.

05 November 2019

CARA Menanam Miana Alias Celeous Agar Subur dan Cantik




RUMAH BUNGA NEISHA - Miana alias celeous merupakan tanaman yang cukup mudah ditanam di rumah. 

Warna-warnanya yang beraneka ragam, bisa membuat halaman terlihat lebih stunning dan colorful.

Bagi yang tertarik untuk menanam miana alias celeous alias jewer kotok di rumah, simak sejumlah tips mudah berikut ini:




7 Tips Mudah Menanam Celeous di Rumah

 

Bagi yang ingin menanam celeous atau miana di rumah sangat mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja itu?

Gunakan Stek Batang
Paling mudah menanam celeous adalah dengan stek batang. Caranya, cukup gunting batang celeous atau miana yang sudah cukup tua dengan ukuran 10 hingga 15 cm kemudian tancapkan pada media tanam.

Media Tanam Tepat
Untuk pemilihan media tanam, sebenarnya celeous atau miana bisa tetap hidup subur saat ditanam dalam tanah hitam saja. Hanya, akan lebih baik jika ditambahkan kompos atau pupuk kandang dalam media tanam.

Bahkan, ada juga yang menyarankan untuk menambahkan sekam bakar dalam campuran media tanamnya. Itu karena, celeous tak terlalu tahan dalam media tanam yang terlalu basah.

Letakkan Tempat Teduh
Seperti tanaman lainnya, saat awal menanam sebaiknya tanaman diletakkan di tempat yang teduh hingga tumbuh akar baru dan cukup kuat terkena sinar matahari.

Cahaya Menentukan Warna
Dari hasil trial and error, ada beberapa jenis celeous yang akan mengeluarkan warna dan motif cantiknya saat cukup sinar matahari. Sebaliknya, ada juga jenis yang kecantikan daunnya akan pudar jika terlalu banyak kena sinar matahari penuh atau full sun.

Jadi, jangan heran ketika warna dan motif celeous alias miana yang kita beli tiba-tiba berubah tidak seperti saat kita bawa pulang. Biasanya itu efek pencahayaan yang membuat warna dan motif daun menjadi berbeda.

Untuk mengakalinya, pastikan tempat meletakkan celoeus memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pencahayaan tanaman. Namun, menurut pengalaman saya, area paling aman untuk celeous alias miana adalah area partial shade atau yang terkena sinar matahari tapi tidak full.

Siram Sehari Sekali
Mengenai perawatan, tanaman ini termasuk yang gampang rawat. Penyiraman cukup sehari sekali. Penyiraman yang terlalu berlebihan bisa membuat batang miana rentan terserang jamur atau busuk batang. Namun, kekurangan air bisa membuat tanaman layu. Jadi, sebaiknya memang menggunakan feeling untuk menentukan seberapa besar kebutuhan air pada tanaman tersebut.

Pangkas Bunga
Agar celeous sehat, pemangkasan bunga yang keluar dari pucuk dahan sangat disarankan. Apalagi keindahan celeous bukan terletak pada bunganya tapi motif daunnya.
Diharapkan, energi yang dikeluarkan untuk mengeluarkan bunga akan dialihkan untuk menumbuhkan cabang-cabang baru sehingga tanaman menjadi rimbun dan cantik.

Waspadai Hama & Penyakit
Bicara soal hama dan penyakit, ada beberapa masalah yang kerap dialami celeous alias miana. Misalnya saja, serangan kutu putih, belalang yang memakan daun miana sehingga bolong-bolong juga busuk batang.

Jika masalah yang dihadapi adalah hama kutu dan belalang bisa diatasi dengan memberikan insektisida atau bisa juga menggunakan cara menyemprotkan obat serangga ke tanaman yang kena hama.

Namun, jika miana menghadapi busuk batang, menurut saya cara paling aman dan ampuh adalah dengan menanam ulang tanaman alias melakukan re-plant.

Sebab, mengatasi busuk batang pada tanaman miana lumayan sulit karena biasanya penyakit ini menyerang dari bagian akar baru merambat ke atas.

Untuk menandai penyakit ini adalah dengan memperhatikan kondisi daun miana.

Jika daun terlihat layu padahal media tanam basah, itu artinya ada masalah dengan tanaman. Cara paling mudah menyelamatkan tanaman ini adalah dengan segera memangkas batang yang masih segar dan menanamnya di pot lain.

Agar terhindar dari busuk batang, penyemprotan fungisida bisa menjadi cara agar tanaman sehat dan bebas busuk batang.

Nah, gimana sahabat gardener, tertarik mencoba menanam miana alias celeous di rumah? Cobain yuk!


Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda