28 Oktober 2014

Resep Sweet Roll Tanpa Ulenan Nikmatul Rosidah

Sweet Roll Buatanku...^_^
MESKIPUN saya tak begitu bisa membuat roti atau makanan lain, tapi saya tetap berusaha untuk membuat makanan sendiri untuk anak-anak dan suami. Yah, meski dari sisi bentuknya kadang kelihatan biasa saja cenderung aneh.:) tapi saat melihat anak-anak lahap memakan makanan yang saya bikin membuat saya tetap semangat mencoba aneka makanan dari berbagai sumber.
Seperti saat membuat roti manis. Pertama kali saya mencoba membuat roti manis menggunakan resep potato bread milik Teh Rickie. Hasilnya sih lembut banget meskipun bentuk roti buatan saya masih aneh karena baru pertama kali membuat roti.
Cuma karena membuat roti manis butuh kekuatan tangan untuk menguleni hingga kalis, akhirnya saya memilih membuat cake yang dikocok dengan bantuan mixer.
Sampai akhirnya, Mbak Nikmatul Rosidah membagikan resep sweet roll di grup FB Natural Cooking Club. Sebenarnya, Mbak Nik membagikan dua resep sweet roll tanpa ulenan. Tapi karena resep yang pertama saya rasa cukup lengket, jadi saya lebih memilih resep yang versi kedua.
Membuat roti ini sangatlah mudah karena nggak perlu diuleni. Tinggal campur-campur bahan, diaduk, didiamin satu jam, langsung bisa dibentuk berbagai macam model roti dengan aneka isian. Mulai coklat, pisang, sosis, abon, kacang hijau, dan sebagainya.
Dough roti ini juga sering saya bentuk menjadi pizza dengan topping sesuai selera. Mulai sosis, bakso, ayam, atau kalau sedang ingin yang manis-manis diberi topping pisang ditabur coklat ceres.
Kadang-kadang, saya juga menyisakan sedikit adonan dibungkus plastik dan disimpan di freezer. Saat ingin ngemil, tinggal ambil dough dan diberi topping sesuai selera langsung bisa dipanggang. Enak juga lho, tetap lembut.
Nah, bagi yang ingin mencoba resep sweet roll, ini dia resepnya:

Resep Sweet Roll Nikmatul Rosidah (Versi II)

Bahan:
-120 ml air hangat, suhu dibawah 45 derajat.
-120 ml Susu segar (tawar)hangat
-1 telur,suhu ruang
-76 gram Butter/Margarine, lembutkan dengan garpu
-100 gram gula pasir.
-1 sdt garam
-480 gram tepung terigu Pro sedang,All purpose flour.Diayak
-2.5 sdt Ragi Roti.
-1/4 sdt gula pasir

Bahan Polesan:
*Kocok lepas satu butir dicampur 1 sdm susu


Cara membuat:
  • Campur ragi di air hangat tambahkan 1/4 sdt gula. Aduk- aduk sampai ragi larut dan diamkan kurang lebih selama 10 menit sampai ragi berbuih.
  • Dalam mangkok besar, campur garam dengan tepung, kemudian masukkan gula, telur, butter (margarin), susu dan ragi yang telah dicampur air.
  • Aduk-aduk dengan tangan sampai tepung menjadi adonan yang lembut tapi jangan terlalu diuleni.
  • Diamkan dalam mangkuk yang tertutup dengan plastik cling wrap atau serbet basah. Diamkan selama satu jam. (Kalau saya biasanya, adonan dough saya letakkan di rak oven bagian atas dan dibawahnya diberikan panci berisi air panas agar ragi cepat bekerja).
  • Kempiskan adonan dan rehatkan selama dua menit.
  • Adonan siap dibentuk sesuai selera
  • Poles dough yang sudah dibentuk dengan bahan polesan
  • Panggang dengan suhu oven 180 derajat - 190 derajat selama 10 menit (sesuaikan dengan kondisi oven di rumah)


Catatan:
*Untuk memipihkan adonan supaya rolling pin tidak lengket gunakan clingwrap atau plastik biasa di atas adonan.


Selamat Mencoba. Ayo, kita masak sendiri. Seaneh apapun masakan kita, insya Allah kelak anak-anak akan kangen pada masakan mamanya. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda