01 Juni 2008

Tempatkan Kursi Santai dengan View Menenangkan

DI tengah kesibukan menjalankan aktivitas harian, mengisi waktu luang dengan relaksasi atau memanjakan diri pastinya akan menjadi saat yang menyenangkan. Baik itu dengan sekadar duduk menikmati udara segar, membaca majalah atau buku kesukaan, main game, menonton televisi atau aktivitas lainnya.

Dan untuk mendukung berbagai aktivitas yang bertujuan relaksasi tersebut, tak jarang orang menyiapkan sebuah area yang benar-benar menawarkan kenyamanan. Mulai view atau pemandangan area relaksasi hingga kursi yang digunakan untuk menghabiskan waktu santai.

Bicara soal kursi santai, pastinya nggak bisa dilepaskan dari fungsi utamanya sebagai kursi untuk relaksasi. Karenanya nggak mengherankan bila model kursi santai cenderung tidak terlalu formal yakni dengan model yang kaku.

Dari kebanyakan kursi santai yang ada, rata-rata menawarkan model yang diharapkan bisa benar- benar memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang duduk di atasnya. Selain kenyamanan, pilihan jenis material dan modelnya juga kian beragam. Hal itu pastinya makin memudahkan pemilik hunian menyesuaikan dengan kebutuhan, selera dan tentunya prestise.

Itu karena, belakangan ini tren furniture termasuk kursi santai tak lagi sekadar berbicara fungsi tapi sudah merambah ke arah mode yang beragam layaknya dunia fashion.

"Pada akhirnya nanti, kursi akan menjadi bagian dari fashion yakni bagian pusat aksentuasi dalam 'mendandani' hunian. Itu bisa dilihat dari modelnya yang kian modis dan trendi,"ungkap Gerry Mawuntu ST Creative & Designer Interior Coordinator Herman Dexter Home Furnishing.

Kehadiran kursi santai model modis dengan bentuk yang tak biasa seperti bentuk sepatu, lips, dan sebagainya tak hanya akan berfungsi sebagai tempat nyantai. Karena keberadaan benda itu justru menjadi sentuhan art dan point of interest atau pusat perhatian dari keseluruhan desain rumah.

"Jika kursi santai sekaligus akan dijadikan elemen pemanis ruangan, maka model yang dipilih haruslah model yang unik atau warna ngejreng dan eye catching. Bukan itu saja, penempatan kursi inipun sebaiknya juga terpisah atau tidak disatukan dengan kursi lain,"jelas Gerry.

Misalnya saja, di area sudut di dekat jendela dengan view yang bisa memanjakan pandangan mata. Sebab, sesuai tujuannya utama sebagai kursi santai, saat seseorang memutuskan duduk di atasnya pasti berharap mendapatkan suasana yang santai dan menenangkan. View atau pemandangan indah pasti akan lebih membantu memunculkan perasaan rileks.

"Pada prinsipnya kursi santai bisa ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan penggunanya. Hanya saja, sebaiknya area penempatannya memang benar-benar bisa memunculkan perasaan rileks sebagaimana tujuan utama duduk di atas kursi tersebut,"katanya. (*)



Model Lipat untuk Ruang Kecil

MENEMPATKAN sebuah kursi santai pada hunian memang bukan satu kebutuhan yang sifatnya mendesak. Terlebih, kehadiran furniture ini pastinya akan membutuhkan space sebagai area penempatannya.

Itu karena, kebanyakan kursi santai dihadirkan dengan model memanjang sesuai fungsinya untuk bersantai. Dengan model seperti itu, pastinya membuat ruang yang dibutuhkan untuk menempatkan kursi santai harus lebih luas dibandingkan jika menempatkan kursi biasa layaknya single chair atau single sofa.

Namun, kebutuhan ruang yang lebih luas tidak lantas membuat kursi santai hanya bisa dihadirkan pada hunian yang luas saja. Sebab, hunian yang mungil dengan ruangan yang mungil pun kini bisa menikmati kehadiran kursi santai.

"Sekarang ini cukup banyak model kursi santai yang dihadirkan dengan model yang bisa dilipat. Saat akan digunakan, kursi bisa dipanjangkan sehingga nyaman digunakan untuk berbaring santai. Selanjutnya, ketika akan disimpan, kursi bisa dilipat sehingga bisa menjadi lebih kecil,"ungkap Andy Chandra, pemilik Taffeta Dekor Batam.

Meski bisa dilipat, beberapa model kursi santai yang ditawarkan tetap dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan relaksasi. Sebut saja, dengan memberikan lapisan busa agar lebih nyaman, bisa digunakan untuk berbaring santai atau duduk dengan posisi rileks.

Dari sisi model, kursi santai model lipat juga mulai bervariasi. Namun, sekarang ini kursi santai model slim berbahan paduan kulit, PVC dan PV dan stainless sedang digemari. Itu karena, kursi model ini akan terlihat serasi ketika dipadukan dengan hunian minimalis modern yang sedang menjadi trend. (*)



Praktis dengan Kursi Multifungsi

MEMILIKI satu furniture tapi bisa mendapatkan banyak manfaat pastinya akan menjadi poin plus tersendiri. Sebab, bukan hanya hemat, furniture multifungsi juga menawarkan kepraktisan dalam tata ruang hunian.

Dan belakangan ini, kursi santai yang awalnya hanya bisa dinikmati dengan model khusus, kini sudah mulai tampil dengan model yang lebih multifungsi. Sebut saja, sofa bed yakni sofa yang bisa digunakan sebagai kursi santai tapi bisa dialihfungsikan menjadi tempat tidur.
Sehingga, saat pemilik hunian membutuhkan area lebih untuk tidur bisa memanfaatkan kursi tersebut.

Bahkan, kursi tamu dengan model formal yakni dengan posisi dudukan tegak, kini mulai dilengkapi dengan pengatur posisi dudukan kursi. Sehingga, saat membutuhkan kursi santai, tinggal mengatur posisi dudukan agar menjadi lebih rileks saat diduduki.

"Bukan hanya sandaran saja yang bisa diatur, kini banyak juga kursi formal yang bisa ditarik lebih panjang, bisa diputar atau menjadi kursi goyang. Dengan begitu, saat ingin santai tak perlu butuh kursi yang khusus santai,"ungkap Andy Chandra, Pemilik Tafetta Dekor Batam.

Selain kursi formal, headboard tempat tidur yang awalnya tampil kaku pun kini sudah mulai diberikan sentuhan modifikasi agar bisa dialihfungsikan sebagai kursi santai.

"Sekarang ini, headboard tempat tidur tidak lagi tampil kaku. Sebab, tren terbaru headboard bisa disulap menjadi kursi santai yakni ketika dimiringkan headboard langsung berubah fungsi menjadi kursi santai. Itulah kenapa belakangan headboard tempat tidur tidak lagi ditempatkan menempel di dinding,"ungkap Gerry Mawuntu ST Creative & Designer Interior Coordinator Herman Dexter Home Furnishing. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda