mini, daunnya yang indah dan low maintenance membuat tanaman ini kerap dipadukan tanaman terrarium lain. Misalnya saja sukulen, spider plant maupun tanaman low maintenance lain.

Perawatannya? Ribet nggak?

Kalau bicara ribet atau nggak, kalau menurut saya sih nggak terlalu ribet. Hanya saja, tanaman ini memang sangat lamaaa rimbunnya.

Butuh berbulan-bulan untuk membuat tanaman ini memenuhi sebuah pot gantung berukuran 20 cm. Tapi, kalau udah rimbun, wow...cantik pakai banget.

Fittonia suka media tanam yang cenderung kering ke lembab. Jadi media tanam yang cocok adalah media yang tak menyimpan air terlalu lama.

Baca Juga:
Musim Hujan, Saatnya Menanam Mawar
Flower Container Sederhana Bagi Pemula
Lantana, si Liar yang Menggoda

Misalnya saja sekam bakar. Dengan dicampur sedikit kompos, sekam bakar bisa membuat fittonia menjadi cepat subur.

Hindari menggunakan cocopeat dalam media tanam fittonia. Saya pernah mencobanya dan hasilnya, batang tanaman menjadi busuk dan mengundang siput kecil-kecil yang merusak tanaman.

Untuk penyiraman, karena tak terlalu suka air, tanaman ini tak boleh terlalu banyak siram. Siram saja sehari sekali.

Bahkan, jika kita lupa menyiramnya beberapa hari pun, tanaman masih tahan. Jika kelihatan layu daunnya karena kekeringan, fittonia akan segar kembali setelah kita siram.

Nggak beda sama tanaman berdaun indah lain, fittonia juga nggak suka kena sinar matahari langsung atau kena sinar matahari yang terlalu banyak.

Akibatnya, daun-daun bisa terbakar dan menjadi jelek. Sehingga, tempat yang cocok untuk fittonia adalah di bawah naungan, di teras atau bahkan di dalam rumah.

Untuk perbanyakan fittonia, bisa dilakukan dengan stek batang. Pilih batang yang agak tua, gunting dan tancapkan di media tanam baru.

Meskipun harga pasaran fittonia masih lumayan tinggi tapi tanaman ini masih relatif mudah diperbanyak lewat stek. Yang susah adalah tunggu tanaman ini rimbun, hehehe...


Selamat Menanam Fittonia...

Rumah Bunga Neisha






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda