22 Juli 2017

Sedang Mencari Ide Tanaman Gantung? Cek 10 Jenis Tanaman Gantung Mudah Dirawat Ini

TANAMAN gantung bisa jadi alternatif untuk membuat rumah terlihat asri walaupun berada lahan terbatas.


Tanaman gantung. Foto by Rumah Bunga Neisha
Untuk menghadirkan tanaman ini juga bukan hal yang sulit. Cukup menyiapkan tempat menggantung, tanaman sudah bisa mempercantik rumah sekaligus membuat suasana lebih asri.

Model gantungan bisa dibuat sesuai selera. Bisa menggunakan besi teralis yang dibuat untuk gantungan single mirip gantungan lampu atau bisa juga dibuat mirip jemuran baju yang bisa digunakan untuk menggantung banyak pot sekaligus.


Gantungan single juga bisa dibikin sederhana dengan membuat penggantung dari besi dan dipasang pada pengait yang dibor pada kanopi.

Bicara soal bunga gantung, tentu tak lepas dengan pemilihan tanaman secara tepat.  Agar terlihat cantik saat digantung, tanaman dengan karakter trailing atau menjuntai bisa jadi alternatif pilihan.

Baca Juga:
(DIY) Membuat Pergola Sederhana. Cantik dan Murah Meriah
Membuat Sutra Bombay Rajin Berbunga


Tanaman tersebut juga ada dua macam. Ada yang berbunga atau tanaman berdaun saja.
Nah, sebagai referensi berikut ini ada sejumlah tanaman berdaun indah yang bisa dijadikan tanaman gantung di rumah dan tentu saja mudah perawatannya.

1. Pucuk Ungu

Memiliki daun ungu, tanaman ini sangat mudah ditanam. Jika subur, tanaman ini akan menjuntai hingga panjang.

Tapi kalau kurang suka dengan tanaman yang terlalu panjang, memangkas secara rutin akan membuat tanaman ini berbentuk bulat dan cantik.

 


2. Creeping Charlie

Daunnya sangat mirip dengan daun mint. Makanya kadang banyak yang mengira tanaman ini adalah daun mint. Tanaman yang tak berbunga ini bisa diandalkan untuk mempercantik rumah, lho. Daunnya yang hijau dan menjuntai akan kelihatan cakep kalau sudah rata menutupi seluruh permukaan pot gantung.



3. Sirih Gading

Tanaman gantung ini cukup populer dan banyak disukai. Mudah ditanam dan bisa dijadikan sebagai indoor plant. Bahkan, bagi yang suka dekorasi ala ala shabby biasanya menambahkan tanaman yang satu ini.  Sirih Gading sendiri ada beberapa macam ada yang biasa ada yang varigata juga. Tinggal pilih aja sesuai selera.




5. Tradescantia zebrina

Tanaman ini memiliki daun warna ungu dengan garis warna silver. Bunga ini selain bisa digantung juga bisa dijadikan sebagai tanaman untuk pot tempel dinding. Saat tanaman menutup pot, akan kelihatan cantik.


6. Greenfall

Tanaman berdaun hijau dengan daun berukuran kecil ini sangat mudah ditanam. Cukup diperbanyak menggunakan stek, tanaman ini lumayan cepat panjang. Saat semua tanaman sudah menutupi semua pot, greenfall bisa jadi pemanis hunian.



7. Silverfall

Sesuai namanya, tanaman ini memiliki daun berwarna silver atau perak. Tanaman ini bisa ditanam untuk tanaman gantung maupun tanaman untuk pot tempel. Kadang, tanaman ini digabung dengan tanaman lain sebagai pemanis karena warnanya yang ngejreng.

Foto pinjem punya zojeczka.wordpress.com

8, Pakis

Pakis ada banyak banget macamnya. Dari yang daunnya berukuran lebar hingga yang berdaun lembut. Ada juga yang daunnya agak keriting. Walau kadang banyak dijadikan tanaman indoor, pakis alias fern cukup oke dijadikan sebagai tanaman gantung. Bahkan, saat ditata berjejer dalam satu gantungan, tanaman ini jadi keliatan eye catching. Coba deh di rumah, pasti keren. Untuk perawatan dan perbanyakan tanaman ini cukup mudah.


9. Spider Plant

Sekilas tanaman ini mirip lili paris. Hanya saja, daunnya lebih panjang dan ada calon anakan yang tumbuh pada ujung sulur baru yang menjuntai. Berdaun kombinasi putih dan hijau, spider plant tak hanya bisa dijadikan sebagai tanaman gantung saja tapi juga bisa dijadikan indoor plant.

10. Fittonia

Keindahan daun fittonia cukup dijadikan alasan untuk membuat orang jatuh cinta pada tanaman yang satu ini. Hanya saja, berbeda dengan bunga gantung lainnya, fittonia nggak memiliki batang yang menjuntai. Meski cukup lambat untuk rimbun, namun tanaman ini cukup mudah dirawat. Untuk perawatannya bisa dibaca di artikel Fittonia, Tanaman Berdaun Indah Untuk Penghias Rumah. (*)







Rumah Bunga Neisha
FP Facebook : Rumah Bunga Neisha
Instagram : @indy_neishaarfa 


2 komentar:

  1. Aku suka tanaman gantung pucuk ungu...ada bibitnya mbak?

    BalasHapus
  2. Iya cakep tu, ini gampang banget tanamnya. Asal rajin siram aja ntar cepet rimbun. Ada kok bibitnya.

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda