.

13 Januari 2018

PENTING! Ini Empat Alasan Tanaman Harus Rutin Dipangkas

Pemangkasan bisa merangsang bunga. Foto : Rumah Bunga Neisha
Empat Alasan Penting Tanaman Harus Rutin Dipangkas - Melihat tanaman tumbuh subur di halaman kadang membuat kita merasa sayang untuk memangkasnya.

Bahkan, bagi sebagian orang ada yang bilang tak apa-apa melihat tanaman tak berbunga asalkan daunnya terlihat subur meskipun tak berbunga.

Atau ada juga yang tak tega memangkas tanaman karena dahan-dahan udah memanjang dan tumbuh tinggi. Sayang kalau dipotong takut terlihat jelek

Tapi ternyata memangkas tanaman itu sangat penting lho. Nggak cuma membuat tanaman terlihat rapi tapi juga merangsang pembungaan atau buah hingga membuat mereka sehat dan bebas penyakit.

Nah, berdasarkan pengalaman dan baca sana sini, setidaknya ada empat manfaat penting kenapa tanaman harus rutin dipangkas. Apa saja itu?

1. Merapikan bentuk tanaman
Pemangkasan penting banget untuk membuat tanaman rapi dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan. Apalagi, jika posisi tanaman kurang mendapatkan sinar matahari, biasanya batang-batang mereka akan tumbuh memanjang untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika tak dirapikan maka akan terlihat berantakan. Pemangkasan juga penting jika kita ingin tanaman memiliki ketinggian tertentu. Biasanya tanaman yang ditanam dalam pot membutuhkan pemangkasan yang lebih rutin.

2. Merangsang tumbuhnya tunas baru
Kadang kita merasa sayang memangkas tanaman apalagi kalau tanaman sudah subur dan tinggi. Namun, sebenarnya tak perlu khawatir karena setelah dipangkas, tanaman biasanya justru akan memunculkan tunas-tunas baru yang biasanya akan lebih segar dan sehat

Baca Juga :
Dwarf Reullia, si Mini yang Seksi
Cantiknya Tirai Hijau, Lee Kuan Yu. Tanam Yuk!
Moss Rose Impor, Bunga Cantik yang Super Manja

3. Merangsang pembungaan dan buah
Tanaman di rumah malas berbunga atau berbuah? Ternyata pemangkasan bisa jadi solusinya lho. Tanaman mawar misalnya, kerap dianjurkan untuk rutin dipangkas biar calon bunga-bunga baru bisa muncul.

Pemangkasan rutin merangsang pembungaan. Foto : Rumah Bunga Neisha

Pemangkasan biasanya akan memicu munculnya tunas-tunas baru dan tunas itu akan menjadi tumbuhnya bunga atau buah. Itulah yang membuat tanaman menjadi berbunga atau berbuah lebat.

4. Menghilangkan hama
Tanaman yang terlalu rimbun kadang menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal para hama tanaman. Mulai siput, kutu putih, kutu kebul, aphids, ulat hingga belalang. Rimbunnya dahan dan daun membuat hama berkembang pesat dan menyebar ke seluruh bagian.

Hama siput yang kerap bersembunyi di balik tanaman. Foto : Rumah Bunga Neisha
Bahkan, kadang adanya hama itu tak disadari hingga menjadi banyak. Sehingga penting untuk memangkas tanaman untuk membuang hama yang sudah terlanjur menyerang agar tak menular ke tanaman lain atau untuk mencegah tanaman menjadi tempat hama berkembang.

Selain empat alasan tersebut mungkin masih banyak alasan lain yang bisa membuat tanaman tumbuh lebih sehat. Jika ada yang ingin menambahkan, boleh disampaikan lewat komentar.
Gimana udah siap memangkas tanaman agar lebih sehat?

Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha
IG: @indy_neishaarfa
FP : Rumah Bunga Neisha

3 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-acne/

    BalasHapus
  2. Benar banget, terkdang aku sayang memangkas tanaman klo terlihat sudah subur banget. Klo mawar saya pangkas menjelang musim semi, belum ada daunnya, jadi ga ada rasa sayang ;) . Klo dahlia tuh pernah kusang2, ada 5 pot eh kena kutu kebul, gila semua daunnya jadi gosong, ya mau ga mau ku pangkas habis sampai dekat tanah.

    BalasHapus
  3. Mau mangkas tanaman memang harus benar-benar tega ya mbak. Demi hasil yang lebih baik. Sekarang lagi mo pangkas bougenvile. Ngiler liat punya orang yang bunganya selalu ramai. Kalau berkebun di luar negeri tu memang penuh perjuangan banget ya. Ada musim dingin yang membuat tanaman banyak yang mati. Tapi bunganya kece-kece semua...Kalau disini, bunga bisa hidup lama pun tak banyak yang minat nanam. hehehe...

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda