14 Juni 2008

Promosiin Aja Band Kamu Lewat Indie Labels

BAGI kamu yang hobi ngeband dan bermain musik, pasti pernah dong ngebayangin manggung di atas stage yang di depannya ada ribuan penonton yang mengelu-elukan nama band kamu atau bahkan nama satu di antara personil band kamu?

Wuuih... pasti jadi pengalaman yang sangat menyenangkan ya? Gimana nggak menyenangkan kalau semua pandangan tertuju ke atas panggung. Bukan itu aja, lagu ciptaan kamu juga bakal dinyanyikan secara koor oleh para penonton. Wow....

Nah, biar angan-angan kamu itu nggak hanya jadi impian belaka, sudah saatnya kamu melakukan sesuatu untuk mewujudkan keinginan kamu. Caranya ya membuat hasil karya kamu itu nggak hanya kamu dengerin sendiri tapi juga didengerin ama oranglain.

Secara, sekarang ini ada banyak banget jalan menuju Roma. Maksudnya, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh biar lagu ciptaan kamu itu bisa didengerin ama oranglain dan disukai ama pendengarnya.

Misalnya nih, kamu bikin rekaman yang isinya demo hasil karya kamu dan mengirimnya ke Indie Labels yang nawarin jasa promosi lagu anak band baru. Gampang kan?

Sebut aja Indie Labels DJWIRYA. Bagi kamu yang emang pengen lagu kamu dikenal ama banyak orang, tawaran DJWIRYA pantas kamu pertimbangin. Soalnya hanya dengan mengirimkan materi berupa demo berformat MP3 dan profil ke email djwirya@yahoo.com, lagu kamu akan diputar di sesi Indie di radio online DJWIRYA setiap kamis pukul 11.00 hingga 12.00 WIB.

"DJWIRYA adalah satu media yang paling pas untuk mempromosikan lagu milik band-band baru melalui radio online dan website. Dan yang perlu dicatat, kami sifatnya hanya mempromosikan lagu dan tidak akan mengkomersialkannya,"ungkap Mas Agung Wiryawan, owner DJWIRYA.COM.

Selain pemutaran lagu melalui radio online di sesi INDIE, materi lagu yang udah kamu kirim itu bakal dipasang di web Indie DJWIRYA.COM (www.djwirya.com/INDIE/). Jadi setiap pengunjung web ini akan lebih mudah mengakses lagu hasil karya kamu.

Meski lokasinya berada di Jakarta, tapi kamu-kamu yang tinggal di luar Jakarta juga tetap diterima loh kalo pengen kirim materi lagu. Cuma, fasilitas wawancara nggak bisa kamu dapetin karena hanya berlaku bagi band yang berdomisili di Jabodetabek.

Selain DJWIRYA.COM, masih banyak lagi Indie Labels yang bisa kamu manfaatin untuk mempromosikan lagu hasil ciptaan kamu. Soalnya, kalo cuma disimpen dan didengerin sendiri, siapa yang bakal tau kalo kamu punya bakat terpendam? Ya nggak??

"Yang paling penting, jangan pernah ragu untuk mengirimkan demo hasil karya kamu. Baik Indie Labels maupun Major Labels. Karena kalo nggak pernah nyoba gimana kita bakal tahu kemampuan kita,"sarang Mas Agung. (*)



Cara Kirim Demo ke DJWIRYA.COM

1. Kirim materi (Mp3 + profil band) ke email : djwirya@yahoo.com

2. Materi yg sudah terkirim akan dipasang di web Indie DJWIRYA.COM (www.djwirya.com/INDIE/)

3. Materi lagu akan di putar di sesi INDIE tiap kamis 11.00 - 12.00 WIB.

'Jual' Lagu Kamu Lewat  Blog


SEKARANG ini demam blog lagi mewabah. Karena lewat media yang satu ini, kamu bisa mencurahkan apa saja yang kamu inginkan. Baik yang sifatnya pribadi atawa socialnetworking.

Nah, daripada blog milik kamu diisi ama curahan hati (curhat) yang tak karuan, kenapa nggak kamu manfaatin sebagai sarana mempublikasikan lagu hasil karya band kamu. Soalnya, tidak sedikit grup band yang bisa dikenal dunia meski hanya menggunakan blog sebagai media promosi.

"Jangan ragu untuk memanfaatkan blog seperti multiply, MyScene untuk mempromosikan hasil karya band kamu,"ungkap Mas Agung Wiryawan.

Apalagi, sekarang ini ada YouTube yang emang disediain untuk mem-posting file video yang pengen kamu publikasikan dan kamu pamerkan pada publik. Tak hanya bisa nunjukin hasil karya, kamu bisa sekalian nampang kan?

Lewat promosi kecil-kecilan plus gratisan ini, mana tahu bisa mempopulerkan band kamu lewat internet. Soalnya, sulit banget loh kalo mau langsung nembus Indie Labels di radio-radio besar apalagi sampe rekaman di Major Labels seperti Sony, EMI, atawa Major Labels lainnya.

Artinya, berpromosi lewat media online bisa jadi alternatif yang paling oke untuk mempromosikan musik kamu. Syukur-syukur ada produser dari major labels besar yang tertarik untuk mengorbitkan band kamu lewat rekaman profesional. Wuih pucuk dicinta ulam tiba.

Meski kamu memanfaatkan blog sebagai media promosi awal hasil karya kamu, jangan lupa untuk memilih lagu yang kira-kira berpotensi komersial dan diterima oleh banyak orang ya. Dengan begitu, orang akan langsung tertarik begitu ngedengerin lagu kamu meski cuma lewat blog.

Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk mempromosiin band sekaligus lagu hasil karyamu adalah dengan rajin ikut berbagai festival. Baik festival di cafe, sekolah, kampus atau di mana aja yang memungkinkan kamu ikutan dan berpartisipasi dalam acara itu.

Soalnya, dengan rajin ikutan aneka festival, otomatis nama band kamu akan semakin dikenal banyak orang. Syukur-syukur mereka jadi tertarik ngundang band kamu untuk jadi pengisi acara Pensi di sekolah mereka atau bahkan acara ulangtahunan. Seru kan?

O ya, ekspose dari media seperti chart radio, koran atawa majalah juga penting loh. Karena semakin sering band kamu nongol di media, akan jadi poin plus dan orang akan semakin mudah mengingat nama band kamu. Jadi jangan melewatkan kesempatan waktu diminta ngisi acara di radio atawa wawancara ama media. (*)



Ngamen bisa Jadi Ajang Promosi juga Loh

PUNYA lagu sendiri dan disukai ama oranglain pasti seneng dong. Tapi itu nggak terjadi dengan sendirinya tanpa usaha loh. Soalnya, kamu-kamu kudu melakukan yang namanya promosi. Ibaratnya, kalo kamu punya hasil karya sehebat apapun kalo nggak dipromosiin ya ama aja boong.

Tapi, gimana dong caranya biar lagu kita bisa dinikmati ama orang banyak? Nah, kali ini Andri Setia, salah seorang listener djwirya.com sekaligus pemenang kontes Speak Uup Da La Light Indie Fest pengen berbagi jurus jitu mendistribusikan sekaligus promosi album sendiri. Kita simak aja yuk!

1. Untuk strategi pemasaran, harus ditentukan dulu alias jelas, mau masuk pangsa pasar apa, anak muda, orang tua atau semua kalangan.

2. Kerahin semua usaha and manfaatin temen-temen kamu, kalo perlu orang tua diajak gabung buat nambah pasukan buat distribusiin album kamu.

3. Promosi paling mudah itu, dari mulut ke mulut, so kasih tau temen and temennya temen kamu, soal hasil karya kamu.

4. Nah perang distribusi itu hampir sama kaya promosi. Jalan-jalan yang bisa dilakukan antara lain:

* Bikin CD yang banyak, covernya bagus, isinya juga kalo perlu masukin profile dalam CD kamu, jangan lupa waktu burning di proteksi DRMS (digital right management systemnya), supaya ngga kena bajak.

* Banyak-banyakin acara manggung kamu, sekalian manggung khan bisa promosi album kamu. Selain itu dengan manggung kamu bisa dapet massa, alias fans. Kalo bisa jual CD kamu disini. Kasih stiker juga biar tebar pesona dikit.

* Manfaatin acara temen, sekolah, kampus, festival dan event musik internasional kalo perlu. Kalo kamu nggak main, kamu jual CD album kamu di acara itu juga bisa mempromosikan album kamu.

* promosi gila-gilaan yang paling mudah menurut saya adalah, pake stiker, bikin yang menarik, kasih contact person, kalo perlu kasih alamat web band kamu, supaya orang yang nggak tau bisa browse dan tau lebih dekat.

* promosi dunia maya juga bisa dilakuin. Gabung aja ke forum-forum musik, milis musik, mau international atawa nasional juga oke. Promosi radio online juga bantu promosi band. Misalnya aja djwirya.com.

* Gabung komunitas Indie seperti indostar.com, myspace and komunitas musik online, biar kamu bisa tau komentar mereka tentang musik kamu, jadi bisa buat masukan juga.

* Nah kalo di dunia nyata, promosi yang bisa dilakukan adalah lewat distro. Trus kalo berani pasang pamflet di sekitar rumah atau rumah temen. Yang paling seru, pasang stiker di angkot (angkutan umum) atau mobil temen. Pasang pamflet juga di sekolah atau kampus.

*Promosi lewat studio musik juga oke. Kalo perlu tiap latihan kamu ganti-ganti studio buat promosi, trus pasang stiker or pamflet kamu, taruh juga CD di studio itu buat dijual.

*Yang paling out of the mind sih, ngamen di bis sambil bawain lagu kita, bener-bener gila neh, tapi berhasil juga kok buat promosiin album, sekalian unjuk kebolehan biar nggak canggung di panggung.

*Kalo nggak mau capek, promosiin aja lewat acara radio dan TV yang nyediain segmen musik Indie. Jangan takut bikin video clip walau modal minjem handycam temen atau tetangga.

*Kalo ada acara giveaway, masukin aja CD kamu buat hadiah. Kan orang jadi bisa denger lagu kamu. Gimana? Berani mencoba demi sebuah kesuksesan? (*)

4 komentar:

  1. wah boleh juga nih,. ..

    saya juga ada band dan lagunya juga lumayan tapi ga tau cara promosinya....

    mungkin cara ini bagus juga... saya coba deh... sapa tau....

    hehe

    pieter
    lamady_au@yahoo.com

    BalasHapus
  2. sorry mo nanya neh,,
    kl mo ikut festival band itu info nya kemana yah???

    BalasHapus
  3. Band yg berasal dari bali beranggotakan :

    - BaYu (Vokal)
    - Angga (Gitar, Keyboard & Back Voc)
    - Fariz (Bass & Back Voc)
    - Bowi (Drum)

    Sebelum kami membentuk band de`AFTeRnOOn, Bayu dan Angga adalah ex Cleopatra band, Fariz dan Bowi adalah ex Sixnal Band, kami memang sering ngumpul dan sharing tentang musik dan kami pun merasa cocok satu dengan lainnya, karena visi dan misi kita sama akhirnya kami membuat band dengan nama de`AFTeRnOOn dengan aliran British Pop yang terbentuk pada tanggal 12 Oktober 2008.

    Kami telah merekam lagu lagu kami di krishna recording Tabanan Bali antara lain :
    - whEn i faLLin in LoVe witTh yoU
    - hai Cinta..
    - Putri Geisha
    - beRsamamu
    - Kau Hancurkan

    Dengan bayu vocal yang catchy, sound gitar Nanda(Angga) yang brit, sentuhan bass Fariz yang mellow, dan ritme drum dari Bowi membuat lagu lagu kami menjadi easy listening dan siap didengarkan oleh semua penikmat musik.

    bayu ex vokalis pandawa band bali setelah itu masuk ke cleopatra dan skarang bergabung dalam de`AFTeRnOOn band yg memiliki visi yg sama.

    angga yg memiliki talenta dibidang musik dalam memainkan gitar(lead) rythim dan bassis yg mempunyai banyak inspirasi menciptakan lagu berdasarkan pengalaman2nya dan pengalaman cinta dari temannya yg dituangkan dalam lagu yg easy listening

    Farriz seorang gitaris lead gitar yg ingin mengembangkan keahliannya dalam memainkan gitar bass dan sekarang asyik memainkan bass di de afternoon band. mahasiswa arsitek universitas udayana denpasar ini sering mendapatkan the best player(lead)gitar

    Bowi drummer yang berasal dari kota kembang bandung yang bergabung di de`AFTeRnOOn ini adalah seorang yang cool bergabung dalam de afternoon yg katanya mirip dengan vokalis vagetoz

    de`AFTeRnOOn juga berupa contoh bahwa kreativitas anak muda Bali khususnya dan Indonesi pada umumnya masih terus berkembang kearah yang positif.

    de`AFTeRnOOn juga bermain di beberapa event, Juara 2 Kuta Karnival 2008 yang diselenggarakan oleh Suzuki, 1st chart list di http://music.dondandon.com dan menjadi opening act artis nasional NETRAL. So, de`AFTeRnOOn siap untuk mewarna Industri musik indonesia. Bergabunglah bersama kami (de`AFTeRSyndrome)


    Band Contact :
    Jln. Tukad Yeh Ho no 2 Blok 18
    BTN Sanggulan Tabanan - Bali
    Free Download our song on
    http://music.dondandon.com/de_afternoon
    Phone :
    081999020564/0361 9130971 (Angga)


    Next Gigs: 22 Februari 2009 de`AFTeRnOOn perform di Blue Eyes Cafe Bali

    BalasHapus
  4. mengagumkan pos.

    Also visit my webpage kaos Spandek

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda