14 April 2017

Musim Hujan, Saatnya Menanam Mawar

MAWAR, kayaknya hampir semua orang suka dengan bunga yang satu ini.

Dan kebanyakan yang datang ke Rumah Bunga Neisha juga kerap tanya mawar.

Bentuknya yang cantik, warnanya yang banyak dan aromanya yang khas membuat mawar tetap aja jadi idola untuk dijadikan penghias halaman rumah. Setuju?

Eits, walau cantik tapi menurut saya tanam mawar itu bener-bener bukan soal mudah lho.

Ada faktor lucky juga. Karena kadang udah cakep tumbuhnya tiba-tiba aja tanaman kena hama, mogok berbunga dan sebagainya. Itu sih berdasarkan pengalaman saya selama bercocok tanam.

Baca Juga: Perawatan Mossrose Alias Krokot Agar Rajin Berbunga

Tapi kabar gembiranya, musim hujan adalah saat tepat untuk menanam mawar. Karena, saat hujan, mawar biasanya akan tumbuh subur, bersemi dan mengeluarkan daun-daun dan cabang baru.

Baca Juga: Memperbanyak Pohon Mint Lewat Stek? Gampang Banget

Mawar juga akan tetap berbunga atau bahkan berbunga lebat saat musim hujan tiba. Tapi ya memang sih, daya tahan kelopak mawar tak akan setahan saat musim panas akibat terguyur air hujan.



Menurut saya, mawar ini penyuka sinar matahari tapi gak terlalu suka kalau terpapar selama seharian. Karena saya pernah meletakkan puluhan pot mawar yang kena sinar matahari selama seharian hanya bagus di awal-awal saja tapi habis itu mereka terkena hama. Daunnya keriting, diserang kutu putih dan banyak masalah lain.

Baca Juga: Mengatasi Buah Berulat dan Busuk Diserang Lalat Buah

Akhirnya, saya putuskan untuk menyiapkan naungan dan memindahkan mawar ke lokasi yang terkena sinar matahari pagi. Karena mawar adalah tanaman yang sangat menyukai sinar matahari pagi dan penyiraman yang cukup. Hasilnya, sekarang mawar tumbuh subur dan keluar banyak bakal bunga. Horeee...

Nah, jika Anda tertarik menanam mawar di musim hujan kayak sekarang ini, simak beberapa tips ala Rumah Bunga Neisha berikut ini:

1. Siapkan pot dan media tanam. Bagi yang menanam mawar untuk koleksi, sebaiknya menggunakan pot dengan ukuran cukup besar. Karena, mawar akan cepat membesar dan otomatis jika berbunga akan lebih ramai. Material pot bisa disesuaikan dengan yang tersedia. Semua jenis bahan pot tetap cocok untuk mawar yang penting memiliki lubang pembuangan air agar tak menggenang setelah hujan atau setelah disiram

2. Untuk media tanam bisa menggunakan tanah hitam, sekam bakar atau sekam mentah, pupuk kandang dan kompos. Pupuk kandang akan sangat membantu mawar untuk berbunga lebat. Tentu saja harus tetap ditambahkan NPK secara rutin ya.

3. Letakkan mawar di tempat yang kena sinar matahari pagi hingga siang. Matahari pagi sangat disukai tanaman tak terkecuali mawar.

4. Jika sudah tumbuh dan bertambah tinggi, jangan lupa untuk rajin memangkas tanaman agar rimbun. Pemangkasan juga penting untuk merangsang bunga, menghindari berkembangnya hama dan membuat tanaman lebih teratur.

5. Potong kuntum bunga yang sudah layu setelah mekar. Selain membuat tanaman kelihatan lebih indah, pemotongan bunga yang telah kering juga akan merangsang tumbuhnya tunas baru. Kehadiran tunas baru berarti akan ada calon bunga baru juga.



Ayo, mumpung masih musim hujan tanam mawar yang banyak. Biar rumahnya berbunga-bunga....^_^



Rumah Bunga Neisha, Batam.
#mawar
#bungacantik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda