.

22 Maret 2017

Menanam Krisan di Daerah Panas? Bisa Subur Kok



Bunga Krisan (Rumah Bunga Neisha)
Krisan yang sudah melewati masa adaptasi dan berbunga kembali di Batam
KRISAN, bunga yang satu ini menurut saya super banget. Ya super cantik dan super butuh kesabaran untuk merawatnya.

Awalnya, saya mengira kalau krisan cuma bisa maksimal di daerah dingin alias di dataran tinggi.

Tapi ternyata saat dicoba di Batam yang sangat panas karena efek daerah kepulauan, ternyata krisan bisa juga survive bahkan bisa terus bunga secantik dari tempat asalnya.





Kuncinya, pemilihan media tanam yang pas, penyiraman, pemupukan dan satu lagi sinar matahari yang cukup.

Banyak orang yang main ke Rumah Bunga Neisha mengeluhkan sulitnya merawat krisan.

Tak sedikit yang bilang kalau krisan hanya akan berbunga sekali saja waktu dibeli habis itu nggak mau berbunga atau bahkan tragisnya bakalan mati.

Bunga Krisan (Rumah Bunga Neisha)
Bunga krisan saat mekar terlihat sangat cantik. Foto: Rumah Bunga Neisha

Setelah dicari tahu, ternyata kebanyakan dari mereka meletakkan krisan di tempat yang terlalu teduh atau bahkan paling ekstrim nggak kena sinar matahari langsung.


Menurut saya itu salah. (Ini menurut pengalaman saya ya).

CHANNEL YOUTUBE RUMAH BUNGA NEISHA



Sebab, sebagaimana bunga yang berbunga lain, krisan butuh sinar matahari yang banyak agar terus berbunga dan mekar sempurna.

Karena itu, hampir semua koleksi krisan di rumah, saya letakkan full sun alias kena sinar matahari seharian.




Bunga Krisan (Rumah Bunga Neisha)


Awalnya, memang akan ada masalah saat krisan-krisan itu memasuki proses adaptasi. Nggak heran juga sih.

Karena, sebelumnya mereka adalah penghuni wilayah yang sangat sejuk atau bahkan dingin, kemudian dijemur di tempat super panas kayak di Batam ini.

Tanaman, tak terkecuali krisan, mereka membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa cepat beradaptasi di tempat baru atau untuk berjuang melawan hama yang kemungkinan akan menyerang mereka.

Sehingga, jangan lupa untuk memberikan pupuk minimal dua minggu sekali.

Misalnya saja dengan NPK Yara atau NPK dengan kandungan N, P, dan K seimbang (biasanya dijual di toko pertanian berbentuk butiran warna biru).

Baca Juga :
Ingin Basmi Kutu Daun Aphids, Begini Caranya
GARDEN HACK - Begini Cara Menutup Paralon Agar Tetap Terlihat Kece
Rahasia Agar Krokot Alias Moss Rose Selalu Berbunga

Kalau untuk dosis, saya biasa kira2 saja sih. Pakai feeling kayak emak-emak yang masak didapur dan harus memasukkan garam maupun gula pada masakan. Pakai ilmu pengalaman dan kira-kira.

Selain nutrisi, media tanam jangan sampai salah juga ya.

Bunga Krisan (Rumah Bunga Neisha)

Sebenarnya, krisan bisa tumbuh hanya dengan media tanam tanah hitam saja.

Sayangnya, tanah tanpa campuran sekam bakar atau sekam mentah kerap membuat media tanam mengeras saat kering. Hal ini berdampak pada kurang maksimalnya pertumbuhan akar tanaman.

Jadi, saat membuat campuran media tanam, sebaiknya mencampurkan tanah hitam dengan sekam bakar. Dengan perbandingan 1:1 (Ini sesuai pengalaman saya. Mungkin ada yang lebih mahir, silahkan berbagi pengalamannya)

Jika ingin lebih maksimal, cobalah menggunakan campuran sekam bakar, cocopeat dan kompos sebagai media tanamnya. Campurannya juga bisa 1:1:1.

Bunga Krisan (Rumah Bunga Neisha)
Bunga Krisan. Foto: Rumah Bunga Neisha

Beberapa waktu belakangan, saya memilih campuran media tanam yang satu ini karena hasilnya jauh lebih bagus untuk pertumbuhan krisan. Tapi ya untuk di Batam, campuran media tanam itu cukup banyak butuh modal karena harganya lumayan mahal.

Gimana? Berminat kah menanam krisan?






Salam
Rumah Bunga Neisha



10 komentar:

  1. halo min mau tanya. apakah lama proses bunga krisan ini untuk tumbuh dan berbunga ya?

    BalasHapus
  2. Halo juga mas Muhammad Fazry. Maaf baru terbaca komentarnya. Krisan kalau tanam dari bibit biasanya tiga sampai empat bulan sudah berbunga. Tergantung perawatan. Kalau yang beli udah jadi gitu, biasanya cepet kok berbunga lagi asal nutrisinya cukup.

    BalasHapus
  3. Mba saya habis beli krisan kata penjual bunganya tidak boleh kena matahari sm hujan dl karena bunganya dr malang sedangkan sy tinggal di kendari yg cuacanya mirip batam. Brapa lama biasanya bunga bisa di taruh di tempat full sun? Trus langsung dikasih pupuk?soalnya krisan saya sdh mulai kelihatan tdk segar setelah terkena percikan hujan.kata penjualnya krisan tdk boleh kena hujan sama sekali.sy jd bingung hehehe.padahal baru seminggu lalu belinya...rika_kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Rika, memang krisan yang baru dikirim dari dataran tinggi butuh waktu untuk adaptasi di daerah panas karena perbedaan cuaca.
      Kalau pengalaman saya biasanya saya memindahkan krisan di tempat yang kena panas dan hujan setelah muncul tunas-tunas baru dan selesai bunga.
      Krisan yang model florist mum yang pendek-pendek gitu memang kurang tahan dengan hujan berlebihan. Kalau mbak ada lokasi yang kena panas tapi nggak kena hujan langsung mungkin lebih bagus mbak.


      Hapus
  4. Assalamualaikum mba..
    Mau tanya nih, sy newbie di perbungaan,sy 2bulan lalu beli krisan, udh ada kuncup bunga nya,udh ada sekam bawaan dr sana nya,cm pertama x nanam sy akui media tanam nya salah,tanah yg saya pakai bkn tanah yg bagus,slma 1 bulan,bunga bukan makin mekar malah mati,daun tinggal sedikit,tp msh bertahan hidup,lalu sy ganti pk tanah bakar..dy msh bertahan hidup,cm kuncup.bunga nya udh ludes mati,sisa daun2 nya,.dr awal sy memang g pk pupuk,krna sy blm tau pupuk apa yg bagus u/ krisan, nah gmna caranya ya mba biar krisan saya berbunga?klo hrs pk pupuk,pupuk apa,dan cara ngasiin nya gmna,kn ada yg d campur k tanah,ada jg ygvd semprot,.apa tgl tabur d tanah aja? Mohon pencerahan nya ya mbaa..makasih sblmnya,wassalam nazma-kalbar

    BalasHapus
  5. Pagi mbak,
    Terimakasih sharingnya
    Saya 2x menanam krisan, yg pertama beli dr bandung yg sudah berbunga, yg kedua beli bibit stek sudah berakar kecil2.
    Semua krisan saya busuk mulai dari batang yg tertanam ke tanah.
    Say tinggal di jakarta yg panas, media tanam tanah, tanah subur (mungkin kompos, saya beli di toko bibit) dan sekam bakar.
    Penempatan teras yg tdk terkena matahari
    Penyiraman air beras sehari 2x, pagi dan sore.
    Kira2 saya salah dimana mbak, media tanam, penyiraman, penempatan atau ada penyakit ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Hai Mbak Laras terimakasih udah mampir. Kalau batang bunga busuk itu biasanya kerena media tanam terlalu lembab. Jadi jangan terlalu sering siram terutama kalau tanah masih basah. Tanaman berbunga rata-rata butuh sinar matahari cukup, minimal matahari pagi sampai jam 10 atau 11. Jadi biasanya tanaman berbunga tak akan tahan diletakkan di tempat yang terlalu teduh karena banyak naungan kayak di teras. kecuali terasnya memang cukup sinar matahari.

    BalasHapus
  7. Mbak, aku tanam krisan asal lembang bandung, awalnya bagus banyak bunga kuncupnya.
    Daerahku panaass,tp kusimpan di teras rumah,kena matahari sore aja bbrpa jam. Awal dtang disiram 2x sehari, skrg sekali aja krna emang pas nyiram pun suka msih lembab aja tanahnya.
    Tapi belakangan pohonnya kok makin kurus, bunga yg kuncup sebagian mekar tp cepat sekali kering kecoklatan, bunga kuncupnya pun pada patah pas batang kuncupnya, jdi layu semua gk smpet mekar. Kenapa ya kira2?

    BalasHapus
  8. Krisan saya sdh banyak kuncup bunga tp tidak mekar,,, kenapa ya?

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda