28 Juni 2008

Elegan dengan Interior Mobil Japanese Style

PUNYA mobil dengan bodi oke tapi kalo jok alias tempat duduknya nggak nyaman jadinya nggak keren banget kan? Soalnya, selama dalam mobil bagian interior yang banyak bersentuhan ama kamu adalah jok mobil.

Arti penting keberadaan jok dalam tongkrongan kamu itulah yang bikin kamu nggak punya alasan untuk nggak memperhatikan kenyamanan area ini. Termasuk juga tampilan secara fisik.

Kenyamanan yang dimaksud bukan hanya dari sisi material yang dipake aja loh! Soalnya, desain yang tepat baik dalam hal padupadan warna maupun model jok juga penting untuk diperhatiin. Desain yang sempurna itu bakal bikin kamu makin betah berada dalam mobil kesayangan kamu.

Sebenarnya, saat ini ada cukup banyak model jok yang bisa jadi pilihan biar jok lebih chic dan nyaman saat diduduki. Mulai model sporty, elegan, hingga model yang nyentrik yakni dengan aliran ekstrim.

Nah, kalo kamu tipe penyuka interior mobil dengan model elegan tapi tetap kamu banget, Japanese Style bisa jadi pilihan yang oke loh. Itu karena dalam model ini, dominasi yang dimunculin adalah perpaduan antara warna putih dan hitam. Meski sebenarnya, kehadiran warna hitam hanya sekadar pemanis yakni berbentuk list pada bagian benang aja.

Seperti yang kamu tau, baik warna hitam maupun putih merupakan pilihan warna yang emang nggak ada matinya. Artinya, warna ini nggak akan pernah keliatan jadul alias jaman dulu waktu kamu aplikasikan sebagai warna interior mobil kamu. Baik warna jok, dashboard, plafon, maupun door trim.

"Agar nuansa Japanese Style pada interior mobil semakin kental terasa, sebaiknya penggunaan warna putih hitam yang menjadi ciri khas style ini diberikan pada semua bagian interior mobil. Selain akan terlihat serasi, padu padan itu juga akan memberikan kesan yang khas pada tampilan mobil,"ungkap Pak Erwin, pemilik WBM Motor Sport Jalan Duyung, Kompleks Ramada Indah Blok G No 3-5 Batam. (*)



Pilih Material Tahan Panas dan Goresan

BAGIAN interior lain yang bisa "dimainkan" agar tampilan mobil jadi makin keren adalah bagian dashboard. Soalnya, tak beda dengan jok mobil, pelapis bagian interior ini juga bisa diubah sesuai nuansa yang diinginkan.

"Bagi yang memilih Japanese Style sebagai nuansa interior mobilnya, warna dashboard yang dipilih tentu saja juga harus warna putih hitam,"terang Pak Erwin.

Selain pemilihan warna agar terlihat lebih serasi, pemilihan material dashboard juga nggak boleh diabaikan. Sebab, jika salah pilih, bisa-bisa dashboard cepat rusak atau terkelupas. Jika udah begitu, mobil bukannya kelihatan cantik tapi justru keliatan berantakan.

"Dashboard sebaiknya menggunakan material yang bagus. Bagus di sini berarti tahan panas, anti gores, serta anti luntur. Sebab, posisi dashboard yang banyak bersentuhan dengan sinar matahari serta sentuhan tangan mengharuskan area ini punya ketahanan yang lebih,"ungkapnya.

Bukan itu saja, untuk memaksimalkan estetika tampilan dashboard, pemasangan pelapis area ini juga harus rapi. Sehingga, sebelum pelapis dipasang, kondisi dashboard harus dipastikan bersih. Sebab, bila ada kotoran yang masih menempel, lem yang digunakan untuk melekatkan pelapis dashboard akan susah lengket. Akhirnya, dalam itungan satu bulan pelapis akan bisa terlepas.

"Setelah terpasang dengan benar, dashboard juga kudu dirawat dengan benar. Bila suka dengan efek kilap pada dashboard, olesan cairan silikon bisa jadi solusi menarik. Tentunya setelah dashboard dibersihkan dengan deterjen,"jelasnya. (*)



Bahan Suede Jangan Disikat

*Tips Merawat Jok Mobil

PUNYA jok mobil yang super keren, pasti seneng dong. Nah, biar jok mobil kesayangan yang kamu banggain itu tetap keliatan bagus, indah, dan awet kamu-kamu harus rajin merawatnya. Karena kalo minus perawatan baik rutin maupun berkala, jok mobil kamu bakal cepat rusak.

Berhubung cara perawatan antara satu jenis bahan jok dengan bahan lainnya beda-beda, kamu- kamu kudu tau apa aja yang harus kamu lakuin agar tak terjadi tindakan salah perawatan.

Sebagai panduan, berikut ada beberapa tips bagaimana cara merawat bahan jok agar awet dan tidak rusak:

a. Bahan Beludru atau Kain

Untuk ngebersihin debu yang nempel di kain jok, gunain aja cairan pembersih yakni dengan cara disemprotkan pada area yang akan dibersihkan. Setelah itu sikat hingga benar-benar bersih. Kalo udah bersih, keringkan pake kain. Untuk menghindari kerusakan pada permukaannya, usapkan kain dengan lembut ya.

Bahan Suede

Bahan yang satu ini butuh perawatan yang ekstra hati-hati dibandingkan bahan lainnya. Itu karena, lapisan luar kain sangat rentan rusak bila mendapat perlakuan yang salah. Yang kudu kamu ingat juga, jangan membersihkan jok berbahan suede pake sikat. Soalnya, tindakan kamu itu bisa berakibat cukup fatal yakni bikin lapisan suede jadi gundul.

Cara yang paling bener untuk ngebersihin bahan suede adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih pada area yang pengen kamu bersihkan. Setelah itu, dengan kain micro fiber kamu bisa menekan bagian yang kotor. Secara, kain ini mampu menyerap kotoran yang nempel di jok berlapis suede kamu. Gampang kan?

Bahan Kulit Asli

Untuk menjaga kebersihan jok dengan pelapis kulit asli, kamu-kamu cukup ngilangin debu yang nempel pake kain lap kering aja. Atau kalo ada noda yang nempel, kamu bisa manfaatin cairan pembersih khusus bahan kulit.

Satu lagi, biar jok kulit kamu lebih awet dan tahan lama, jangan lupa untuk selalu mengoleskan lotion khusus untuk perawatan jok bahan kulit. Soalnya, lotion yang bisa dioleskan dua kali dalam sebulan ini bisa bikin jok kulit kamu nggak gampang aus alias retak-retak.

Bahan Sintetis

Perawatan jok berbahan sintetik nggak berbeda dengan bahan lainnya. Yakni saat ada noda yang menempel bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih atau bia juga dengan sampo. Setelah itu lap dengan kain kering. (*)



Plafon Mobil Juga Kudu Bersih

BICARA soal perawatan jok mobil, sebenarnya tak terlepas dari rangkaian perawatan yang terdapat di dalam kabin kendaraan. Soalnya, kalo cuma jok aja yang dirawat dan dibersihin, maka saat plafon mobil kotor dan terkena noda, jok mobil akan terkena imbasnya.

Itu artinya, kalo kamu pengen punya jok mobil yang bersih dan terawat jangan pernah mengabaikan perawatan kabin mobil secara keseluruhan. Mulai plafon, dashboard, hingga jok mobil.

"Pembersihan kabin mobil bisa dimulai dengan membersihkan bagian plafon mobil. Sebab, jika plafon dibersihkan setelah pembersihan jok, dikhawatirkan jok akan kembali kotor yakni terkena kotoran dari plafon,"ungkap Pak Erwin, pemilik WBM Motor Sport Batam.

Untuk ngebersihin plafon itu sendiri tak bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada jok mobil. Sebab, hal itu bisa bikin plafon jadi rusak. Cara yang benar adalah dengan menyemprotkan pembersih ke sikat dan baru menyikatkannya ke bagian plafon.

"Saat menyikat pun harus dilakukan pelan-pelan sampe bersih. Biar bagian cairan yang udah menempel cepat kering gunakan kain halus untuk mengelapnya,"kata Erwin.

Usai plafon, pembersihan bisa dilanjutkan dengan membersihkan bagian jok mobil. Beda dengan plafon yang nggak boleh kena cairan pembersih secara langsung, saat membersihkan jok, kamu- kamu bisa langsung menyemprotkan cairan pada jok dan bersihkan pake sikat selanjutnya dilap pake kain. (*)

1 komentar:

  1. boleh tau apa nama/merk cairan pembersihnya. siapa tau bisa bersihin dirumah. dan dimana bisa dapetinnya dan harganya juga sekalian. tks

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda