28 Desember 2014

Membuat Sutra Bombay Rajin Berbunga

Sutra Bombay alias Moss Rose
BAGAIMANA caranya agar sutra bombay atau moss ross rajin berbunga? Pertanyaan itulah yang sering saya cari jawabannya di mbah google. Saat ini, saya memang sedang senang mengoleksi sutra bombay dengan berbagai warna.
Dulu, waktu di kampung, bunga ini cukup banyak ditemui di rumah-rumah penduduk. Namun, saat di Batam, tak mudah mendapatkan bunga ini secara gratis  (hehehe). Itu karena, tak banyak teman dan kenalan yang punya bunga ini.
Sebenarnya, bunga ini cukup mudah dikembangbiakkan, sayangnya untuk mendapatkan bibitnya tak mudah. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli beberapa polibag sutra bombay di nursery untuk dikembangbiakkan.
Untuk ukuran bunga liar seperti rumput, harga bunga ini di nursery Batam cukup mahal yakni Rp 3.000 per polibag. Namun, karena udah terlanjur suka, akhirnya saya beli beberapa polibag dengan beberapa warna.
Keindahan sutra bombay ini terletak pada bunganya yang berwarna-warni saat mekar. Jadi, jika bunga ini sepi bunga jadi terlihat biasa saja. Nah, gimana caranya agar bunga ini rajin berbunga?
Ternyata bunga ini menyukai sinar matahari banyak. Artinya, penempatan yang tepat sangat mempengaruhi banyak sedikitnya bunga. Paparan sinar matahari mulai pagi sangat membantu bunga mengeluarkan bunga dengan warna-warna yang indah.
Kurang sinar matahari membuat tanaman malas berbunga
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam yang subur. Dari hasil googling, bunga ini termasuk tanaman yang sangat toleran dengan tanah kering berpasir. Dan cenderung tak suka dengan tanah lembab. Sehingga, dalam perawatannya tak perlu penyiraman yang rutin. Namun, agar bisa berbunga banyak, tanaman ini ternyata butuh media tanam subur.
Untuk memunculkan banyak bunga, saya mencoba melakukan repotting bunga dan mengganti media tanam. Saya mencampur tanah dengan kompos, pupuk kandang, sekam dan serutan kayu. Hasilnya, sutra bombay yang saya tanam cukup rajin berbunga.
Agar mendapat sinar matahari maksimal, saya menempatkan bunga-bunga dalam pot di atas pagar rumah. Selain membuat rumah indah, sekaligus membuat pagar gak jadi tempat lewat kucing-kucing liar yang nakal. ^_^

Walaupun bunga ini tak tahan lama, tapi keindahan bunga yang mirip mawar ini cukup menyenangkan saat dipandang.....Bagaimana? tertarik menanam sutra bombay di rumah?

5 komentar:

  1. Aku beli di tangerang mahal dong ya 10ribu/polybag 😢
    Anyway terima kasih ilmunya 🙏

    BalasHapus
  2. Informasi yang bagus, trimakasih

    BalasHapus
  3. masih murah itu di makassar 5rb/polibag.. kemarin beli 5 warna di kasi diskon 4rb/polibagnya.
    Thanks tipsnya.. sy bru memulai merawat bunga ini krn suka lihat warna warninya.

    BalasHapus
  4. d jember cuma 2rebuu per polibag, alhamdulillaaahhh :D
    tp d tanam d rumah malah layu, karna tanah d rumah teksturnya lembab, trus kurang pencahayaan matahari langsung T__T untuk tanaman hias d depan rumah dengan tekstur tanah lembab, kurang pencahayaan matahari langsung apa ya mbak? terimakasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
  5. Mbak Rizqi Illa Khoiriyah: Sutra Bombay memang nggak bisa ditempat teduh. Nggak akan bagus pertumbuhannya. Kalau kurang cahaya tanaman yang bagus tanaman berdaun. Misalnya aja aglaonema. Tapi jangan terlalu lembab, pakai media tanam sekam bakar campur kompos aja, biar gak busuk batangnya. Makasih udah mampir...;)

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda