.

17 Mei 2018

Bunga Torenia, Gulma Cantik Penghias Halaman

Torenia (Rumah Bunga Neisha)
Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha

TORENIA, bunga yang satu ini sangatlah cantik apalagi saat mekar bersama-sama. Meski kelopaknya kecil namun saat bunganya bermekaran terlihat semarak dan menggemaskan.

Awal mengenal torenia saat melihat postingan di Facebook. Karena penasaran akhirnya browsing tentang bunga yang satu ini. Bunga ini juga kerap disebut sebagai wishbone flower.

Tanaman ini sering dijadikan sebagai border area taman. Bunganya yang tak pernah berhenti mekar membuat tanaman akan selalu semarak dengan bunga-bunganya. Tanaman ini juga menyukai sinar matahari.

Area yang paling cocok untuk tanaman ini adalah area yang terkena sinar matahari pagi tapi terlindung dari sinar matahari sore. Area yang sedikit ternaungi juga cocok bagi Torenia. Bunga ini akan terus bermekaran dengan cantiknya.

Rasa tertarik itu berakhir dengan membeli seed torenia secara online. Sayangnya, dengan ukuran biji yang sangat halus dan minim pengetahuan cara menanam bunga dari seed akhirnya tanaman tersebut tak ada yang tumbuh. Padahal, dari sekian bunga yang bisa ditanam dari seed, Torenia adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh. (Baca: Tips Sebelum Belanja Bunga)

Kegagalan itu akhirnya membuat saya melupakan untuk memiliki torenia di rumah. Keinginan itu mendadak muncul kembali saat main ke rumah teman dan melihat ada torenia yang sedang bermekaran.


Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Bunga Torenia warna ungu koleksi Rumah Bunga Neisha

Berkat kebaikan teman, akhirnya saya berhasil memiliki satu pot torenia warna pink. Setelah punya satu pot, ternyata tanaman ini sangat mudah tumbuh dan berkembang biak.

Bahkan, meskipun tak kita tanam, ada saja yang tumbuh numpang di pot tanaman lain. Biji-bijinya yang super kecil mudah sekali terbang terbawa angin dan tumbuh di tanah tempat dia jatuh.

Termasuk Tanaman Gulma
Usut punya usut ternyata tanaman ini memang dianggap gulma oleh para petani karena mudah tumbuh di mana saja. Duh, gulma-gulma zaman now cakep-cakep banget ya. (Baca: Dianggap Gulma, Bunga Air Mata Pengantin Tetap Terlihat Cantik)

Kembali soal torenia, tanaman ini sebenarnya memiliki banyak pilihan warna bunga. Ada ungu, pink, putih, kuning dan beberapa warna lain. Hanya saja di Indonesia warna yang tersedia masih terbatas. Ada beberapa seller yang sudah menjual warna-warna lain tapi harganya masih lumayan mahal.

Saya sendiri baru memiliki dua warna yakni ungu dan pink. Uniknya, warna ungu pada torenia bisa berubah-ubah lho.

Jika awalnya warna ungu pekat bisa jadi ungu lebih muda bahkan ungu agak putih. Begitu juga dengan pink, warnanya dari yang lebih pekat dan ada juga yang lebih terang. Saya pun nggak tahu kenapa bisa begitu.

Karena saya ingat, selama ini hanya menanam torenia dengan warna ungu pekat saja. Namun, di antara pot yang ada kadang muncul torenia warna ungu dengan gradasi lain. 

Cara Menanam Torenia
Untuk menanam torenia, kita tinggal tabur-tabur bijinya pada media tanam dalam pot. Nantinya, biji-biji tersebut akan tumbuh secara rapat. Jika sudah agak besar, bibit tersebut bisa  dipindahkan ke pot lain sesuai kebutuhan.

Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Biji Bunga Torenia. Foto by Rumah Bunga Neisha
Selain biji, stek batang yang biasanya mengeluarkan akar-akar juga bisa jadi alternatif pilihan. Cara ini juga dianggap jadi cara cepat memperbanyak torenia.

Selain bisa ditanam di pot biasa, torenia juga bisa ditanam pada pot gantung alias dijadikan tanaman gantung. Saat digabungkan beberapa warna menjadi satu, torenia juga akan terlihat lebih cantik.

Pangkas Agar Rimbun
Agar tanaman lebih rimbun dan bercabang juga membuat tanaman ini pendek mirip tanaman semak, bisa dengan rutin melakukan pinching alias pemotongan pucuk-pucuk dahan. Setelah dipangkas, akan tumbuh tunas-tunas baru sehingga tanaman lebih rimbun. (Baca: Alasan Tanaman Harus Rutin Dipangkas)

O ya, yang harus diketahui torenia merupakan tanaman jenis annual alias musiman. Sehingga akan ada masanya torenia mati dan akan tergantikan tanaman baru yang muncul dari bijinya. Jangan takut akan kesulitan mengganti tanaman yang telah mati tersebut.

Karena pertumbuhan torenia sangatlah cepat, tanaman ini kerap dijadikan alternatif untuk memiliki halaman yang semarak dengan bunga secara cepat.

Untuk perawatan cukup mudah dan tidak rewel.  Torenia sangat cocok ditanam pada media tanam yang subur, lembab namun tidak becek alias tak menyimpan air.  Agar tetap subur, sebaiknya menyiram tanaman minimal sehari sekali. Jika cuaca panas bisa dua kali.

Saat torenia kekurangan air, tanaman akan terlihat layu. Namun saat disiram, tanaman akan kembali segar.

Pastikan Kena Sinar Matahari
Torenia menyukai area yang terkena sinar matahari terutama sinar matahari pagi agar lebih rajin berbunga. Namun demikian di area yang ada naungannya juga bisa subur dan berbunga. Agar bunga selalu banyak, lakukan deadhead atau pemangkasan bunga setelah selesai mekar. Sisa bunga yang dibuang ini akan merangsang keluarnya calon bunga baru.

Bicara soal hama, kutu putih dan aphid paling sering menyerang tanaman torenia. Daun tanaman biasanya akan menjadi keriting dan bisa membuat tanaman mati.

Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha
Bunga Torenia koleksi Rumah Bunga Neisha

Untuk mengatasinya bisa dilakukan pembasmian manual dengan memangkas daun yang kena hama, menyemprotkan insektisida atau bisa dengan menggunakan trik membasmi hama tanpa ribet ala Rumah Bunga Neisha.

Penyakit lain yang sering menyerang torenia adalah busuk batang. Untuk menghindari hal tersebut, teknik menyiram yang benar harus diperhatikan. Sebab, media tanam yang terlalu basah apalagi menyimpan air hingga menggenang membuat tanaman lebih mudah terkena busuk batang.

Menata tanaman dengan memberikan space yang cukup untuk sirkulasi udara juga bisa membuat tanaman lebih sehat terhindar dari serangan hama.

Asal tempat dan perawatannya sesuai ternyata gampang lho rawat tanaman yang satu ini. (***)




Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha




25 komentar:

prih mengatakan...

Saya anggota penggemar Torenia Jeng.... aneka warna bunganya juga cantik. Terima kasih berbagi tips pemeliharaan. salam berkebun

Ali Ansera mengatakan...

Kayak pernah lihat ni bunga, kayak tumbuhan yg bisa nangkap serangga ya bentuknya.. Tapi warnanya emang cantik, mungkin efek fotografer nya jago cara ambil anggle.. Heheh.. Atau dia emang udah cantik..

Alumi Ulum mengatakan...

mbak... koleksi bunganya nambah terus ....rumahnya pasti warna warni bunga-bunga di mana2

Dian Radiata mengatakan...

Baru tau ini namanya bunga Torenia. Cakep yaaa... Jadi pengen mampir ke rumahnya. Pasti koleksi bunganya cakep2..

wenny prihandina mengatakan...

Macam terompet gitu ya bentuknya. Jadi penasaran juga sama Torenia ini.. Tinggal ditabur-tabur jadi deh. Jadi inget sama bumbu-bumbu masak instan *efekRamadaningetnyamakananmulu

Citra mengatakan...

InI termasuk jenis anggrek ya kak?

Lina W. Sasmita mengatakan...

Ooh ini namanya Teronia, baru tahu. Padahal kalau dirawat gak lagi kayak gulma ya Mbak. Malah cantik.

Eka Handa mengatakan...

Waw, pagi-pagi baca dan lihat bunga bikin mata jadi seger, banyak baca ke blog mba bikin banyak tau tentang nama bunga. Ku bahagia.

sri murni mengatakan...

Baru tahu kalau itu gulma....cantik dan warnanya itu unyu-unyu menggemaskan...

arreza mp mengatakan...

indah nya bunga ini ... nama jenis nya torenia gulma ya kak?

memang sangat cocok untuk penghias taman di rumah

himawan sant mengatakan...

Jadi ingat kalo mamaku nanam tanaman ini di beberapa pot kecil.
Memang cakep ya saat bermekaran barengan dan bunganya mekar awet berhari2.

ruziana ina mengatakan...

bunganya ungu manis
sepertinya bagus untuk bunga potong ya ?

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Toss mbak, sama kita pecinta Torenia. Wah, mbak lebih jago merawat bunga. Jadi malu saya. Hihihi

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Beda mas, kalau yang bisa perangkap serangga itu kantong Semar. Iya ini bunganya kecil2 jadi efek kamera jadi keliatan lebih kece. Hehehe...

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Saya biasanya kalau mau nambah koleksi baru, koleksi lama yang udah banyak dijual mbak. Biasa trik emak2 jual lama ganti baru. Kalau kebanyakan gak kepegang mbak merawat sendirian.

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Ayok mbak mampir. Nggak banyak lagi sih koleksinya udah di rolling2 biar gak capek rawatnya. Biar pernah ngerasain ngerawat berbagai jenis bunga lengkap dengan tantangannya. Hehehe...

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Hihihi...untung gak keinget tabur bon cabe mbak.

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Bukan mbak. Ini tanaman semak.

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Iya mbak. Ini kalau Ditanam dengan benar cakep banget. Dianggap gulma karena gampang banget tumbuh dimana2

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Hihi..ayok kita bikin hidup kita berbunga-bunga mbak.

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Iya. Ada banyak warna sebenarnya. Tapi yg warna masih belum pasaran. Harganya lumayan mahal

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Wkwkwk...namanya torenia. Ini tanaman gulma alias pengganggu tanaman lain karena kalau tumbuh sangat cepat jadi banyak

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Mamanya suka bunga juga ya mas. Wah pasti rumahnya asri banget. Biasanya kalau mama2 udah suka bunga semua mau ditanam. Hihihi

Indy Ummu Neisha Arfa mengatakan...

Ini nggak bisa jadi bunga potong karena bunganya imut2. Ini lebih cocok jadi pagar bunga.

himawan sant mengatakan...

Hahahaha ... betuuul itu,kak.
Maunya mamaku tuh nanamin banyak jenis tanaman, ada pohon palem,kaktus,lidah buaya,pakis,dll ...termasuk bunga torenia ini.

Mamaku ngga cuman sekedar nanam,kak.. tapi juga rajin merapiin tanaman yang kurang bagus dilihat.

Posting Komentar

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda