.

07 Mei 2018

Milky Way Flower, Bunga Cantik Super Rajin Berbunga

Milky way flower koleksi Rumah Bunga Neisha
Milky way flower. Foto by Rumah Bunga Neisha
SAAT meng-upload foto bunga ini ke akun media sosial, baik di facebook maupun instagram kerap ditanya teman apa nama tanaman yang satu ini.

Jujur saja,  selama ini hanya tahu kalau nama bunga ini adalah melati alias jasmine alias melur.

Meskipun nggak wangi, namun bunga ini memang sangat mirip
melati dengan petal bunga mirip bintang warna putih.
Karena penasaran dengan nama asli bunga cantik ini akhirnya saya mencoba mencari tahu lewat google alias googling. Dengan sedikit cari info sana sini, akhirnya dua nama menunjukkan identitas bunga ini. Yakni Milky Way Flower dan Snow Flake Flower.

Namun, untuk nama ilmiah adalah Wrightia antidyse. (Bagi gardener, nama ilmiah tanaman akan sangat membantu untuk mencari info lengkap tanaman tersebut)


Menurut analisa saya sebagai orang awam, nama snow flake disematkan kemungkinan karena bentuk kelopak bunganya yang mirip kepingan salju saat dilihat dengan macro lens.

Kalau nama milky way mungkin karena saat mekar bunga ini bergerombol mirip bintang-bintang dalam galaksi Bima Sakti atau Milky Way. (Ini hanya analisa saya saja lho! Hehehe)

Milky way flower koleksi Rumah Bunga Neisha
Milky Way flower koleksi Rumah Bunga Neisha
Siapapun nama bunga ini, menurut saya bunga ini cakep banget. Warnanya yang dominan putih dan tak pernah berhenti berbunga membuat tanaman ini layak dipertimbangkan untuk dihadirkan di halaman rumah kita.

Bahkan, bagi yang punya dana lebih bisa menanam bonsai snowflake flower. Hanya saja, untuk memiliki tanaman ini memang harus mengeluarkan uang lebih banyak karena harganya yang lumayan menguras isi ATM. Untuk satu pohon bonsai harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah tergantung ukuran tanaman.

Baca Juga : 
Cara Basmi Hama Aphids pada Tanaman
Cantiknya Fittonia, Cek Cara Rawatnya
Rahasia Agar Sutra Bombay Rajin Berbunga

Namun, jika budget kita terbatas, menanam bunga dengan ukuran kecil juga akan terlihat cakep kok. Karena jika dibiarkan, lama kelamaan tanaman akan besar dan tinggi dan dipenuhi bunga bermekaran.

Minim Perawatan

Bicara soal perawatan, bunga ini juga nggak rewel dan tergolong bandel. Tak beda dengan jenis melati lain, milky way flower juga menyukai area panas alias full sun. Namun saat berada di bawah naungan masih tetap mau berbunga hanya saja tak sebanyak jika mendapat sinar matahari yang cukup.

Untuk membuat tanaman rajin berbunga,  standar perawatan seperti perawatan tanaman lainnya. Mulai pemilihan media tanam yang bagus yakni tanah, kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1 atau bisa juga ditambahkan sekam bakar.

milky way flower koleksi Rumah Bunga Neisha
Mmilky Way Flower. Foto by: Rumah Bunga Neisha
Penyiraman bisa dilakukan minimal sehari sekali, pemupukan dua minggu sekali dengan NPK, serta pemangkasan rutin untuk memunculkan cabang dan tunas-tunas baru agar bunganya lebih banyak dan ramai. (Baca: Alasan Tanaman Harus Rutin Dipangkas)

Bicara soal hama, kayaknya tanaman ini cukup tahan hama. Biasanya ada ulat melati (ulat hijau kecil2 yang menggerogoti daunnya). Jika sudah terlihat daun-daun melati berlubang kecil-kecil sebaiknya segera diperiksa apakah ada hama yang bersembunyi di balik dedaunan.
Untuk mengatasi hama tanaman dengan cara cepat silakan cek Tips Membasmi Hama Tanaman Tanpa Ribet.

Perbanyak Lewat Stek Atau Biji

Mengenai perbanyakan, milky way flower bisa diperbanyak dengan stek batang. Yakni dengan mematahkan cabang yang cukup tua kemudian menanamnya di pot atau polibag.

Namun, perbanyakan dengan biji ternyata juga bisa lho. Karena saya pernah melihat salah satu pohon milky way flower di rumah yang menghasilkan biji.

Biji tanaman ini sangat mirip dengan biji bunga adenium alias dessert rose. Dalam satu biji di dalamnya ada biji-biji lain yang bisa ditanam menjadi beberapa bibit baru.

Menariknya lagi, tanaman ini juga ada dua ukuran petal bunga. Jadi ada yang berukuran lebih kecil dan ada juga yang berukuran lebih lebar atau model glandiflora. Namun begitu, dua-duanya tetap cantik karena sama-sama rajin berbunga dan gampang rawat.

Nah sahabat, tanam yuk Milky way flower di rumah. Cakep lho!



Salam berkebun
Rumah Bunga Neisha






14 komentar:

  1. Pengen belajar urusan tanam-tanaman sama mbakk... Segerr mata lihatnyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbak, gampang kok. Yang penting nggak cepat menyerah aja...hehehe...

      Hapus
  2. Nama bunganya kayak nama permen.. Jadi keingat waktu kecil. Hehe

    BalasHapus
  3. Ni biasanya nenek aku seneng ni yang beginian.. hehehe... aku pengen juga nanem2an tapi kok takut ribet ya.. huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kurang suka berkebun memang menganggap berkebun itu ribet mbak. Sebenarnya nggak kok. Bunga ini pun sangat minim perawatan alias nggak rewel.

      Hapus
  4. Aku pernah nampak bunga kayak gini dimana ya, kayaknya kebun raya Purwodadi. Tapi beneran baru tahu namanya. Cantik bunganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga ini banyak kok dijual di nursery. Kalau yang bonsai biasa ditanam di rumah mewah karena harganya lumayan mahal.

      Hapus
  5. bener banget kak, kalau beberapa bunga itu minim perawatan jadi no worry deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bunga ini gampang banget rawatnya. Udah gitu gak pernah berhenti berbunga.

      Hapus
  6. Mbak, rumahnya dimana sih? Aku pengen lihat tamannya. Suka sama bunga-bunga tapi malam nanam. Haha. Ini mau rajin nanam lagi setelah nanti pekarangan rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bengkong mbak. Itu cuma ditanam di rooftop aja mbak. Taman ala ala aja. Daripada Rooftop nganggur jadi diisi tanaman. Lumayan biar area bawah agak adem kalau siang.

      Hapus
  7. Oalah.
    Ini namanya milky flower alias jasmine thoo.
    Baru tau saya.
    Sering liat padahal.
    Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu namanya mbak. Dulu tahunya Jasmine atau Melur aja. Ternyata namanya unik juga...

      Hapus

Jika Tulisan Ini Bermanfaat Silakan Tinggalkan Komentar Anda