.

28 Maret 2018

TIPS - Perhatikan 7 Hal Penting Ini Agar Petunia Rajin Berbunga di Dataran Rendah

Petunia. Foto by : Rumah Bunga Neisha
PETUNIA, bunga yang satu ini semua pasti setuju kalau sangat cantik dan menggoda untuk dirawat. Saat bermekaran, petunia terlihat penuh dengan kelopak bunga.

Sayangnya untuk merawat bunga yang satu ini butuh perjuangan dan kesabaran. Karena bunga yang sangat baik tumbuh di dataran tinggi ini akan relatif rewel saat ditanam di dataran rendah yang notabene bercuaca panas.

Saya sendiri udah mencoba berpuluh-puluh pot petunia yang akhirnya mati. Herannya meski kerap mati nggak juga kapok. Hehehe...

Petunia memang termasuk bunga musiman yang dia akan mati setelah melewati beberapa masa.
Tanaman ini bisa diperbanyak lewat biji yang bisa diambil dari bunganya yang sudah selesai mekar.

Lalu, gimana caranya biar petunia tetap subur dan rajin berbunga?


Dari sejumlah trial and error merawat petunia saya selama ini, petunia memang butuh kesabaran dan perhatian khusus. Apa saja? Ini beberapa tips hasil trial and error yang pernah saya lakukan:

Petunia yang dijual di nursery

Baca Juga : 
Menanam Gloxinia di Dataran Rendah 
Lantana Gantung, Cantik dan Gampang Rawat. Tanam Yuk! 
Belajar Menanam Petunia 

1. Pilih media tanam yang tepat
Petunia membutuhkan media tanam yang porous alias nggak menyimpan banyak air saat disiram. Saya biasa memilih campuran sekam, kompos dan cocopeat sebagai media tanam.

2. Hindari over watering

Petunia koleksi Rumah Bunga Neisha
Menyiram tanaman petunia harus hati-hati. Sebaiknya disiram hanya saat media tanam sudah terlihat kering.
Bisa dicek dengan menusukkan tangan ke media tanam atau bisa dilihat dari kondisi tanaman.
Saya biasanya menyiram petunia setelah tanaman terlihat agak layu. Jangan takut tanaman akan mati karena setelah disiram, petunia akan kembali segar.
Cara ini relatif aman untuk menghindari over watering. Sebab petunia tak suka tanah yang terlalu basah yang bisa menyebabkan batang tanaman busuk dan rentan terkena jamur.
3. Hindari terkena hujan langsung
Soal penempatan tanaman juga harus diperhatikan. Petunia tak suka terkena hujan langsung. Paparan air hujan yang lebat akan membuat batang2 tanaman gampang patah dan bunganya akan rusak.

4. Pastikan mendapatkan sinar matahari cukup

Petunia koleksi Rumah Bunga Neisha
Untuk bisa berbunga secara maksimal, petunia sangat menyukai sinar matahari. Jadi solusinya adalah menempatkan tanaman di area yang terkena panas langsung tapi tak kena hujan. Misalnya di area yang beratap UV atau di area teras atau di bawah kanopi. Jika diletakkan di area teras pastikan tanaman dapat sinar matahari.




5. Beri pupuk secara rutin
Agar rajin berbunga, petunia membutuhkan nutrisi yang cukup. Berikan pupuk bunga secara rutin minimal dua minggu sekali agar bunganya banyak.

6. Pangkas bekas bunga yang layu

Petunia. Rumah Bunga Neisha
Memangkas bekas-bekas bunga yang telah layu alias deadhead sangat penting untuk merangsang petunia berbunga kembali. Setelah dipangkas, akan muncul tunas baru yang membawa calon bunga baru sehingga tanaman menjadi lebih ramai bunganya.

7. Rutin semprot fungsida dan insektisida
Fungisida dan insektisida sangat penting untuk menjaga tanaman agar tetap sehat dan tidak terkena jamur serta hama. Berikan fungisida dan insektisida seminggu sekali untuk menghindari tanaman kena penyakit.

Dengan cara tersebut, tanaman petunia biasanya akan lebih awet dan sehat serta rajin berbunga. Bagi yang punya tips lain silakan berbagi lewat kolom komentar. (***)










Rumah Bunga Neisha
FP: Rumah Bunga Neisha
IG : @indy_neishaarfa

2 komentar:

  1. Bener bnget nanam petunia dari benih kudu panjang sabarr deh :D . Saya kadang beli youngplants aneka bunga juga, soalnya klo banyak nanam semua dr benih mungkin keburu winter baru bisa liat bunganya, atau baru sebentar menikmati keindahan bunga2 eh sdh datang musim dingin :D .

    BalasHapus
  2. Hai Mbak Nella, saya masih belum sukses tanam petunia dari seed. Dulu pernah sih karena nggak sengaja, ya memang hidup cuma nggak bisa rimbun. Mungkin karena nggak berani prunning kali ya. Sekarang saya lebih sering beli yang youngplants atau sekalian yang besar biar bisa langsung pajang. Tapi serius, ngiri banget sama di negeri empat musim yang bisa menanam petunia sampe rimbun dan berbunga-bunga. Kalau di sini ya di dataran tinggi lah yang bisa maksimal.

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda