24 Mei 2008

Usia 30-an Waspadai Terkena Flek Wajah

Foto:healthmeup.com
SETIAP orang pasti ingin memiliki wajah yang mulus dan bersih khususnya kaum wanita. Karenanya tak mengherankan bila banyak orang yang selalu memperhatikan kecantikan wajah dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Namun, seiring perkembangan zaman banyak hal yang akan memberikan dampak buruk terhadap kecantikan wajah kita. Flek atau bercak hitam di wajah misalnya. Meskipun tidak membahayakan dari sisi medis, tetapi kehadiran flek hitam akan mengurangi kecantikan serta mengganggu estetika wajah.

Pemicu timbulnya flek itu sendiri dibedakan menjadi dua yakni faktor genetika termasuk hormonal serta faktor alam seperti sinar matahari, pola hidup tak sehat dan kesalahan kosmetik. Kondisi seperti bekas jerawat, gigitan nyamuk, serta sirkulasi kulit yang tidak lancar bisa juga menyebabkan flek hitam di wajah.

"Sinar matahari merupakan faktor yang bisa memicu munculnya flek wajah. Karenanya sebisa mungkin hindari terpapar sinar matahari secara langsung serta terus menerus. Alat kontrasepsi seperti pil KB, suntikan, dan susuk dapat juga berperan sebagai pencetus munculnya flek wajah. Begitu pula pengaruh hormon, kehamilan atau menjelang menopause," ungkap dr Sherly Thio, Ahli Kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Batam.


Dilihat dari ukurannya, flek di wajah dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada yang berbentuk lebar disebut melasma, dan yang berbentuk bintik-bintik disebut dengan freackles atau ephelides. Dari kedalamannya, flek terbagi atas tipe epidermal, tipe dermal (lebih dalam) serta campuran.

Rata-rata, flek menyerang orang berusia 15 hingga 60 tahun, dan paling banyak timbul pada usia sekitar 30-an pada jenis kulit kering. Secara kuantitatif, laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan sama terkena flek wajah.

"Untuk menghilangkan noda flek di wajah harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, penanganan flek yang diakibatkan genetika akan berbeda dengan flek akibat sinar matahari, kesalahan kosmetik maupun faktor non genetik lainnya," terang dr Sherly.

Selain itu, kondisi kedalaman flek juga harus diperhitungkan. Sebab, penanganan flek yang hanya berada di permukaan kulit akan berbeda dengan flek yang tertanam cukup dalam pada lapisan kulit. Biasanya perbedaan penanganan tersebut terletak pada pemilihan obat serta cara perawatan. (*)



Cukup 10 Menit dengan Chemical Peeling

BAGI yang telah terkena flek atau noda hitam di wajah tak perlu panik. Sebab, sekarang cukup banyak cara untuk menghilangkan noda yang bisa membuat seorang wanita kehilangan rasa percaya diri ini. Dan bagi yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan bisa memilih sistem peeling dalam pembersihan noda flek.

"Chemical peeling hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Dengan begitu, kita tak perlu khawatir menghabiskan banyak waktu selama menjalani perawatan," ungkap dr Sherly Thio, Ahli Kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Batam.

Proses chemical peeling itu sendiri dilakukan dalam empat tahap. Hal itulah yang membuat chemical peeling disebut four layer. Mengenai tahapannya dimulai dengan cleanser atau pembersihan hingga akhirnya diberikan obat khusus untuk peeling.

"Sebelum obat diaplikasikan ke wajah harus diketahui dulu tingkat kedalaman flek yang ada di wajah. Tingkat kedalaman tersebut nantinya akan dijadikan panduan untuk memilih konsentrasi obat yang dibutuhkan," terangnya.

Setelah proses peeling dilakukan, akan terjadi proses pengelupasan kulit selama kurang lebih satu minggu. Setelah satu minggu, kulit wajah lama akan berganti dengan kulit baru yang lebih cerah, bersih serta lebih kencang. Dan pastinya noda hitam atau flek akan hilang dari wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, perawatan harus dilakukan beberapa kali.

"Selama terjadi pengelupasan, kulit wajah sebaiknya selalu diberikan sunblock. Pemberian sunblok akan melindungi wajah dari sinar matahari serta diharapkan membantu memaksimalkan penghilangan noda wajah," kata wanita berkulit putih ini.

Selain itu, agar proses pengelupasan berjalan sempurna, orang yang sedang menjalani chemical peeling harus menghindari terpapar matahari secara langsung atau dalam jangka waktu lama. Namun bukan berarti yang bersangkutan tak boleh terkena sinar matahari sama sekali. (*)



Gunakan Sunblock Secara Teratur




SETELAH melakukan perawatan serta penghilangan noda hitam pada wajah atau flek, kita pasti tidak ingin noda tersebut kembali lagi. Karenanya, langkah perawatan wajah sangat penting dilakukan.

Foto: beautysouthafrica.com
"Untuk menghindarkan flek kembali lagi, sebaiknya penggunaan sunblock dilakukan secara teratur. Sebab, walau sudah dihilangkan, noda hitam di wajah bisa kembali lagi dan mengurangi kecantikan kita," kata dr Sherly Thio.

Selain sunblock, facial atau cuci muka secara teratur diyakini juga mampu membantu membuat wajah menjadi lebih sehat terawat. Meskipun sebenarnya facial tak bisa menjamin 100 persen mencegah flek datang kembali.

"Perawatan dari dalam juga bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi vitamin C dan E secara teratur. Sebab, vitamin ini mengandung anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas. Vitamin C dapat juga diaplikasikan langsung ke wajah yakni melalui serum vitamin C. Dengan begitu, wajah akan mendapatkan nutrisi cukup agar tidak cepat rusak termasuk terkena flek hitam," katanya. (*)



Tips Hindari Munculnya Flek Wajah

*Gunakan sunblock saat berada di bawah sinar matahari

*Konsumsi vitamin C dan E secara teratur.

* Berikan nutrisi yang baik untuk kulit. Termasuk mengaplikasikan serum vitamin C ke kulit.

* Olahraga secara teratur. Olahraga akan memperbaiki sirkulasi darah sehingga nutrisi akan sampai ke kulit dengan baik.

* Istirahat yang cukup.

* Hindari stres. (*)

1 komentar:

  1. kalo mau ngilangin bekas gigitan nyamuk yang uda bertahun-tahun gimana ya.... sprtinya uda menyatu dgn kulit, susah banget, uda luluran emang sih hilang tp lamaaa bgt,uda ke dokter suntik vit c tp berkrgnya dikit. harus gimana ya... atau mungkn sy yg krg rajin luluran y.mgkn g sabar kali y. biasanya berapa lama ngilangin bekas gigitan nyamuk ini...? trima kasih sblmnya.

    BalasHapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda