.

07 Juni 2020

Cara Menanam Garlic Vine Alias Stevanot, Tanaman Merambat Penutup Pergola


Garlic vine atau stevanot


GARLIC Vine atau banyak disebut sebagai stevanot merupakan tanaman merambat yang berbunga ungu dengan aroma bawang.

Mungkin karena aromanya itulah akhirnya tanaman ini disebut sebagai garlic vine.

Meskipun merambat, tapi tanaman ini memiliki batang yang keras dan mampu melilit benda yang dijadikan sebagai peyangganya seperti kayu, besi atau bahkan batang pohon yang ada di dekatnya.



Tanaman ini merupakan tanaman tropis yang sangat menyukai area panas atau full sun agar bisa tumbuh dengan maksimal. 

Bagi yang menyukai pergola, tanaman ini bisa dijadikan sebagai pengisi area pergola karena selain pertumbuhannya yang cepat sehingga membuat area pergola cepat teduh tapi juga karena bunganya yang semarak.

Meski saat berbunga akan sangat banyak bahkan melebihi jumlah daunnya tapi garlic vine memiliki masa-masa berbunga alias tak berbunga setiap waktu layaknya melati belanda ataupun nona makan sirih.

Untuk perawatan, tanaman ini sangatlah mudah. Cukup disiram minimal sehari sekali, tanaman ini akan terus tumbuh dan tumbuh. 

Bagi yang memiliki area luas, menanam garlic vine di tanah langsung akan membuat tanaman ini cepat besar.

Agar saat musim berbunga bunganya keluar banyak, jangan lupa untuk memberikan pupuk bunga secara rutin. Misalnya dengan memberikan NPK mutiara warna hijau.

Caranya bisa ditabur atau ditimbun di pinggiran pot (usahakan jauh dari batang tanaman) atau dengan mencairkan dulu NPK lalu menyiramkan airnya ke media tanam.

Jumlah pupuk yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan ukuran tanaman dan ukuran pot yang digunakan.



Saat musim berbunga, dalam setiap cabang tanaman garlic vine akan mengeluarkan banyak kelopak bunga yang bergerombol sehingga terlihat sangat cantik dengan warna ungu tua dipadu ungu muda.

Uniknya, tanaman ini akan mengeluarkan bunga kembali di cabang-cabang yang sebelumnya berbunga tanpa harus berbunga.

Artinya, jika Anda menginginkan bunga yang lebih banyak lagi di musim bunga selanjutnya, sebaiknya tidak memangkas tanaman secara ekstrim tapi lebih baik memangkas secukupnya saja sekadar untuk merapikan tajuk-tajuk tanaman.

Untuk perbanyakan, tanaman ini juga sangat mudah.

Cukup memangkas batang tanaman yang sudah cukup tua dan menanamnya di pot atau polibag. Sebelum berakar dan tumbuh letakkan di area yang tidak kena sinar matahari langsung.

Meski cocok untuk penutup pergola, tanaman ini juga bisa dibuat dengan model perdu yakni dengan rutin memangkas batang-batang yang mulai memanjang.

Cara ini cocok untuk area lahan yang tak terlalu luas sehingga tak menghabiskan space untuk menanam tanaman merambat. (*)

  

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Beautiful ��
Thanks untuk tip pupuk yang perlu digunakan.
Garlic vine disebut juga bunga mansoa.

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda