.

15 November 2019

RUMAH BUNGA NEISHA - 3 Cara Membasmi Hama Aphids


CARA MEMBASMI HAMA APHIDS

Bingung cara mengatasi hama aphids?

Yups aphids merupakan hama yang sangat bandel dan susah untuk dibasmi.

Tapi susah bukan berarti tak bisa diatasi ya. Cuma butuh kesabaran saja.

Nah, simak 3 cara mudah mengatasi hama aphids dalam tanaman, berikut ini:


1. Buang Manual

Jika jumlah hama masih belum terlalu banyak sebaiknya membasminya dengan cara manual saja. Alias dengan memangkas batang atau daun yang terkena hama aphids dan membuangnya. Namun, sebelum dibuang sebaiknya batang yang tersebut direndam dulu dalam larutan air sabun (bisa pakai air cuci piring yang dicampur air). Tujuannya untuk membunuh aphids agar tak kembali mengganggu tanaman.


2. Semprot Air Sabun

Jika area yang terkena hama aphids cukup banyak bisa dicoba untuk menyemprotkan larutan pembasmi yang bisa kita buat sendiri. Caranya teteskan beberapa sendok makan sabun pencuci piring yang dicampur dengan air hangat. Semprotkan ke tanaman yang terinfeksi hama. Selain disemprot, cairan tersebut juga bisa dioleskan menggunakan spons lembut. Karena biasa, selain berada di pucuk-pucuk dahan muda, aphids paling suka bersembunyi di bawah daun. Campuran sabun dan air tersebut diyakini bakal menghilangkan lapisan lilin pada aphids sehingga hama tersebut akan mengalami dehidrasi dan mati.

3. Manfaatkan Predator Alami Pemangsa Aphid

Waktu sekolah dulu pasti pernah belajar tentang rantai makanan kan? Setiap hewan akan ada pemangsanya di alam. Nah, begitu juga aphids. Di alam hama tanaman ini juga biasa dimangsa sang predator yang berperan sebagai serangga baik bagi para petani.
Jika tak ingin berurusan dengan larutan pembasmi hama, bisa juga memanfaatkan sang predator. Misalnya saja kepik alias ladybug, lalat bunga alias hoverfly, dan sejumlah serangga lainnya. Dulu, sebelum tahu kalau kepik bermanfaat untuk kebun, saya sempat membunuhnya karena dikira hama. Hiks, jadi merasa bersalah.


Nah, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membunuh aphids dan mengusirnya dari kebun kita. Berbagai 'ramuan' organik bisa dibuat untuk mengusir dan membunuhnya. Jika tak sabar bisa menggunakan insektisida yang banyak dijual di toko pertanian.

Bagi yang punya cara ampuh lain mengusir aphids bisa berbagi pengalaman di kolom komentar. Selamat berjuang! Hehehe...

Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha
IG: @indy_neishaarfa
FP: Rumah Bunga Neisha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda