.

23 Juli 2019

TIPS - Cara Membuat Vertical Garden Tanaman Moss Rose Alias Krokot



Tips Membuat Vertical Garden Sederhana Gunakan Tanaman Moss Rose

RUMAH BUNGA NEISHA - Hai, Assalamualaikum...sudah lama juga nggak ngisi blog.

Walaupun selama sehari bisa lebih dari 8 jam berada di depan komputer tapi tetap saja tak bisa menyisakan sedikit waktu untuk menulis satu pun artikel untuk di blog Rumah Bunga Neisha ini.

Kali ini, saya pengen sharing tentang vertical garden sederhana yang saya isi dengan tanaman moss rose alias krokot alias sutra bombay.

Sebenarnya rak untuk memasang vertical garden ini sudah lama banget dibuat. Dan pernah diisi tanaman moss rose.

Hanya saja, bagi yang pernah menanam moss rose pastilah tahu jika tanaman ini butuh perawatan ekstra jika ditanam di dalam pot dengan ukuran terbatas.

Dengan ukuran pot yang mini (untuk menjaga agar tak terlalu berat saat digantung) tanaman moss rose pastilah butuh lebih sering dipupuk serta disiram rutin.

Jika sudah terlihat tua, butuh juga cepat-cepat 'dimudakan' lagi lewat replant.

Dan yang jadi masalah adalah keterbatasan waktu untuk merawatnya sehingga setelah berada pada masa cantik2 nya akhirnya vertical garden itu berakhir tragis.

Biasanya saat lihat2 album foto baru deh pengen bikin lagi vertical garden isi moss rose. 

Nah, tak perlu panjang lebar lagi, kali ini saya ingin share apa saja yang dibutuhkan untuk membuat vertical garden sederhana berisi tanaman moss rose alias bunga pukul sembilan ala rumah bunga neisha.

1. Siapkan Rak Besi alias Ram

Rak besi ini adalah unsur penting untuk merealisasikan pembuatan vertical garden. Bagi yang punya dana lebih, rak ini bisa dipesan di tukang teralis yang biasanya bersedia mengerjakan pesanan custome made sesuai selera konsumen.

Jika dana terbatas, membeli ram besi di tempat penjual rak bisa jadi alternatif pilihan. Tinggal ditempelkan di tembok pakai paku atau fischer, rak sudah siap dijadikan area meletakkan tanaman.

Harga rak ini bervariasi tergantung ukuran. Ada yang harganya Rp 80 ribuan hingga ratusan ribu. 


2. Pot tempel dinding

Sekarang ini sangat banyak pilihan pot tempel dinding dengan aneka model. Mulai model pot argo yang tak lagi butuh pengait untuk mengaitkan pot pada rak besi hingga pot biasa dengan berbagai warna dan bentuk serta corak pilihan. Sesuaikan juga dengan budget.

3. Area dengan sinar matahari penuh

Jika vertical garden akan diisi tanaman yang berbunga-bunga terutama moss rose yang memang sangat suka sinar matahari penuh, pastikan area tempat meletakkan tanaman benar-benar mendapat sinar matahari yang banyak.

4. Bibit Tanaman





Bibit tanaman adalah hal paling penting untuk disediakan. Bagi yang ingin menanam moss rose bisa membelinya pada penjual bunga yang biasanya mau menjual tanaman moss rose dengan cara stek batang (dijual per batang).
Bibit itu bisa ditanam dalam pot dengan media tanam sekam bakar, kompos serta media tanam siap pakai. Agar subur bisa ditambahkan pupuk kandang.

Setelah ditanam jangan lupa dirawat yaaa...Selamat mencoba!

TIPS MERAWAT MOSS ROSE


Nah, bagi yang belum pernah menanam moss rose, baca dulu ya tips menanam moss rose alias krokot ala Rumah Bunga Neisha ini:

1. Siapkan media tanam yang subur. Misalnya tanah hitam dicampurkan pupuk kandang atau kompos. Kalau saya sih lebih suka menggunakan pupuk kandang yang sudah diolah agar tidak menimbulkan jamur. Jika tersedia, media tanam bisa dicampur sekam bakar atau sekam mentah agar tak keras.

2. Tanam stek batang krokot dengan rapat. Saya lebih suka menanam dengan stek pendek dengan ukuran sama agar setelah tumbuh ukurannya seragam. Kenapa rapat karena biasanya saat berbunga jd lebih penuh dan cantik.

Baca Juga: Menanam Krisan di Daerah Panas? Bisa Subur Kok

3. Tempatkan di tempat yang kena panas langsung alias full sun. Krokot adalah tanaman penyuka sinar matahari. Jadi, akan meriah jika ditanam di bawah sinar matahari yang banyak.

4. Berikan pupuk NPK (bisa NPK biru atau hijau) setiap dua minggu sekali untuk membuat daun keliatan hijau, batangnya besar dan bunganya jadi lebih lebar. Pupuk ini juga akan merangsang pembungaan. (Saya biasanya memberikan pupuk NPK dengan cara dicairkan dulu baru disiramkan ke media tanam).

5.  Untuk memunculkan cabang-cabang baru dan biar rimbun, pangkas tanaman secara rutin.

6. Jika tanaman kelihatan tua, lakukan re-plant alias penanaman kembali agar tanaman menjadi segar kembali. Jika belum ada waktu, pemupukan rutin biasanya akan membuat krokot tetap kelihatan segar, hijau dan rajin berbunga. Atau kalau malas re-plant cek tipsnya di artikel Membuat Sutra Bombay Alias Krokot Subur Kembali Tanpa Re-Plant

7. Jika ada hama, semprotkan insektisida untuk menghilangkannya. Tak punya insektida? Campur dua tetes sabun cuci piring dengan air, masukkan ke dalam botol semprotan. Semprot ke tanaman yang kena hama.

Bagaimana? gampang kan? tanam yuk!





Rumah Bunga Neisha Batam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda