13 Mei 2008

Jangan Hidupkan AC dan Mesin saat Mobil Parkir

GAS carbon monoxida (CO) merupakan gas berbahaya yang mematikan dan harus diwaspadai. Itu karena, gas ini tidak berbau dan berwarna. Sehingga, kebanyakan orang yang menghirup gas ini cenderung tidak menyadari adanya bahaya yang sedang mengancam jiwa.

Dari sejumlah kasus, kematian orang akibat gas CO terjadi di dalam mobil yakni akibat kebocoran freon AC mobil.

Menurut dr Sahat Siahaan, Kepala Rumah Sakit Santa Elizabeth Batam, gas ini tidak memunculkan efek sesak nafas pada orang yang menghirupnya. Sebaliknya, orang justru akan merasa senang serta mengalami euforia.

Dan setelah gas yang terhirup tersebut mencapai otak, korban akan merasa mengantuk layaknya orang yang terbius. Selanjutnya, gas CO bakal meracuni tubuh korban hingga akhirnya korban meninggal akibat kekurangan oksigen.

Berbeda dengan bahaya gas yang berbau atau terlihat layaknya asap, kehadiran gas CO ini benar- benar tidak disadari oleh korban. Sehingga, ketika seseorang sudah 'terjebak' dalam ruangan beracun tersebut, kebanyakan nyawanya tidak tertolong.
Walau kehadiran gas ini tak disadari, tapi bahaya yang ditimbulkan bisa dicegah agar tidak membahayakan nyawa kita. Caranya adalah dengan meminimalisir kemungkinan kebocoran freon AC mobil yang menjadi penyebab munculnya gas CO.

"Sebisa mungkin lakukan pengecekan secara rutin kondisi AC mobil khususnya freon AC. Terutama bila mobil yang dipakai adalah mobil yang sudah tua,"saran dr Sahat.

Selain itu, hindari juga memarkir mobil dalam kondisi mesin dan AC hidup. Kalaupun terpaksa harus menghidupkan mesin atau AC, pastikan jendela mobil tidak dalam kondisi tertutup rapat tapi terbuka sedikit. Dengan begitu, oksigen tetap bisa masuk ke dalam kabin mobil ketika terjadi kebocoran freon AC. (*)

1 komentar:

  1. GAS carbon monoxida (CO) merupakan gas berbahaya yang mematikan.

    wah..wahhh..wahh
    thanks infonya sob, mesti lebih hati2 dalam hal ini..

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda