.

07 November 2019

RUMAH BUNGA NEISHA - Cara Menanam Anggrek Ditempel Kayu Mati





Cara Menanam Anggrek di Kayu Mati

 Menanam anggrek bisa menggunakan banyak cara, banyak media. Tak sebatas ditanam di pot saja, anggrek juga akan terlihat menarik saat ditanam ditempel di kayu mati, di pakis papan, pakis batang atau ditempel langsung ke pohon yang hidup.

Untuk penanaman ditempel di kayu mati, caranya sangat gampang. Nah, bagi yang penasaran ingin mencoba menanam anggrek pada kayu mati, berikut beberapa step yang harus diperhatikan sebelum proses penanaman ala Rumah Bunga Neisha

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Mulai batang kayu, pakis cincang, tali ijuk (bisa diganti kawat atau tali lain), sabut kelapa, adukan semen untuk nge-cor, pot bunga dan tentu saja anggrek yang akan ditempelkan.
  • Sebelum digunakan, pakis cincang, sabut kelapa sebaiknya direndam fungisida dulu untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  • Tentukan dulu titik-titik dahan yang akan ditempeli anggrek. Jumlah anggrek yang ditempelkan sebaiknya disesuaikan ukuran dahan. Usahakan jangan terlalu rapat. Sebab, nantinya anggrek akan butuh space untuk menumbuhkan anakan baru. Jika terlalu rapat berisiko menumpuk.

Anggrek tempel kayu. Foto Rumah Bunga Neisha
  • Sebelum ditempel, rendam anggrek dengan larutan air dicampur vitamin B1 untuk meminimalkan stres setelah ditempelkan.
  • Tempelkan batang anggrek pada titik yang akan dipilih, tambahkan pakis cincang, lapisi dengan sabut kelapa selanjutnya ikat menggunakan tali ijuk atau tali lainnya. Pastikan ikatannya cukup kuat agar batang tidak ambruk setelah diikat.

Anggrek Tempel Kayu
Contoh anggrek tempel kayu. Foto Rumah Bunga Neisha

  • Setelah semua anggrek terikat, letakkan di tempat yang teduh dan rawat hingga akar jalan (keluar akar baru) serta menempel pada batang kayu.

Anggrek Tempel Kayu
Setelah anggrek mulai adaptasi, akar baru akan keluar.
  • Jika anggrek sudah melewati masa stres, sebaiknya pilih area yang terkena sinar matahari pagi dan tidak terlalu panas. Anggrek sebenarnya bisa tahan juga di area fullsun. Hanya saja, tampilannya tak seindah saat berada di bawah naungan. Selain itu anggrek biasanya juga lebih rentan kena hama.

Anggrek tempel kayu. Foto Rumah Bunga Neisha
Anggrek tempel kayu. Foto Rumah Bunga Neisha
  •  Untuk perawatan tak beda dengan perawatan anggrek yang ditanam pada pot. Jangan lupa jaga kelembaban media tanam, rutin semprot pupuk, fungisida serta insektisida.

Gimana? Mudah kan? Selamat Mencoba!


Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda