.

28 Desember 2014

RUMAH BUNGA NEISHA - Membuat Sutra Bombay Rajin Berbunga

Sutra Bombay alias Moss Rose
BAGAIMANA caranya agar sutra bombay atau moss ross rajin berbunga? Pertanyaan itulah yang sering saya cari jawabannya di mbah google.


Saat ini, saya memang sedang senang mengoleksi sutra bombay dengan berbagai warna.

Dulu, waktu di kampung, bunga ini cukup banyak ditemui di rumah-rumah penduduk. Namun, saat di Batam, tak mudah mendapatkan bunga ini secara gratis  (hehehe). Itu karena, tak banyak teman dan kenalan yang punya bunga ini.

Sebenarnya, bunga ini cukup mudah dikembangbiakkan, sayangnya untuk mendapatkan bibitnya tak mudah. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa polibag sutra bombay di nursery untuk dikembangbiakkan.

Untuk ukuran bunga liar seperti rumput, harga bunga ini di nursery Batam cukup mahal yakni Rp 3.000 per polibag. Namun, karena udah terlanjur suka, akhirnya saya beli beberapa polibag dengan beberapa warna.

Foto : Rumah Bunga Neisha

Keindahan sutra bombay ini terletak pada bunganya yang berwarna-warni saat mekar. Jadi, jika bunga ini sepi bunga jadi terlihat biasa saja. Nah, gimana caranya agar bunga ini rajin berbunga?

Baca Juga :
Rahasia Merawat Moss Rose Agar Subur dan Rajin Berbunga
Jeriken Bekas Jangan Dibuang. Bisa Disulap Jadi Pot Cantik Lho
Buah Sering Busuk dan Berulat? Cobalah Trik Ini

Ternyata bunga ini menyukai sinar matahari banyak. Artinya, penempatan yang tepat sangat mempengaruhi banyak sedikitnya bunga. Paparan sinar matahari mulai pagi sangat membantu bunga mengeluarkan bunga dengan warna-warna yang indah.

Kurang sinar matahari membuat tanaman malas berbunga
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam yang subur. Dari hasil googling, bunga ini termasuk tanaman yang sangat toleran dengan tanah kering berpasir.

Dan cenderung tak suka dengan tanah lembab. Sehingga, dalam perawatannya tak perlu penyiraman yang rutin. Namun, agar bisa berbunga banyak, tanaman ini ternyata butuh media tanam subur.

Untuk memunculkan banyak bunga, saya mencoba melakukan repotting bunga dan mengganti media tanam.

Saya mencampur tanah dengan kompos, pupuk kandang, sekam dan serutan kayu. Hasilnya, sutra bombay yang saya tanam cukup rajin berbunga.


Agar mendapat sinar matahari maksimal, saya menempatkan bunga-bunga dalam pot di atas pagar rumah. Selain membuat rumah indah, sekaligus membuat pagar gak jadi tempat lewat kucing-kucing liar yang nakal. ^_^

Walaupun bunga ini tak tahan lama, tapi keindahan bunga yang mirip mawar ini cukup menyenangkan saat dipandang.....Bagaimana? tertarik menanam sutra bombay di rumah? Sekarang sudah tahu kan caranya agar Sutra Bombay berbunga-bunga di rumah Anda. (**)

Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha

2 komentar:

  1. Informasi yang bagus, trimakasih

    BalasHapus
  2. Mbak Rizqi Illa Khoiriyah: Sutra Bombay memang nggak bisa ditempat teduh. Nggak akan bagus pertumbuhannya. Kalau kurang cahaya tanaman yang bagus tanaman berdaun. Misalnya aja aglaonema. Tapi jangan terlalu lembab, pakai media tanam sekam bakar campur kompos aja, biar gak busuk batangnya. Makasih udah mampir...;)

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda